Kenali Lebih Jauh Alat ECG Edan 12 Channel

Kenali Lebih Jauh Alat ECG Edan 12 Channel – Alat kedokteran telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Perkembangan ini pun dilakukan untuk tujuan agar semakin membantu proses yang berada di laboratorium atau rumah sakit. Juga karena semakin banyaknya tuntutan masalah kesehatan yang harus segera diatasi. Jika tidak menggunakan alat yang canggih maka masalah kesehatan yang semakin kompleks tidak aka bisa diatasi. Salah satu perkembangan di alat kesehatan yang sangat diperlukan saat ini adalah alat yang bisa memeriksa keadaan organ tubuh vital bagian dalam.

Ada satu alat bernama ECG (Electro Cardio Graph) yaitu alat yang dipergunakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap keadaan jantung makhluk hidup. Awalnya dalam dunia kedokteran baru mengenal ECG dengan 1 channel lalu dengan adanya perkembangan di dunia kesehatan tersebut, telah muncul ECG 2 channel dan seterusnya hingga menjadi ECG 3 channel. Channel yang dimaksud di ECG in  adalah menunjukkan jumlah grafik yang bisa dicetak pada kertas selama satu kali proses pemeriksaan jantung tersebut.

ekgPada saat menggunakan alat ECG tersebut, maka kita akan mendapatkan berbagai macam hasil pengukuran. Ada 12 macam pengukuran terhadap kondisi jantung yang akan kita dapatkan yang disebut dengan Lead. Arti dari 12 Lead tersebut yaitu menunjukkan 12 sisi jantung yang berbeda dengan keadaan yang berbeda pula, sehingga pada akhirnya kita mendapatkan hasil analisis yang akurat terhadap jantung tersebut yang sebenarnya. Analisis terhadap 12 sisi jantung yang berbeda tersebut harusnya dilakukan bersamaan agar mendapatkan hasil keadaan jantung seluruhnya dalam satu waktu.

Hasil tersebut dapat kita dapatkan jika menggunakan ECG 12 channel, karena jika kita menggunakan ECG 1 channel maka kita akan mendapatkan hasil analisis terhadap 12 sisi jantung dalam waktu yang berbeda. Hal ini tentu sangat riskan karena kita tidak tahu keadaan jantung saat selang waktu pemeriksaan satu ke pemeriksaan yang lainnya. Oleh karena itu dapat kita simpulkan bahwa ada beberapa perbedaan antara ECG 1, 2, 3 channel dengan ECG 12 channel yaitu :

  1. Dengan menggunakan ECG 12 channel maka kita bisa menghemat waktu secara efektif dan efisien karena kita melakukan pemeriksaan terhadap 12 sisi jantung berbeda dalam satu kali waktu dan tidak mengulang-ulang pemeriksaan sehingga alat masih tetap awet. Sedangkan untu ECG channel lain, mereka melakukan pemeriksaan secara berulang-ulang dan sangat riskan membuat alat cepat rusak.
  2. Dengan menggunakan ECG 12 channel maka kita bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat dan tepat dibanding dengan ECG channel lain. Hal ini karena pemeriksaan tersebut dilakukan secara real time terhadap seluruh sisi jantung sehingga kita bisa tahu keadaan jantung saat itu juga dan menghindari tejadinya perubahan hasil pemeriksaan secara berulang-ulang karena keadaan jantung tidak bisa ditebak setiap waktu.

Salah satu jenis ECG 12 channel adalah ECG Edan 12 channel. Jenis tipe ini memiliki beberapa keuntungan yaitu bentuknya yang lebih mudah dipakai. Selain itu, ada beberapa keunggulan lain yaitu :

  1. Female doctor giving male patient EKG, mid section, elevated viewMemiliki 8” resolusi tinggi layar sentuh(SE-1200 express), lebih canggih dengan layar sentuh sehingga memudahkan pemakaian.
  2. Memiliki 5.7” LCD Screen (SE-1200), ini untuk memudahkan pembacaan hasil agar jelas dan tidak salah tafsir.
  3. Dilengkapi keyboard alfanumerik sehingga bisa digunakan untuk pengoperasian setiap tujuan yang berbeda.
  4. Alur kerja yang efisien sehingga menghemat tenaga yang digunakan.
  5. Pengoperasian satu-sentuhan dengan cara pintas usia dan jenis kelamin. Sehingga bisa didapatkan hasil keadaan jantung yang sesuai dengan usia dan jenis kelamin.
  6. Dukungan linear / 2D barcode scanner untuk menyederhanakan alur kerja dari alat tersebut.
  7. Hasil yang lebih akurat
  8. Dilengkapi dengan fitur Bi-directional komunikasi data menggunakan DMS
  9. Dihasilkan dalam standar format EKG : PDF dan opsional SCP / FDA-XML / DICOM data ekspor
  10. Transmisi data yang dihasilkan ke PC menggunakan melalui LAN atau WiFi
  11. Komunikasi yang lebih luas kepada pihak-pihak yang memerlukan
  12. Manajemen data 200 memori internal EKG dapat dengan mudah diperbesar dengan USG flash disk. Sehingga tidak sulit jika memori sudah penuh dan memerlukan penambahan data.
  13. Built-in resolusi yang tinggi perekam termal untuk mencetak di atas kertas thermal yang berukuran normal dan ukuran A4 faks dan didukung dengan printer eksternal USB.
  14. Pengukuran otomatis dan interpretasi diuji dengan CSE database / AHA / MIT
  15. Dilengkapi dengan teknologi anti-noise dengan filter yang lebih komprehensif dan CMRR yang tinggi di atas 115 dB 120s real-time berbentuk gelombang ECG pembekuan dan ulasan untuk membantu diagnosis yang sudah dibuat.

ECG jenis ini memang sangat membantu di bidang kesehatan karena fiturnya yang lebih lengkap. Oleh karena itu, banyak rumah sakit yang sudah menggunakan alat ini untuk menunjang aktivitas mereka.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *