Mengenal Tabung Oksigen dan Oksigen Konsentrator, Mana yang Lebih Baik?

Oksigen Konsentrator berfungsi untuk menyediakan oksigen dengan cara mengambil udara dari sekitar untuk kemudian disalurkan kepada pasien.

Tanpa kita sadari oksigen ternyata memiliki banyak manfaat, oksigen yang cukup akan membantu meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit dan membantu proses penyembuhan penyakit. Semakin tinggi level oksigen di dalam tubuh kita, semakin besar energi yang dihasilkan oleh tubuh, artinya kita menjadi lebih sehat. Kebutuhan tubuh akan oksigen membuat oksigen merupakan yang paling penting dan paling dibutuhkan oleh tubuh kita. Oksigen membantu kita memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik, membantu peredaran darah lebih lancar, mengurangi stres, memperbaiki proses metabolisme dan mengurangi racun tubuh.

Dalam dunia medis dan kesehatan, oksigen murni adalah salah satu kebutuhan. Baik pada saat Anda berada dalam kondisi normal maupun dalam kondisi membutuhkan untuk kondisi gawat darurat.

Mungkin selama ini Anda bertanya , sebernarnya apa perbedaan tabung oksigen dengan oksigen konsentrator? Kedua alat tersebut menghasilkan oksigen murni bagi yang memerlukannya. Akan tetapi ada perbedaan diantara keduanya yaitu dalam proses menghasilkan oksigen serta spesifikasi dari kedua alat tersebut.

Tabung oksigen dan oksigen konsentrator direkomendasikan pemakainya oleh dokter untuk pasien yang sedang menjalankan terapai oksigen. Maksud dan tujuan dilakukannya terapi oksigen ini adalah untuk mempetahankan dan memperbaiki kadar oksigen dalam darah sehingga menjadi lebih baik.
Ada dua macam cara dalam menyediakan oksigen tambahan ini yaitu, dengan tabung oksigen dan oksigen konsentrator.

Tabung Oksigen 
Tabung oksigen berisi oksigen yang bertekanan dan menyalurkan oksigen murni kepada pasien. Tabung oksigen biasanya dapat kita temukan di rumah sakit, umumnya tabung oksigen biasanya berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Tabung oksigen yang kecil biasanya dapat dibawa secara praktis, sedangkan yang lebih besar biasanya digunakan hanya untuk pemakaian di rumah.

Kelebihan tabung oksigen dibandingkan dengan oksigen konsentrator
Kelebihan dari tabung oksigen dibandingkan dengan oksigen konsentrator terletak pada penggunaan daya listrik , pada saat tidak ada listrik maka oksigen konsentrator tidak dapat digunakakan sedangkan tabung oksigen masih tetap bisa digunakan.

oksigen konsentrator

Oksigen Konsentator
Oxygen concentrator / Oksigen konsentrator merupakan alat yang berfungsi untuk menyediakan oksigen dengan cara mengambil udara dari sekitar dan memisahkan oksigen yang ditemukan di udara untuk kemudian disalurkan kepada pasien. Tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan oksigen konsentrator bisa mencapai 95 persen.
Oksigen konsentrator ini bekerja dengan memproses udara bebas di sekitarnya menjadi oksigen murni yang bisa digunakan pasien. Oksigen yang dihasilkan pun memiliiki kadar kemurnian hingga 93% dan dapat memproduksi 1 hingga 5 liter oksigen per menit.
Oksigen konsentrator dapat digunakan di mana saja, tak hanya di tempat pelayanan kesehatan seperti di klinik atau rumah sakit, tapi juga di hotel, tempat Spa, salon, dan refleksi karena fungsi oksigen konsentrator bukan hanya digunakan untuk pasien yang membutuhkan oksigen saja tetapi bisa digunakan sebagai alat refleksi tubuh.

Philips EverFlo merupakan salah satu oksigen konsentrator yang dapat Anda gunakan, penggunaan yang mudah dan kualitas terbaik membuat alat ini banyak digunakan. Oksigen konsentrator Philips EverFlo  merupakan alat yang dapat menghasilkan oksigen, dengan memproses udara bebas di sekitar menjadi oksigen murni, serta memiliki kelebihan dapat dipindah dan dibawa kemanapun. Philips EverFlo merupakan oksigen konsentrator rumah yang memberikan hingga 5 liter per menit oksigen, dengan aliran kontinu dalam unit yang tenang dengan berat hanya 14 kg. Fitur desain Philips EverFlo menggabungkan operasi yang hening, desain yang ringkas, dan pemeliharaan yang murah. Philips EverFlo memberikan sekitar 90 hingga 95 persen konsentrasi oksigen dengan aliran yang berkisar dari 0,5 hingga 5 liter permenit.

oksigen konsentrator

Kelebihan oksigen konsentrator dibandingkan dengan tabung oksigen
Kelebihan dari alat oksigen konsentrator itu sendiri yaitu, alat ini tidak perlu dilakukan pengisian ulang oksigen seperti tabung oksigen. Alat ini bisa dibilang seperti mesin penghasil oksigen yang menyaring udara di sekitarnya yang memisahkan antara nitrogen, hidrogen, gas-gas lain dan oksigen dari udara. Alat ini akan menyaring zat yang tidak diinginkan dan hanya mengambil oksigen sehingga menghasilkan oksigen yang murni. Oksigen konsentrator memiliki berat yang ringan sehingga mudah dibawa dan dipindahkan sesuai kebutuhan Anda.

Meskipun kedua alat ini bekerja dengan cara yang berbeda, kedua perangkat ini menyediakan oksigen tambahan melalui kanula yang dipasang pada hidung, melalui selang tipis dengan dua cabang yang nyaman dipasang di hidung atau dengan masker yang menutupi hidung dan mulut. Gaya hidup sering menjadi faktor kunci dalam menentukan jenis alat terapi oksigen yang ideal untuk Anda. Pada dasarnya kedua alat tersebut memiliki manfaat dan fungsi yang sama, yaitu menghasilkan oksigen. Setiap alat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Penggunaan jenis alat ini dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Anda bisa langsung memesan oksigen konsentrator di toko alat kesehatan online Medicalogy.com. Medicalogy merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah. (sr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *