Needle Destroyer Penyelamat Lingkungan

Dalam dunia medis jarum suntik merupakan alat yang paling sering digunakan sehingga menyumbang persentase yang sangat besar dalam limbah medis. Jarum suntik termasuk dalam limbah medis B3 yang tidak boleh dianggap sepele keberadaannya. Bisa Anda bayangkan setiap hari ada berapa jumlah jarum suntik yang digunakan dan harus dibuang. Mengingat jarum suntik adalah benda sekali pakai. Lalu kemanakah limbah medis ini dibuang?

needle destroyer

Limbah medis berupa jarum suntik ini harus segera dimusnahkan karena jika pengelolaan limbahnya tidak benar, jarum suntik bisa menularkan penyakit kepada pasien baru, pengunjung Rumah sakit/ unit kesehtan terkait, petugas kesehatan, maupun masyarakat umum. Jarum suntik yang sudah terpakai menggandung banyak virus yang tertinggal dari pasien.

Hal yang lebih mengkhawatirkan lagi bila jarum suntik pernah dipakai oleh pengidap HIV/AIDS kemudian digunakan kembali oleh orang tidak terkena HIV/AIDS sehingga orang tersebut akan terkena infeksi virus HIV/AIDS. Jarum suntik merupakan salah satu alat yang dapat menyalurkan HIV ke dalam tubuh manusia.

Namun kini Anda tidak perlu khawatir karena ada alat khusus untuk memusnahkan jarum suntik yaitu Needle Destroyer atau disebut juga sebagai alat penghancur jarum suntik.

Jarum suntik merupakan salah satu limbah medis yang sulit untuk dimusnahkan. Bagian ujung jarum yang terbuat dari stainless steel sulit untuk dimusnahkan meski sudah menggunakan incinerator. Syringe Needle destroyer merupakan alat khusus yang digunakan untuk menghancurkan limbah medis jarum. Alat ini berguna untuk meminimalisir jarum suntik yang sudah terpakai dengan mengubahnya menjadi zat cair atau serbuk halus.

promo-needle-smelter-needle-destroyer-medtech-dengan-pemotong-jarum

Cara kerja alat ini sangat mudah, cukup dengan memasukkan jarum ke needle destroyer kemudian panaskan dengan suhu tinggi hingga jarum menjadi leleh dan hancur. Dalam prosesnya akan ada beberapa percikan listrik yang normal selama pelelehan dengan needle destroyer ini. Di dalam setiap prosesnya terdapat indikator yang berfungsi sebagai petunjuk proses lanjutannya.

Yuk, Kenali Alat Kesehatan Habis Pakai Lebih Lanjut

Jarum suntik merupakan barang yang sangat berbahaya apabila di buang sembarangan sehingga dengan alat ini jarum suntik akan diubah menjadi cair/hancur sehingga akan lebih aman untuk dibuang dimana saja.

Metode pemusnahan jarum suntik terbagi menjadi dua metode yaitu metode melting dan metode crusher + DC Arc.

  1. Metode Melting

Metode yang satu ini akan melelehkan jarum suntik menggunakan pemanasan dengan suhu tinggi. Dengan metode melting, Anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 detik untuk menghancurkan jarum suntik. Alat inilah yang disebut sebagai needle destroyer.

  1. Metode crusher + DC Arc atau Needle Destroyer System Crusher Dan Welder

Metode yang kedua ini masih dibagi lagi menjadi 2 langkah dalam proses penghancuran jarum suntik. Meskipun  prosesnya harus melalui 2 tahap, namun alat ini dibuat dalam satu rangka mesin.

  • Langkah pertama dengan cara Crusher (Untuk tabung jarum suntik)

Tabung jarum suntik akan dihancurkan sampai ukuran 2 – 4 mm. Selanjutnya bisa dimasukkan ke dalam incinerator

  • Langkah kedua dengan DC Arc (untuk jarum suntik)

Jarum suntik, dimasukkan kedalam proses DC arc sehingga menghasilkan butir-butir seperti arang.

Fitur Syringe Needle Destroyer System Crusher Dan Welder :

  • Mudah digunakan, dengan menggunakan panel control.
  • Proses crusher maksimal sehingga mudah untuk proses berikutnya (pembakaran dengan incinerator).
  • Kapasitas penghancuran mencapai 1 kg/menit, dengan asumsi 1 kg 50 – 100 pcs jarum sehingga mampu memusnahkan jarum hingga mencapai 300 – 600 needle syringe/hour. Kapasitas berbeda-beda untuk setiap tabung syringe needle  mulai dari ukuran 0,5 ml, 2,5 ml, 3 ml, 5 ml hingga 10 ml.

Tentu dalam Rumah Sakit atau unit kesehatan yang limbah medis berupa jarum suntiknya tidak terlalu banyak, maka metode melting (syringe needle destroyer) adalah pilihan yang tepat. Namun jika beban limbah medis di rumah sakit atau unit kesehatan tersebut terlalu banyak, maka metode berikutnya bisa menjadi solusi. Dengan menggunakan metode yang kedua, limbah jarum suntik dapat dihancurkan sekaligus dalam jumlah yang banyak pada waktu bersamaan.

Setiap Rumah Sakit ataupun unit kesehatan tentunya sudah memliki syringe needle destroyer ini. Namun yang menjadi pertanyaan adalah apakah setiap Rumah Sakit atau unit kesehatan tersebut sudah melakukan pemusnahan limbah medis B3 ini dengan bijaksana? Semoga jawabannya adalah sudah, karena limbah ini bisa berdampak buruk bagi lingkungan.(dwi)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *