Review Alat Otoskop Riester ri-Scope

Otoskop Riester ri-Scope – merupakan alat otoskop Riester ri – Scope yang digunakan dokter atau tenaga kesehatan untuk memeriksa kondisi  telingan pasien.

Otoskop Riester Ri-Scope

Telinga merupakan salah satu panca indra yang sangat penting bagi manusia, jika telinga mengalami masalah akan mempengaruhi aktivitas manusia. Memiliki telinga yang sehat menjadi keinginan bagi semua orang, namun bagaimana jika telinga mengalami masalah? Tentu akan sangat berpengaruh pada aktivitas dan akan sangat mengganggu. Jika Anda mengalami hal tersebut Anda akan langsung melakukan pemeriksaan ke dokter THT, dokter akan melakukan otoskopi jika Anda mengalami sakit telinga, infeksi telingan gangguan pendengaran, denging/ dering di telinga atau gejala lain yang berhubungan dengan telinga.  Otoskopi dilakukan untuk mendiagnosis infeksi telinga atau untuk melihat seberapa baik pengobatan untuk suatu kondisi telinga telah bekerja. Alat yang digunakan dokter untuk melakukan otoskopi bernama Otoskop.

Apa itu otoskop?
Otoskop Riester Ri-ScopeOtoskop adalah alat bantu untuk melihat kondisi di dalam telinga. Otoskop merupakan alat kecil yang dilengkapi dengan lampu dan kaca pembesar di bagian ujungnya. Dengan otoskop, dokter atau pemeriksa dapat melihat kondisi di saluran telinga dan gendang telinga serta mendeteksi adanya infeksi atau cairan di telinga bagian tengah. Alat ini sering digunakan saat memeriksa pasien yang mengalami infeksi telinga, mengalami telinga berdenging (tinnitus), pasien sering mengalami pusing, dan lainnya.

Otoskop memiliki tiga bagian, yaitu kepala, gagang, dan kerucut. Gagang berguna untuk menggenggam otoskop dan merupakan sumber daya sinar cahaya yang akan dipancarkan, sedangkan kepala otoskop terdiri dari bola lampu dan lensa pembesar berdaya rendah. Di sisi lain, kerucut otoskop adalah bagian yang akan dimasukkan ke saluran telinga. Ukuran otoskop sangat beragam, mulai dari ukuran besar dengan dinding menjulang dan bertenanga listrik hingga seukuran genggaman tangan dengan dukungan baterai. Otoskop hadir dapat dilengkapi dengan lensa monokular dan atau binokular.

Jenis otoskop ini pun bermacam-macam. Mulai dari yang biasa sampai yang canggih seperti Otoskop Riester ri-Scope yang digunakan khususnya bagi para dokter THT, karena dapat memudahkan pada saat pemeriksaan pasien yang mengalami masalah THT.

Otoskop Riester ri-Scope
Otoskop Riester ri-Scope, merupakan otoskop genggam premium dengan optik canggih, pengurangan refleksi dan teknologi LED untuk memungkinkan diagnosis yang lebih efisien dengan biaya perawatan yang lebih rendah. Tersedia dengan serat optik atau penerangan langsung dan berbagai pilihan catu daya. Otoskop Riester Ri-Scope menggunakan penerangan Xenon langsung yang dapat digunakan pada spekula telinga dengan ukuran (1 x 2,0 mm, 3 x 2,5 mm, 1 x 3,0 mm, 3 x 4,0 mm, 1 x 5,0 mm).

Fitur Otoskop Riester ri-Scope :
otoskop riester ri-scope

  • Optik kaca dan iluminasi cerah
  • Otoskop dengan F.O. Penerangan LED atau Xenon
  • Lensa putar dengan pembesaran 3 kali lipat
  • Serat optik memberikan efisiensi cahaya tertinggi
  • Serat optik dengan pencahayaan 2,5 V Xenon (3,200 K) atau inovatif 3,7 V
  • LED 100.000 Lux
  • Cocok untuk tes pneumatik
  • Lensa operasi pembesaran berputar 4x pembesar
  • Termasuk spekula telinga yang dapat digunakan kembali (1 x 2,0 mm, 3 x 2,5 mm, 1 x 3,0 mm, 3 x 4,0 mm, 1 x 5,0 mm)

Cara Kerja Otoskop Rister ri-Scope

  • Pastikan pasien telah mengerti dan setuju untuk dilakukan pemeriksaan telinga menggunakan otoskop.
  • Pilih ukuran corong otoskop yang sesuai dengan ukuran meatus akustikus eksternus apsien, corong otoskop harus dalam keadaan bersih.
  • Nyalakan lampu otoskop dengan cara memutar bagian tengah gagang otoskop. Pastikan lampu otoskop telah menyala dan berfungsi dengan baik.
  • Pegang otoskop seperti memegang pensil menggunakan ibu jari dan jari telunjuk sedangkan jari manis dan jari kelingking menempel pada wajah pasien.
  • Pegang telinga pasien dengan tangan yang satunya dengan cara, aurikulum dipegang dengan jari I dan II, sedangkan jari III, IV, dan IV pada planum mastoid. Aurikulum ditarik kearah posterosuperior untuk meluruskan MAE.
  • Periksa mulai dari MAE hingga membran timpani. Hentikan prosedur pemeriksaan jika nyeri yang dirasakan sangat hebat.
  • Bersihkan corong otoskop sehingga siap dipakai kembali.

Bagi Anda yang tertarik untuk membeli alat Otoskop Riester ri-Scope ini, Anda bisa langsung memesannya di toko alat kesehatan online Medicalogy.com. Medicalogy merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah. (sr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *