Kegunaan Bantal Kesehatan Untuk Postur Tubuh

Kegunaan Bantal Kesehatan Untuk Postur Tubuh – Postur tubuh yang baik  merupakan dambaan bagi setiap insan. Postur tubuh umumnya mempengaruhi kesehatan tubuh pula. Dengan postur tubuh yang baik dapat menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.  Dengan menjaga postur tubuh yang baik berarti telah mengurangi masalah – masalah umum yang sering terjadi seperti nyeri leher, nyeri punggung dan yang umum terjadi adalah sakit kepala. Selain dari segi kesehatan, dengan postur tubuh yang baik akan meningkatkan rasa percaya diri sehingga tak ada rasa minder dengan penampilannya.   Namun, sangat disayangkan banyak kebiasaan – kebiasaan yang malah membuat postur tubuh menjadi buruk. Kebiasaan dalam keseharian yang tidak disadari malah membuat postur tubuh buruk. Kebiasaan  tersebut yaitu kebiasaan duduk yang buruk dan posisi tidur yang  tidak tepat.

Saat duduk seseorang akan duduk dengan posisi yang paling nyaman untuk dirinya. Namun seringkali mereka melupakan bahwa posisi duduk yang nyaman belum tentu menyehatkan. Misalnya, Membungkuk ke depan sambil duduk di depan komputer atau duduk dengan posisi ‘C’ di depan meja. Posisi ‘C’ berarti terlalu condong ke depan sehingga menyebabkan banyak tekanan pada tulang belakang. Posisi ini dapat menyebabkan stres pada tubuh. Selain itu, menggeser kursi terlalu ke depan juga dapat membuat postur tubuh memburuk.

?????

Posisi tidur ternyata juga berpengaruh pada postur tubuh. Umumnya posisi tidur setiap orang berbeda-beda.  Beberapa menyukai tidur terlentang, posisi miring ke kanan atau ke kiri, bahkan ada yang terbiasa dengan posisi tengkurap. Semua posisi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. Namun, sebaiknya posisi tidur yang baik adalah posisi yang melemahkan otot dan ligament agar dapat meregangkan punggung bawah sehingga terhidar dari masalah nyeri punggung. Posisi tidur sangat berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan bentuk atau postur tubuh manusia. Beberapa posisi tidur dapat membuat tubuh bungkuk, tulang bengkok bahkan dapat menggaggu kesehatan jantung.  Selain itu, kualitas tidur juga sangat berpengaruh besar pada kesehatan dan bentuk tubuh manusia. Dengan posisi tidur yang baik dan didukung dengan kualitas tidur yang baik pula akan membuat tubuh segar pada saat bangun tidur.

Dewasa ini banyak diperbincangkan tentang Bantal Kesehatan. Pada umumnya Bantal kesehehatan ini dapat menjadi solusi untuk ketidaknyamanan disaat – saat tertentu, misalnya saat tidur atau bersantai. Bantal kesehatan, pada umumnya  di desain sesuai dengan pedoman ortopedi untuk memastikan penempatan posisi tubuh yang tepat dan memberikan rasa nyaman dan sehat. Bantal kesehatan dapat mengatasi banyak masalah pada tulang. Biasanya pada bantal tersebut memiliki satu atau dua rol kusus yang disusun sepangjang tepian bantal. Bahan dasar bantal dipilih agar terasa tidak terlalu lembut dan baik untuk tubuh. Bantal kesehatan kerap kali digunakan sebagai solusi untuk menghindari beberapa penyakit atau untuk terapi penyembuhan. Meskipun demikian, bantasl kesehatan ini dapat diambil manfaatnya guna membentuk postur tubuh yang baik.

Beberapa manfaat atau kegunaan bantal kesehatan untuk postur tubuh, adalah sebagai berikut :

  1. Bantal kesehatan yang digunakan untuk relaksasi kaki

Bantal  kesehatan yang didesain khusus untuk area paha dan kaki.  Bantal ini memiliki manfaat utama untuk meringankan bengkak, pegal dan rasa sakit pada area kaki.  Selain itu penggunaan bantal kesehatan jenis ini  membuat sirkulasi darah pada area kaki lebih lancar.  Dengan posisi istirahat kaki yang baik dan tanpa ada hambatan pada sirkulasi darah di area kaki akan membantu membentuk  kaki dan paha yang baik.

  1. Bantal kesehatan yang digunakan untuk duduk bersantai

variteks-bantal-polyurethane-seating-cushion-d-formPosisi duduk yang baik adalah posisi tegak, dengan punggung lurus. Dengan posisi seperti ini tentu saja tidak bisa santai. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa jenis bantal kesehatan misalnya sandaran bantal yang didesain khusus dengan kemiringan yang cocok untuk digunakan oleh berbagai macam usia. Bantal ini membantu menompang area punggung dan leher pada saat beristirahat dan bersantai. Dengan bantuan bantal kesehatan ini, punggung akan tegak lurus yang mampu menghindari postur tubuh membungkuk.

  1. Bantal kesehatan pada saat tidur

Posisi tidur yang baik, umumnya dengan tidur terlentang dengan bersandar pada punggung dan menjaga bahu tetap lurus. Namun saat tidur, kesadaran yang hilang akan menghilangkan posisi baik ini dan malah berakhir dengan rasa pegal pada leher dan punggung pada saat bangun tidur. Beberapa bantal kesehatan didesain khusus  untuk menjaga posisi tidur. Bantal kesehatan, pada umumnya  di desain sesuai dengan pedoman ortopedi untuk memastikan penempatan posisi tubuh yang tepat dan memberikan rasa nyaman dan sehat saat tidur. Bantal kesehatan dapat mengatasi banyak masalah pada tulang belakang. Biasanya pada bantal tersebut memiliki satu atau dua rol kusus yang disusun sepanjang tepian bantal. Bahan dasar bantal dipilih agar terasa tidak terlalu lembut dan baik untuk leher dan kepala.

Dengan kenyamanan tersebut secara otomatis akan membuat kualitas tidur dan istirahat kita, sehingga tubuh kan lebih segar dan postur tubuh dapat terjaga.(dw)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *