Jenis – Jenis Bantal Kesehatan

Jenis – Jenis Bantal Kesehatan – Dewasa ini banyak diperbincangkan tentang Bantal Kesehatan. Pada umumbya Bantal kesehehatan ini dapat menjadi solusi untuk ketidaknyamanan disaat – saat tertentu, misalnya saat tidur atau bersantai. Bantal kesehatan , pada umumnya  di desain sesuai dengan pedoman ortopedi untuk memastikan penempatan posisi tubuh yang tepat dan memberikan rasa nyaman dan sehat. Bantal kesehatan dapat mengatasi banyak masalah pada tulang. Biasanya pada bantal tersebut memiliki satu atau dua rol kusus yang disusun sepangjang tepian bantal. Bahan dasar bantal dipilih agar terasa tidak terlalu lembut dan baik untuk tubuh. Bantal kesehatan kerap kali digunakan sebagai solusi untuk menghindari beberapa penyakit atau untuk terapi penyembuhan.

Bantal kesehatan memiliki banyak jenis dengan manfaat yang berbeda – beda sesuai dengan kebutuhan masing – masing. Berikut  jenis –jenis bantal kesehatan, antara lain:

tips-untuk-memperoleh-tidur-yang-berkualitas

  1. Bantal Kaki

Dibuat khusus untuk area paha dan kaki, agar kaki dapat tertompang dengan nyaman dan aman saat berbaring. Bantal kaki membuat sirkulasi darah pada area kaki lebih lancar. Bantal kaki biasanya dimanfaatkan untuk mengurangi bengkak atau sakit pada area kaki.  Bantal kaki sangat cocok bagi seorang ibu pada masa kehamilan. Sering kali ibu hamil mengalami bengkak, pegal dan rasa sakit di area kaki  yang disebabkan oleh konsumsi garam yang berlebihan.  Untuk meringankan keluhan tersebut banyak ibu hamil menggunakan bantal guling untuk menopang kaki saat berbaring, namun hal ini dikhawatirkan dapat melukai kandungan.

Manfaat bantal kaki :

  • Mengurangi pembengkakan kaki pada masa kehamilan
  • Mengurangi rasa pegal pada kaki untuk ibu hamil dan lansia serta setelah beraktivitas
  • Melancarkan sirkulasi darah pada tubuh bagian bawah
  • Menopang paha dan kaki untuk kondisi pasca operasi atau saat mengalami cedera kaki.
  1. Bantal Tulang Ekor

Sesuai dengan namanya, bantal tulang ekor berfungsi untuk menjaga posisi duduk agar lebih baik sehingga postur tubuh dapat terjaga.  Bantal tulang ekor dapat mengurangi tekanan dan rasa sakit pada area sensitif pada penderita cedera tulang ekor dan syaraf terjepit.  Pada pasien cedera tulang ekor dan syaraf terjepit dapat duduk dengan lebih nyaman karna tidak ada tekanan pada area yang sakit atau sensitif. Berkurangnya tekanan pada area sensitif ini sangat membantu penderita, sebab daerah tersebut bila tertekan terlalu lama akan menimbulkan rasa sakit dan memperparah cedera.

Selain mengurangi rasa nyeri saat duduk bagi penderita cedera tulang ekordan syaraf terjepit, bantal ini dapat memberikan kenyamanan juga pada para lansia, pasien yang baru saja menjalani operasi pada area dubur atau pantat, serta untuk orang yang terlalu banyak duduk pada kursi roda.  Bantal ini juga di desain untuk menjaga postur duduk yang baik.

  1. Bantal Leher Gelombang

variteks-bantal-visco-orthopedic-neck-pillow-classic-55x40x10-cmBantal leher gelombang  memiliki lekukan khusus untuk menopang leher secara maksimal agar posisi berbaring lebih tepat dan nyaman. Bantal leher gelombang efektif untuk mengurangi masalah dengkur dan pegal – pegal pada area pundak dan leher setelah bangun tidur.  Pada umumnya saat berbaring dengan bantal tidur biasa, kita merasakan pegal atau nyeri pada leher dan pundak. Bantal leher bergelombang merupakan solusi tepat untuk mengatasinya, teksturnya yang keras dan kaku serta area kepala dan leher di dapat membuat area leher dan pundak terasa nyaman.

Kegunaan bantal leher gelombang, antara lain :

  • Efektif mengurangi dengkuran atau mengorok
  • Mengurangi pegal pada leher dan bahu
  • Membantu pernapasan menjadi lancar pada posisi berbaring
  • Meningkatkan kualitas tidur Anda
  1. Bantal Leher Lembut

Bantal leher lembut memiliki lekukan khusus yang memastikan kepala dan leher ditopang secara maksimal, sehingga posisi berbaring lebih nyaman dan aman.  Bantal ini mengurangi rasa pegal yang biasa terjadi saat menggunakan bantal biasa. Area kepala dan leher disanggah secara merata sehingga pernafasan saat berbaring lancar dan meminimalkan suara dengkuran.  Bantal ini efektif untuk mengurangi denguran atau ngorok, mengurangi pegal pada leher dan bahu, memperlancar pernafasan pada saat tidur sehingga meningkatkan kualitas tidur.

  1. Sandaran Bantal

Sandaran badan merupakan bantal yang didesain khusus dengan kemiringan yang cocok untuk digunakan oleh berbagai macam usia. Bantal ini membantu menompang area punggung dan leher pada saat beristirahat dan bersantai

  1. Bantal Wasir

Sesuai dengan namanya, bantal ini didesain khusus untuk penderita wasir atau ambeien. Lubanng pada bantal ini membantu mengurangi tekanan pada area sensitif atau sakit sehingga membantu aktivitas penderita lebih nyaman. Bantal ini juga dapat membantu memberikan kenyamanan saat duduk  bagi lansia.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *