Mengenal Gelas Ukur Untuk Laboratorium Anda

Mengenal Gelas Ukur Untuk Laboratorium Anda – Apakah anda seorang peneliti atau kerap berkunjung ke laboratorium? Tentunya tidak asing dengan benda bernama gelas ukur ini. Gelas ukur selalu ditemukan di laboratorium dan menjadi salah satu alat yang wajib dimiliki laboratorium. Elas ukursendiri memiliki fungsi sebagai wadah cairan cair serta sebagai alat ukur untuk cairan itu sendiri. Gelas ukur ini biasa dibuat dengan bahan polypropylene yang dikenal sebagai bahan yang ringan dan transparan.

Biarpun terkenal kuat gelas ukur ini sangat ringan sayangnya ia lebih rapuh dari kaca. Bagi anda yang kerap bergelut dengan alat kimia pasti mengetahui bahwa gelas ukur ini tidak boleh digunakan untuk mengukur larutan yang masih panas. Gelas ukur juga biasa disebut dengan silinder pencampur. Disebut demikian karena merupakan salah satu pengukur volume cairan namun tidak diizinkan untuk digunakan sebagai alat dalam analisis volumetrik.

Cara merawat gelas ukur ini ialah dengan memisahkan terlebih dahulu gelas ukur ini dengan alat laboratorium lainnya kemudian pisahkan pula alat gelas yang terkontaminasi dengan gelas lainnya. Anda bisa mencuci bersih dengan air dan pastikan pula untuk melakukan pengecekkan berkala apabila ada yang pecah.

Untuk menggunakan gelas ukur ini sangatlah mudah yakni untuk larutan tidak berwarna cukup dengan melihat batas meniscus cekung yang berada di bagian bawah. Pastikan gelas ukur anda terletak di bidang yang permukaannya datar sehingga meniscus dapat dibaca sejajar dengan mata.

gelas-ukur-plastik-azlon-printed-graduation-25-ml-isi-10-box-bpb0025pUntuk pengukuran volume raksa anda perlu melihat menikus cembung yang disejajarkan dengan mata anda. Gelas ukur dan gelas kimia berbeda lho! Kebanyakan orang masih menganggapnya sama karena penggunaannya di laboratorium yang sama – sama membantu. Gelas ukur merupakan gelas yang digunakan tidak hanya sebagai wadah bahan kimia namun sebagai alat ukur cairan. Gelas kimia sendiri ialah gelas yang digunakan untuk menampung cairan kimia saja.

Untuk membaca skala pada gelas ukur sangatlah mudah yakni melihat ukuran yang tertera dalam gelas itu sendiri. Bila anda membutuhkan keakurasian yang tinggi maka pastikan gelas ukur diletakkan pada permukaan yang benar – benar rata. Selain benda cair gelas ukur ini juga digunakan untuk mengukur benda padat seperti gula pasir ataupun tepung.

Bagi anda yang sedang membutuhkan gelas ukur bisa berbelanja online di toko kami yakni medicalogy. Medicalogy sudah dipercaya sebagai distributor alat kesehatan yang menangani pembelian eceran maupun grosir. Selain gelas ukur anda juga dapat membeli peralatan laboratorium lainnya. Alat laboratorium tidak hanya terbatas pada gelas ukur saja namun ada pula sebagai berikut :

  • Buret

Benda mungil satu ini biasa digunakan untuk mengukur cairan yang keluar pada pipet dan lainnya. Buret diutamakan untuk titrasi. Bentuknya seperti tabung kaca yang dipasang vertikal kemudian dilengkapi dengan kran untuk membuka saluran sedikit demi sedikit untuk mengeluarkan larutan sesua dengan volume yang diperlukan dalam rangka mentitrasi larutan sampel yang berada di bagian bawah kran buret.

  • Corong gelas

Untuk memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lain biasa digunakan corong gelas ataupun corong kaca. Bentunya seperti corong biasa dan biasa digunakan bersamaan dengan kertas saring. Corong gelas ini tersedia dalam berbagai ukuran sesuai dengan volume cairan yang akan dipindahkan serta ukuran dan bentuk wadah yang akan ditempat oleh cairan yang akan dipindahkan. Karena terbuat dari kaca, corong ini akan tahan terhadap suhu panas dan tidak bereaksi dengan cairan yang akan dipindahkan.

  • Gelas arloji

Gelas arloji di laboratorium biasa digunakan untuk menimbang bahan kimia yang memiliki sifat higroskopis. Gelas arloji juga berfungsi sebagai wadah untuk mengeringkan bahan dalam desikator.

  • Desikator

Fungsi dari desikator ialah sebagai alat untuk menyimpan bahan atau wadah sebelum dilakukan penimbangan. Anda juga bisa menyimpan bahan di dalamnya agar tetap kering. Desikator terdiri dari berbagai macam bentuk dan kemasan yang dapat disesuaikan dengan bentuk dan volume bahan yang akan disimpan bersama desikator.

  • Beaker glass

Mungkin anda pernah melihat wadah yang dipanaskan yang disebut pula dengan beaker glass. Beaker glass ini mampu menampung zat kimia yang memiliki sifat korosif serta sebagai wadah untuk mencampur bahan kimia. Beaker glass disebut juga dengan gelas kimia. Alat ini memiliki skala pada dinding gelasnya untuk memberikan satuan pengukuran ketika kita sedang mengambil larutan.

  • Erlenmeyer

Satu lagi alat laboratorium yang patut anda ketahui yakni erlenmeyer.  Erlenmeyer memiliki pengukuran pada dinding alatnya serta transparan. Erlenmeyer sendiri memiliki fungsi untuk sebagai wadah menampung larutan yang hendak dititrasi. Erlenmeyer juga digunakan untuk pembiakan mikroba namun tidak bisa digunakan dalam mengukur volume.

Selain alat diatas masih banyak alat laboratorium yang biasa digunakan seperti oven dam alat lainnya. Anda bisa memesannya di toko kami dengan cukup berkunjung ke website dan pembayaranpun bisa dilakukan dengan system COD. Selain alat laboratorium kami juga menyediakan alat kesehatan pribadi dan alat rumah sakit serta perlengkapan bayi  seperti tensimeter, timbangan badan hingga kotak P3K. Kapan lagi anda menemukan toko kesehatan lengkap dan terpercaya selain di medicalogy

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *