Ketahui 9 Cara Menghindari Kesalahan Pengukuran Pada Tensimeter Digital

rossmax-mw-701f-tensimeter-digital-tipe-lengan-atas-jual-beli-harga-murah

Tensimeter digital merupakan tensimeter yang dioperasikan secara otomatis dan menampilkan hasil pengukuran secara digital. Untuk mengoperasikan tensimeter digital sangat mudah, pengguna cukup menekan tombol Start/Stop maka tensimeter akan otomatis melakukan inflasi dan deflasi. Hasil pengukuran langsung ditampilkan ke layar. Selain untuk pengukuran tekanan darah, biasanya tensimeter digital dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, di antaranya adalah memori untuk menyimpan hasil pengukuran, serta informasi denyut jantung. Kelebihan dari tensimeter digital ini adalah praktis dan mudah dibawa kemana-mana, tidak takut terkontaminasi logam berat, tidak memerlukan tenaga ahli untuk mendapatkan hasil pemeriksaan tekanan darah. Tensimeter digital mudah untuk dibawa bepergian karena memiliki ukuran yang kecil dan ringkas, namun tetap didukung dengan fitur yang canggih, diantaranya dapat mendeteksi kelainan ritme detak jantung. Tingkat akurasi pengukuran lebih rendah dari pada tensimeter raksa. Akurasi pengukuran pada tensimeter digital ini dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya kondisi baterai, usia pemakaian (semakin lama pemakaian semakin menurun tingkat akurasi) dan teknologi produk. Berikut ini merupakan 9 cara menghindari kesalahan pengukuran pada tensimeter digital :

  1. Jangan makan, merokok, dan berolah raga selama 30 menit sebelum dilakukan pengukuran.
  2. Beristirahatlah selama 15 menit sebelum mengulang pengukuran berikutnya.
  3. Hindari pengukuran tekanan darah pada saat pasien mengalami stress.
  4. Singsingkan lengan baju pasien sebelum memulai pengukuran.
  5. Pengukuran sebaiknya dilakukan di dalam ruangan yang tenang,
  6.  pasien dalam keadaan santai dan dalam posisi duduk.
  7. Letakkan tangan kiri di atas meja atau di atas tangan kursi sedemikian rupa sehingga manset berada dalam posisi yang sejajar dengan jantung.
  8. Tetap tenang dan tidak boleh berbicara selama pengukuran.
  9. Jangan melakukan pengukuran setelah baru selesai mandi, minum alhokol atau setelah berolah raga.

Perlu Anda ketahui hasil tekanan darah dipengaruhi beberapa faktor yaitu cara menggunakan alat, pergerakan saat melakukan pemeriksaan, dan kekuatan baterai yang di pakai. Saat ini, banyak orang yang lebih memilih tensimeter digital dibandingkan konvensional. Dengan tetap memperhatikan 9 cara menghindari kesalahan pengukuran pada tensimeter digital Anda dapat menggunakan tensimeter digital dengan baik dan benar. Anda dapat melihat berbagai alat-alat kesehatan dan tips kesehatan di website kesehatan terpercaya.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *