Macam – Macam Kursi Roda yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Kursi roda merupakan alat kesehatan yang sangat diperlukan dalam mobilisasi seseorang baik di rumah sakit, di rumah, di sekolah dan berbagai tempat lainnya. Kursi roda terbagi dalam beberapa jenis menurut bentuk dan penggunaannya di antaranya bentuk standar, travelling, dengan cerebral palsi, elektrik, untuk olahraga dan lainnya.

Dengan adanya alat ini sangat membantu bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam bergerak untuk bisa menjalani aktivitas sehari-hari. Seperti orang-orang dengan disabilitas fisik, orang-orang usia lanjut, atau yang sedang menjalani proses pemulihan cedera atau penyakit tertentu.

Hampir setiap rumah sakit pasti memiliki alat kesehatan ini untuk membantu setiap pasiennya. Bahkan sekarang, alat ini juga banyak dimiliki secara pribadi oleh seseorang yang memiliki keterbatasan untuk membantu melakukan aktifitas.

Ada cukup banyak jenis-jenis kursi roda saat ini, dan penggunaannya bukan hanya untuk rumah sakit namun individu yang ada di rumah pun juga bisa menggunakan alat ini sesuai kebutuhannya. Penggunaan berbagai jenis alat ini, baik di rumah sakit ataupun dirumah dimaksudkan untuk membantu mereka yang kesulitan berjalan atau mereka yang mengalami cacat pada kaki.

Jika anda juga berniat membeli kursi roda caranya sangat gampang. Anda hanya cukup mengunjungi toko alat kesehatan di kota anda dan pilih jenis sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Mengingat jenis kursi roda sangat banyak dan harganya juga bervariasi. Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa jenis yang bisa anda pilih :

1. Standar
Jenis kursi roda satu ini memang paling banyak digunakan terutama di rumah sakit, harga kursi roda ini pun juga cukup terjangkau sehingga sangat cocok untuk tim medis yang membutuhkan lebih banyak alat bantu gerak bagi pasiennya. Didesain secara sederhana ini bisa digunakan oleh penyandang cacat dan juga pasien yang mengalami cedera pada kaki. Untuk mengarahkan maju maka pemakai bisa memutar roda besar pada alat tersebut, sedangkan untuk lainnya, pengguna bisa meminta bantuan orang lain untuk mendorongnya ke tempat yang diinginkan.

2. Elektrik
kursi roda elektrikSelain jenis manual, ada juga kursi roda elektrik. Jenis ini lebih mudah digunakan, karena pengguna tidak perlu mendorongnya secara manual. Alat ini dapat berjalan sendiri dengan sistem pengendali elektronik. Sebenarnya alat ini dirancang untuk digunakan oleh mereka yang memiliki masalah jantung, pernapasan, atau kemampuan motorik yang terbatas. Jika dibandingkan dengan jenis yang manual, jenis elektrik dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal.

3. Untuk Olahraga
Memiliki kekurangan atau ketidakmampuan berjalan bukalah penghalang untuk berolah raga. Hal inilah yang kemudian menginisiasi para produsen alat kesehatan untuk menciptakan alat yang dapat digunakan untuk berolah raga. Jenis ini telah didesain sedemikian rupa sehingga penggunanya dapat melakukan olahraga dengan baik. Beberapa olah raga yang dapat dilakukan menggunakan jenis ini adalah balap lintasan, basket, tenis, dan lain sebagainya.

4. Yang dapat Berdiri
Kursi roda berdiri didesain sedemikian rupa sehingga si pengguna dapat terangkat pada posisi yang lebih tinggi. Mekanisme pengangkatan dilakukan dengan menggunakan sistem hidrolik.

5. Travelling
kursi rodaYang dinamakan kursi roda travelling, yang biasa sering digunakan untuk pasien yang sering melakukan kegiatan bepergian. Kursi roda ini bisa dilipat dengan ukuran yang sangat kecil sehingga bisa dimasukkan kedalam tas yang berukuran sangat kecil.

6. Bariatric
Selanjutnya ada kursi bariatric. Jenis ini khusus dirancang bagi mereka yang mengalami obesitas. Jika umumnya jenis ini biasa hanya bisa menahan beban antara 125 hingga 150 kg, maka kursi roda bariatric dapat menahan beban hingga 500 kg.

7. Bentuk Selonjor
Bentuk selonjor yang dijual dipasaran dengan nama kursi roda selonjor ini memiliki fungsi untuk meluruskan kaki sehingga pengguna bisa dengan mudah untuk mengistirahatkan kaki mereka. Kursi roda ini sangat efektif untuk membantu penyembuhan cedera kaki pada pasien.

Salah satu distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai alat kesehatan termasuk kursi roda adalah medicalogy. Medicalogy merupakan distributor online alat kesehatan terlengkap, dan termurah di Indonesia. Meskipun pembelian secara online, namun berbagai alat kesehatan yang dijual disini sudah terjamin kualitas dan kuantitasnya. Terlebih berbagai alat kesehatan yang dijual berasal dari merk-merk berkualitas, telah terdaftar di Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Kementrian Kesehatan, serta bergaransi.

 

 

 

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *