Manfaat Penting Imunisasi Bagi Anak dan Balita

imunisasi

Imunisasi adalah suatu proses untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu dengan cara memasukkan vaksin. Imunisasi biasanya identik dengan bayi dan balita karena memang ada beberapa jenis imunisasi yang harus diberikan secara lengkap sebelum anak berusia satu tahun. Sebenarnya imunisasi sudah sejak lama dilaksanakan oleh pemerintah dan hingga kini masih terus dicanangkan dan dipantau pelaksanaannya agar dapat mencegah kesakitan, kecacatan, wabah, dan kematian pada anak, terutama bayi dan balita. Namun sampai saat ini pula masih ada saja beberapa orang tua yang tidak ingin anaknya diimunisasi. Alasan mereka beragam, tapi beberapa diantaranya adalah hanya karena terbawa mitos seputar imunisasi.

Mitos Seputar Imunisasi

Dari masa ke masa, memang banyak beredar beberapa mitos atau isu yang salah tentang imunisasi. Beberapa diantaranya menyebutkan bahwa:

  • Vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella) dapat menyebabkan autisme. Isu ini tidak benar karena ternyata penelitian yang kabarnya dilakukan terkait dengan hal ini hanya melibatkan 18 anak saja sebagai respondennya dan terdapat pemalsuan data dalam penelitiannya sehingga dinyatakan tidak sahih oleh British Medical Association dalam jurnalnya pada Februari 2011.
  • Imunisasi tidak halal karena mengandung enzim tripsin pankreas babi dan lemak babi. Kabar yang sempat beredar ini cukup meresahkan kaum muslim, tetapi ternyata kabar ini tidak benar. Bahkan pada 23 Januari 2016 MUI telah mengeluarkan fatwa tentang imunisasi. Isinya menyebutkan bahwa MUI mendukung program imunisasi di Indonesia. Selain MUI, vaksin yang beredar di Indonesia juga diawasi oleh BPOM.
  • Vaksin membuat anak sehat menjadi sakit. Anggapan ini muncul karena beberapa bayi mengalami berbagai reaksi setelah imunisasi. Reaksi tersebut antara lain demam, merah-merah, bengkak, dan gatal di area sekitar suntikan. Faktanya gejala-gejala ini adalah normal, tidak berbahaya, dan akan hilang dengan sendirinya. Cukup hanya dengan memberikan obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan, banyak minum, dan bila panasnya tinggi dapat dikompres.
  • ASI, gizi, dan suplemen herbal sudah cukup menggantikan imunisasi. Hal ini tidaklah benar karena ASI, gizi, dan suplemen herbal hanya akan memperkuat pertahanan tubuh secara umum dan tidak spesifik terhadap kuman tertentu. Sementara imunisasi dapat merangsang pembentukan antibodi dan kekebalan seluler yang spesifik terhadap kuman/racun tertentu sehingga dapat bekerja lebih cepat, efektif, dan efisien untuk mencegah penularan penyakit yang berbahaya.

Pentingnya Imunisasi Bagi Anak dan Balita

MUI dan BPOM sudah mendukung program imunisasi. Bahkan MUI pun telah mengeluarkan fatwa tentang imunisasi yang didalamnya menyebutkan bahwa ajaran Islam mendorong umatnya untuk senantiasa menjaga kesehatan melalui upaya preventif agar tidak terkena penyakit, yaitu dengan imunisasi. Lalu apakah Anda masih juga meragukan atau menolak imunisasi? Mari simak beberapa manfaat penting imunisasi bagi anak dan balita berikut ini:

  • Imunisasi akan merangsang tubuh untuk membentuk sistem kekebalan, sehingga ketika ada bibit penyakit yang mencoba masuk, tubuh akan melawannya secara otomatis.
  • Imunisasi dapat mencegah penyakit-penyakit berbahaya bagi bayi dan balita seperti hepatitis A, hepatitis B, polio, tuberkulosis berat pada paru, otak, kelenjar getah bening dan tulang, difteri, pertusis, tetanus, pneumonia (radang paru), meningitis (radang selaput otak), diare berat akibat Rotavirus, campak, cacar air, gondongan (mumps), dan demam tifoid.
  • Badan penelitian di berbagai negara membuktikan bahwa dengan meningkatkan cakupan imunisasi maka penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi berkurang secara bermakna.
  • Imunisasi rutin dan imunisasi tambahan serentak di beberapa provinsi dapat berperan untuk menghentikan wabah. Hal ini terbukti dengan terhentinya beberapa wabah yang terjadi di Indonesia yaitu wabah polio tahun 2005-2006, wabah campak dan wabah difteri tahun 2009-2011.

Kini Anda sudah mengetahui manfaat penting imunisasi bagi bayi dan balita. Berikan segera imunisasi secara rutin untuk buah hati Anda agar mereka dapat tumbuh dengan sehat hingga dewasa. Dapatkan update informasi kesehatan lainnya dan alat-alat kesehatan di website kesehatan terpercaya. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *