Perbedaan Safety Box Dan Needle Destroyer Untuk Pengelolaan Limbah Medis Jarum Suntik

Sekarang ini ada berapa banyak bisnis layanan kesehatan? Berapa banyak limbah medis yang dihasilkan pada sebuah layanan kesehatan, terutama pada peralatan sekali pakai? Bagaimana pengelolaan limbah medis tersebut, apakah sudah sesuai dengan standar yang ada? Pada proses pengelolaanya tenaga medis biasa menggunakan Safety Box tempat sampah medis) yang harga relative lebih murah daripada menggunakan needle destroyer/penghancur jarum. Berikut penjelasan manfaat penggunaan needle destroyer.

Safety box adalah tempat sampah untuk limbah medis seperti membuang jarum suntik yang telah dipakai oleh pasien/pengguna alat kesehatan sekali pakai (disposable). Safety box standar rumah sakit untuk menampung sementara limbah medis untuk kemudian dipindahkan ke tempat lainnya.

Tempat sampah ini didesain khusus untuk melindungi dari bahaya sampah yang ada didalamnya, sekaligus melindungi sampah yang ada didalamnya agar tidak menimbulkan infeksi dan bahaya wadah safety box ini harus digunakan sekali pakai tidak boleh didaur ulang atau digunakan kembali. Safety box terbuat dari bahan kardus tebal, tidak tembus tusukan jarum dan tahan air, memiliki ukuran dari 5 – 12 Liter.

Bagaimana menjamin bahwa limbah medis tersebut aman saat proses dipindahkan? Bagaimana cara melakukan monitoring safety box agar tidak melampaui batas ataupun mencegah kondisi penuh? Dapat Anda bayangkan berapa banyak jarum suntik (syringe/needle) yang digunakan setiap harinya pada bisnis kesehatan?

Kami punya solusi untuk menghindari kesalahan, dapat memberi jaminan keselamatan kerja pada tenaga medis maupun pasien, serta cara mudah dalam penggunaannya. Solusinya tentu dengan menggunakan needle destroyer atau alat penghancur jarum. Dengan alat penghancur jarum, limbah jarum suntik akan langsung dilelehkan ataupun dipotong dengan mesin.

Needle Destroyer

 

Needle Destroyer mempunyai lima keuntungan lebih bila dibandingkan dengan safety box biasa. Lima keuntungan menggunakan alat penghancur jarum suntik tersebut yaitu:

  • Keuntungan pertama dengan menggunakan needle destroyer jarum suntik (syringe) dapat langsung leleh dan diubah menjadi zat cair ataupun bubuk halus. Sedangkan jika menggunakan safety box hanya memiliki masa pakai maksimal 3 hari, dan jarum suntik masih tertimbun pada tempat sampah medis tersebut.
  • Keuntungan kedua menggunakan alat penghancur jarum suntik dapat menghindari human error, yang disebabkan kurang ketelitan pada saat monitoring safety box guna mencegah kepenuhan karena safety box memiliki batas maksimal sekitar ¾ terisi.
  • Keuntungan ketiga tentu pada persoalan garansi barang. Needle destroyer mempunyai garansi dengan batas 1 tahun, sedang safety box tidak ada garansi sama sekali.
  • Needle destroyer menggunakan tenaga listrik yang dapat menghancurkan 1kg jarum suntik (syringe/needle) /menit mulai dari ukuran 0,5 ml, 2,5 ml, 3 ml, 5 ml hingga 10 ml.
  • Cara penggunan yang sangat mudah, cukup dengan cukup dengan memasukkan jarum ke needle destroyer kemudian panaskan dengan suhu tinggi hingga jarum menjadi leleh dan hancur.

Untuk mendapatkan needle destroyer yang original dan bergaransi Anda dapat menunjungi website medicalogy.com. Anda juga dapat menemukan berbagai macam merk needle destroyer berkualitas, harga terbaik, serta produk-produk kesehatan lainnya hingga info terbaru tentang kesehatan.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *