Tips Jitu Memilih Alkes Murah dan Bersih

Tips Jitu Memilih Alkes Murah dan Bersih ~ Ingin yang murah tapi kalau sampai salah langkah, bisa-bisa malah terperangah karena memilih yang salah kaprah. Apalagi yang namanya alat-alat kesehatan. Di dunia kesehatan dewasa ini, alat-alat kesehatan sangat banyak dibutuhkan. Namun seiring berjalannya waktu juga harga yang ditawarkan oleh pasar bisa jadi melambung tinggi. Jika tidak tahu trik dan tips jitu untuk memilih alkes murah (alat kesehatan murah), bisa jadi justru tertipu oleh merk abal-abal dan membahayakan kesehatan. Ada beberapa tips dan trik yang harus diperhatikan agar tidak tertipu oleh promo-promo alat kesehatan yang murah di luar sana.

alkes murah

Kenali Merek Alkes Murah yang Akan Dibeli

Pertama, kita harus kenali apa saja merek alat kesehatan yang akan kita beli. Bandingkan beberapa harga di beberapa tempat dan periksa spesifikasinya. Apakah dengan harga seperti itu, spesifikasi dan manfaat yang anda dapatkan bisa maksimal. Sebenarnya jangan langsung tergiur dengan harga yang sangat miring, karena jika dihitung dan ternyata selisih dengan yang lebih mahal sedikit, maka pertimbangkanlah lagi untuk harga yang sedikit mahal tersebut.

Misal bandingkan harga tensimeter aneroid Spectrum ABN dengan kisaran Rp 300,000an, tensimeter OneMed dengan harga Rp 80,000, tensimeter aneroid Sphygmed dengan harga kisaran Rp 150,000. Harganya memang rata-rata terpaut jauh, oleh karena itu kita sangat disarankan untuk mengenal lebih jauh merk-merk tersebut untuk menentukan pilihan yang terbaik. Dan tidak dapat dipungkiri lagi bahwa nama merek mencerminkan kualitas produk.

Pilih Alkes Murah yang Bergaransi

Kedua adalah memilih barang yang bergaransi. Semurah-murahnya suatu barang, pastikan di barang tersebut ada garansi. Karena garansi merupakan jaminan dan batas tanggung jawab penjual terhadap barang yang dijual kepada pemilik. Dengan adanya garansi, maka barang yang dijual kepada pembeli akan terkesan memiliki kualitas yang bagus meski didapat dengan harga miring.

Garansi akan sangat berguna apalagi untuk barang-barang yang dengan pemakaian jangka panjang seperti tensimeter, stetoskop, thermometer dan lain sebagainya. Sedapat mungkin coba anda cari barang dengan garansi yang cukup lama sehingga anda akan terjamin jika dalam masa garansi barang tersebut rusak, maka dapat ditukar atau diperbaiki ke tempat pembelian tanpa membayar biaya perbaikan. Garansi bagi penjual juga bisa digunakan untuk alat promosi karena biasanya pembeli mencari barang yang bergaransi.

Periksa Lisensi Atau Izin Produksi

Selain murah dan bergaransi, tips lain agar tidak mudah tertipu dengan produk kesehatan abal-abal yang dijual oleh pihak yang tidak bertanggung jawab adalah dengan memeriksa lisensi atau ijin produksi dari produk alat kesehatan tersebut yang diberikan oleh dinas kesehatan setempat. Dengan adanya lisensi, maka kita sebagai pembeli akan percaya dengan produk tersebut. Karena jika barang yang dibeli tidak memiliki ijin edar dari dinas kesehatan, bisa saja barang tersebut palsu dan yang lebih berbahaya lagi adalah alat tersebut tidak steril dan justru membahayakan keselamatan pasien atau orang yang akan diperiksa menggunakan alat tersebut.

Pastikan Kondisi Barang Sebelum Dibeli

Setelah memilih barang yang diinginkan, jangan lupa memeriksa apakah barang tersebut masih baru atau tidak, biasanya beberapa toko alat kesehatan memasang salah satu produk mereka sebagai alat display untuk dijadikan contoh. Namun tidak sedikit juga penjual yang nakal yang mencampurkan produk yang sudah terbuka segelnya dengan barang-barang yang masih baru. Sehingga kita harus lebih teliti dalam memilih produknya.

Antara Digital dan Manual

Banyak yang berpikir bahwa pilihan manual atau digital adalah pilihan yang sulit. Namun jika dilihat dari kelebihan yang ditawarkan, beberapa orang akan lebih memilih alat kesehatan digital karena biasanya alat digital menunjukkan hasil yang lebih akurat. Seperti misalkan alat penimbang berat badan, jika dibandingkan antara alat penimbang berat badan yang biasa dan digital, maka keakuratan hasil yang didapat bisa selisih hingga 1 kg. Oleh karena itu, banyak sekarang beberapa tempat menyediakan timbangan digital. Meskipun terkadang harus membayar Rp 500 agar timbangannya berfungsi. Namun anda tidak akan menyesal dengan hasil yang didapatkan.

Pertimbangkan Alkes Murah Multifungsi

Tips lain agar lebih berhemat adalah membeli barang dengan memperhatikan kelebihan barang tersebut, seperti membeli barang yang multifungsi. Misalkan membeli alat cek gula darah sekarang ada merk yang multifungsi yang selain mengecek gula darah tetapi juga dapat digunakan untuk cek kolesterol, asam urat bahkan cek hemoglobin. Salah satu merk yang mengeluarkan alat dengan banyak fitur ini adalah Nesco. Anda tentu akan lebih menghemat membeli satu barang dengan banyak fungsi dibandingkan membeli barang dengan satu fungsi saja.

Beli Alkes Murah di Tempat Terpercaya

Terakhir, tapi bukan yang paling akhir. Membeli alkes murah dapat tercapai juga apabila anda sudah mengenali vendor atau penjual alat-alat kesehatan tersebut. Dengan berlangganan, biasanya penjual atau vendor akan sangat mudah diajak kerjasama oleh anda. Anda pun juga senang, karena jika sudah berlangganan setia, biasanya penjual akan member potongan atau bonus kepada anda.

Kunci utama dari beberapa tips di atas adalah selalu bertanya kepada orang-orang yang lebih tahu dan berpengalaman mengenai alat-alat kesehatan agar kita lebih mendapat pengetahuan mengenai apa yang baik dan apa yang buruk. Ingin berbelanja alkes murah? Ayo kunjungi toko online Medicalogy. Kami adalah salah satu toko alkes murah yang terpercaya dan berkualitas.

Selamat beraktivitas dan jaga terus kesehatan anda!

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *