Ketahui 8 Hal Pemicu Stress di Kantor

 index.stress.

Pernahkah Anda merasa mendapatkan tekanan selama bekerja, sakit kepala, atau sulit berkonsentrasi selama bekerja? Kemungkinan hal-hal tersebut mengindikasikan bahwa Anda stress. Stress adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui 8 hal pemicu stress di kantor yang dapat mempengaruhi kinerja maupun kehidupan Anda sehari-hari.

  1. Hubungan Personal

Hubungan interpersonal adalah dimana ketika kita berkomunikasi, kita bukan sekedar menyampaikan isi pesan, tetapi juga menentukan kadar hubungan interpersonalnya. Jadi ketika kita berkomunikasi kita tidak hanya menentukan content melainkan juga menentukan relationship. Dari segi psikologi komunikasi, kita dapat menyatakan bahwa makin baik hubungan interpersonal, makin terbuka orang untuk mengungkapkan dirinya; makin cermat persepsinya tentang orang lain dan persepsi dirinya; sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara komunikan. Hubungan personal yang kurang berjalan dengan baik dapat memicu timbulnya stress.

  1. Hubungan Sosial

Bertemu bermacam-macam orang dan berinteraksi dengan lingkungan seringkali membuat Anda tertekan dan stress. Hal ini disebabkan setiap orang memiliki karakteristik dan pemikiran yang berbeda. Sehingga dalam hal ini, kesiapan Anda dalam menghadapi tersebut mempengaruhi kadar stress Anda.

  1. Permasalahan Finansial

Banyak aturan finansial telah berubah, penyebabnya misalnya oleh ekonomi yang tidak menentu, cara berbelanja dan menabung, serta gaya hidup yang berubah. Akibatnya, semakin banyak orang merasa semakin sulit mengatur keuangan pribadi dan keluarga. Akhirnya, banyak orang yang terlilit utang. Lalu karena gaya hidup modern membuat banyak pengeluaran yang membuat problem keuangan bertambah.

  1. Tekanan di Tempat Kerja

Yang dimaksud dengan tekanan di tempat kerja ini yaitu rentang waktu deadline yang mencekik, tuntutan kesempurnaan hasil kerja dari atasan, dan kesulitan mengimplementasikan rencana kerja dapat menjadi pemicu munuculnya stres di diri Anda. Terlambatnya hasil dari divisi lain yang membuat Anda ikut terlambat dalam memrosesnya akan menambah tingkat stres.

  1. Penyakit

Penyakit akibat kerja, riwayat penyakit, penyakit yang tak kunjung sembuh dapat memicu stress. Anda pun mulai tertekan, entah karena penyakit itu sendiri, biaya pengobatan yang mahal, atau pikiran bahwa semakin hari sakit yang Anda derita semakin merepotkan diri dan keluarga Anda. Stres pun muncul.

  1. Kegagalan

Kegagalan dalam mencapai obsesi maupun keinginan dapat menimbulkan stress. Hal ini dikarenakan keinginan dan impian adalah sumber kehidupan Anda. Namun demikian, tidak mungkin Anda meraih impian secara instan. Tidak menyadari kenyataan ini akan membuat Anda tertekan dan stres.

  1. Kondisi Fisik dan Mental

Kondisi fisik dapat menjadi stress bagi Anda. Masalah kegemukan, tinggi badan yang tidak proporsional, wajah yang tidak menarik dapat menjadi teror yang mengerikan bagi Anda. Begitu pula dengan kondisi mental seperti kurang percaya diri dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda perlu meredam stress Anda dengan berkonsentrasi pada hal lain dan senantiasa bersyukur.

  1. Kematian Orang-Orang Tersayang

Kesulitan dalam hal selalu mengingat kematian orang-orang tersayang merupakan gejala stres karena tidak dapat menerima kenyataan bahwa salah satu orang terkasih telah tiada.

Hal-hal tersebut diatas merupakan pemicu stress di kantor yang perlu Anda hindari maupun atasi karena apabila tidak maka akan berpengaruh pada kehidupan maupun kinerja Anda.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *