Peak Flow Meter Solusi Untuk Penderita Asama

Peak flow merupakan sebuah alat yang mudah dibawa kemana-mana, dioperasikan dengan tangan, dan digunakan untuk mengukur berapa udara yang mengalir.

Apabila Anda seorang penderta asma atau Anda memiliki keluarga yang menderita asma istilah peak flow mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun bagi Anda yang belum mengetahui peak flow, Anda akan bertanya sebenarnya apasih peak flow itu?

peak flow

Asma merupakan jenis penyakit kronis yang menyerang saluran pernafasan. Penyakit ini ditandai dengan adanya peradangan dan penyempitan saluran pernafasan sehingga menimbulkan sesak atau sulit bernafas. Asma biasanya juga ditandai dengan beberapa gejala seperti nyeri pada dada, batuk, serta mengi. Penderita asma tentu harus menjaga kesehatan dan selalu waspada terhadap beberapa hal yang memicu terjadinya asma, sebab asma bisa kambuh kapan saja dan di mana saja.

Sejauh ini, penyebab asma belum diketahui secara jelas, namun bagi Anda yang anggota keluarganya memiliki keturunan asma, berpotensi lebih besar mengidap asma. Meskipun begitu, asap rokok, debu, bulu hewan, infeksi virus, udara dingin, diduga juga dapat menyebabkan asma. Terlebih bagi mereka yang memang memiliki saluran pernafasan sensitif, ketika paru-paru terkena paparan beberapa benda di atas, maka otot-otot akan menjadi kaku dan membuat saluran pernafasan menjadi sempit. Hal inilah yang kemudian menyebabkan asma kembali kambuh.

Untuk mengurangi atau menghindari gejala asma kembali kambuh, ada beberapa pengobatan yang dapat dilakukan. Pengobatan dilakukan biasanya ditujukan untuk meredakan gejala serta mencegah gejala kembali kambuh. Beberapa hal yang dilakukan demi mengendalikan penyakit asma diantaranya, menghindari pemicu terjadinya asma, mengikuti rencana penanganan asma yang benar, mengenali serangan asma, menggunakan obat-obatan asma yang disarankan oleh dokter, serta memonitor kondisi saluran pernafasan menggunakan alat tertentu. Salah satu alat kesehatan yang dapat digunakan untuk memonitor saluran pernafasan dengan mudah adalah Peak Flow Meter.

peak flowPeak Flow atau alat bantu asma merupakan sebuah alat yang mudah dibawa kemana-mana, dioperasikan dengan tangan, dan digunakan untuk mengukur berapa udara yang mengalir dari paru-paru Anda dalam satu kali hembusan. Dengan kata lain, peak flow meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur kemampuan Anda dalam mendorong udara keluar paru-paru.

Sebagian besar penderita asma sudah memiliki alat ini karena alat ini dianggap memberikan banyak keuntungan ketika penderita asma sedang dalam perawatan asma. Dengan menggunakan alat ini, penderita akan lebih mudah dalam mengontrol asma yang diderita.

Jenis peak flow memiliki banyak jenis dengan kelebihannya masing-masing, maka tak heran jika model, serta harga yang ditawarkanpun juga berbeda. Menggunakan peak flow meter tentunya kana memberikan keuntungan bagi penderita asam, berikut ini beberapa keuntungan penggunaan peak flow meter :

  • Dapat menunjukkan tanda-tanda penyempita saluran pernafasan.
  • Dapat mengukur kemajuan proses pengobatan asma, seperti mendeteksi respon obat yang diberikan oleh doter
  • Mengetahui apakah kondisi asma telah terkendali
  • Mengukur jumlah udara yang keluar dari paru-paru dalam satu hembusan nafas.
  • Membantu anda dan dokter anda untuk mengidentifikasi penyebab asma anda ketika berada di rumah, di kantor, dan di manapun anda berada.

Cara Penggunaan Peak Flow
Berikut ini adalah cara menggunakan peak flow meter :

1. Pastikan tanda panah atau sliding marker (penunjuk yang bergeser) berada pada angka 0 atau angka terkecil dari alat ini.

2. Berdirilah dengan tegak dan pastikan anda tidak mengunyah makanan apapun di dalam mulut. Kemudian tarik nafas dalam-dalam dan letakkan bagian yang untuk mulut (mouthpiece) dari peak flow meter ke mulut anda. Tutup bibir anda sekuat mungkin dan jauhkan lidah dari mouthpiece. Tiupkan nafas anda sekuat mungkin hingga anda dapat merasakan tidak ada lagi udara lagi dari paru-paru.

3. Perhatikan pergeseran petunjuk angka pada peak flow meter anda.

4. Ulangi langkah 1 – 3 sebanyak 3 kali dan pastikan petunjuk angka di peak flow meter menunjukkan angka yang hampir sama.

5. Catat hasil tertinggi dari pengukuran anda dan jangan cari rata-rata dari ketiga pengukuran.

6. Lakukan pengukuran pada waktu yang sama setiap hari.

Medicalogy.com menjual berbagai jenis peak flow dengan harga dan kualitas terbaik. Medicalogy merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah. (sr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *