Fungsi dan Fitur Timbangan Darah pada Proses Donor Darah

Fungsi dan Fitur Timbangan Darah pada Proses Donor Darah – Darah merupakan satu kebutuhan terpenting dalam tubuh manusia. Meskipun begitu, seseorang akan lebih baik jika memiliki kadar darah yang normal. Tidak terlalu tinggi ataupun tidak terlalu rendah, sebab terlalu tinggi kadar darah dan terlalu rendah kadar darah sangat tidak bagus bagi kesehatan. kekurangan atau kelebihan kadar darah dapat diatasi dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang sesuai untuk menstabilkan kadar darah. Selain itu, melakukan donor darah juga sangat dianjurkan untuk mengeluarkan darah kotor didalam tubuh.

Lain halnya donor darah, lain pula resipien darah. Resipien darah hanya boleh dilakukan oleh mereka yang benar-benar memerlukan tambahan darah. Misalnya saja ketika terjadi kecelakaan, operasi, ataupun ibu melahirkan. Sebagai sesuatu yang penting pemberian darah pun harus diukur dengan sesuai. Bagaimana caranya ? umunya ketika kita melakukan donor darah, jumlah darah akan dihitung sesuai ukuran milligram, namun ternyata pengukuran darah juga dilakukan menggunakan timbangan darah. Bagaimana bisa ? anda pasti berfikiran jika timbangan pasti digunakan untuk mengukur berat, namun ternyata khusus timbangan darah alat ini dapat digunakan untuk mengukur volume darah. Timbangan darah atau hemoscale merupakan salah satu timbangan yang digunakan untuk mengukur atau menimbang volume darah dengan sangat mudah. Timbangan darah biasanya berupa timbangan berat atau timbangan khusus yang bergoyang. Biasanya timbangan ini sering digunakan oleh unit transfusi darah, baik di PMI ataupun rumah sakit.

manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan-pendonor

Mau tehu lebih lanjut fungsi dari timbangan darah, berikut uraiannya :

  1. Memudahkan pengukuran mili

Seperti yang telah dijelaskan diatas jika timbangan darah didesain untuk mengukur darah dalam satuan mili. Apalagi dengan bentuk darah yang sangat kompleks dan memerlukan perawatan khusus, timbangan darah diperlukan untuk memudahkan dalam mengukur banyaknya darah. Bayangkan saja jika setelah transfusi darah masih harus diukur dalam sebuah gelas ukur, hal ini pasti tidak akan efektif. Berbeda halnya jika menggunakan timbangan darah, setelah darah dimasukkan kedalam kantong darah dan ditimbang, petugas akan langsung mengetahui berapa mili darah yang terdapat pada kantung darah.

  1. Memudahkan dalam menyatukan zat antikoagulan

Timbangan darah didesain khusus dan dapat bergoyang. Desain goyang dipilih untuk memudahkan darah menyatu dengan zat antikoagulan .

  1. Meningkatkan keakuratan data

Timbangan darah kebanyakan didesain menggunakan skala digital. Skala digital dipilih karena memiliki keakuratan yang tinggi, sehingga hasil yang diberikanpun telah jelas.

img_1292

Bagi anda yang tertarik untuk membeli timbangan darah yang bisa digunakan di klinik tempat anda bekerja, anda sudah tidak perlu bingung lagi dimana bisa mendapatkannya. Di medicalogy semua kebutuhan alat kesehatan anda sudah tersedia dengan lengkap. Medicalogy merupakan pusatnya alat kesehatan online terlengkap dan termurah. Timbangan darah yang tersedia disinipun sangat banyak pilihan jenis dan merek. Tentunya semua produk yang dijual disini memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi. Bagi anda yang berencana membeli timbangan darah atau hemoscale digital di medicalogy berikut beberapa fitur legkapnya :

  1. Kalibrasi berat otomatis yang akurat
  2. Dilengkapi otomatis turn of setelah 30 menit
  3. Audible dan alaram visual
  4. Mix pengingat alaram
  5. Alarm lambat berdarah
  6. Ringan untuk dibawa dan mudah digunakan

Selain beberapa fitur diatas, berikut beberapa spesifikasi produk yang tersedia :

  • Elektronik mampu memonitor dan mengukur volume aliran darah dengan sangat cepat
  • Secara otomatis klem pipa ketika volume telah mencapai target
  • Baterai dapat diisi ulang hingga 50 jam pemakaian

Tidak hanya itu saja, timbangan darah juga dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris khusus, antara lain:

  • Unit utama
  • Pole gunung
  • A/C Power adaptor
  • Aluminium carrying
  • Tiang serta alas timbang
  • Petunjuk pemakaian

Bagaimana? Lengkap bukan. Jangan tunggu lama untuk memiliki alat ini. keakuratan dalam mengukur berapa volume darah sangat penting untuk diketahui. Apalagi hal ini berhubungan dengan kebutuhan darah pasien. Apabila salah dalam pengukuran volume akan berakibat fatal pula terhadap pasien. Meskipun pembelian secara online, medicalogy memberikan banyak kemudahan. Diantaranya, harga yang sangat bersaing, melayani pembelian seluruh daerah di Indonesia, garansi 100%, pelayanan yang ramah dan masih banyak lainnya. Sebelum kehabisna stok dan promo silahkan untuk berbelanja alat kesehatan di medicalogy.com.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *