5 Fungsi Box Cold Chain Vaksin

5 Fungsi Box Cold Chain Vaksin –  Cold chain merupakan kelompk barang-barang yang memiliki penanganan khusus dalam perawatannya, mulai dari penerimaan barang, penyimpanan, pengiapan pengiriman, hingga penggunaan. Hal ini dilakukan semata untuk menjaga kualitas barang supaya tetap baik dan sesuai standar, sehingga dapat dipergunakan dalam dunia kesehatan. Beberapa jenis barang yang dikategorikan dalam cold chain adalah vaksin, obat-obatan hormonal, darah, dan lain sebagainya.

img15cBarang-barang yang termasuk dalam cold chain sebenarnya bukan sesuatu yang mahal, melainkan sesuatu yang penting dan memerlukan penanganan dengan berbagai alat kompleks, dan bahkan memerlukan bahan yang tidak murah. Hal inilah yang pada akhirnya membuat vaksin terkadang dijual dengan harga mahal. Vaksin atau barang-barang cold lainnya biasanya akan ditempatkan pada suatu tempat yang disebut box cold chain. Box cold chain merupakan suatu wadah tertentu yang secara khusus telah didesan untuk membawa barang-barang cold chain (vaksin) ke tempat lain. Didalam box cold chain vaksin sendiri biasanya telah tersedia pula berbagai peralatan seperti berikut.

  • Termometer atau alat untuk mengukur suhu
  • Chiller atau alat untuk mengatur suhu
  • Dehumidifier atau alat untuk mengatur kelembapan
  • Data logger atau alat pencipta suhu dingin pada saat pengiriman
  • Stricket suhu.

Bersama dengan berbagai alat diatas box cold chain memiliki beberapa fungsi diantaranya:

  1. Menjaga Kualitas Barang (Vaksin) Saat Pengiriman

Vaksin merupakan salah satu kebutuhan dalam kesehatan yang diperlukan oleh semua mahluk hidup. Maka tak heran jika penggunaan vaksin pun tersebar di berbagai daerah. Kondisi vaksin yang sangat kompleks memerlukan penanganan khusus pada saat pendistribusian ke berbagai daerah. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk melakukan pendistribusian vaksin tanpa merusak kondisi vaksin adalah menggunakan box cold chain

  1. Memudahkan Pengiriman Barang

Selain menjaga kualitas barang, box cold chain berfungsi pula untuk memudahkan pengiriman barang. bayangkan saja jika pengiriman barang tidak dilakukan menggunakan tempat yang mudah, pasti akan menyulitkan pendistribusian.

  1. Menjaga Suhu Agar Tetap Stabil

Box cold chain digunakan untuk menjaga suhu yang diperlukan vaksin agar tetap stabil dan sesuai. Jika suhu berubah-ubah dan tidak normal, maka sifat vaksin pun akan berubah, dan bahkan rusak.

  1. Menjaga Kelembapan

Seperti halnya suhu, kelembapan vaksin pun harus diperhatikan supaya sifat vaksin tidak berubah. Box cold chain berfungsi pula untuk mengatur kelembapan.

  1. Memudahkan Untuk Mengontrol Barang

Terakhir, box cold chain memiliki fungsi untuk mengontrol bagaimana kondisi vaksin. Meskipun suhu dan kelembapan telah diatur, namun tetap pada saat sudah sampai ditujuan semuanya harus dikontrol. Nah, dengan menggunakan box cold chain diharapkan semua kondisi vaksin dapat terlihat dan terpantau dengan baik.

Itulah tadi beberapa fungsi dari box cold chain vaksin, namun meskipun vaksin telah diletakkan pada tempat yang sesuai cara penanganannyapun harus diperhatikan dan dilakukan secara sesuai. Beberapa proses dalam menangani barang-barang cold chain diantaranya vaksin yakni, melakukan validasi, pemetaan suhu, kalibrasi termometer, penerimaan diruang dingin, penyimpanan dalam suhu ruangan, pengemasan yang tepat, pengiriman barang, dan yang terakhir pencatatan suhu ruangan. beberapa proses tersebut harus benar-benar diperhatikan supaya vaksin dan barang-barang cold chain lainnya tidak rusak.

cold-chain-500x500

Bagi anda yang ingin memiliki alat ini secara pribadi atau telah diminta pihak klinik tempat anda bekerja untuk membeli alat ini, jangan pusing atau bingung dimana mendapatkannya. Anda cukup berbelanja secara online di medicalogy.com. Medicalogy merupakan toko online dan pusatnya berbagai alat kesehatan dari berbagai jenis dan merek. Aneka jenis alat kesehatan yang dijual disini berasal dari merek-merek ternama yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Selain itu, anda juga tidak perlu sibuk kesana-kemari untuk mencari alat ini. Hanya duduk dirumah, barang pesanan akan diantar. Untuk soal harga jangan khawatir, medicalogy memberikan banyak penawaran harga. Apalagi jika anda membeli secara grosir, akan lebih banyak potongan harga yang diberikan.

Bagi anda yang berminat, jangan lupa untuk langsung mengunjungi alamat websitenya di www.medicalogy.com, customer service kami akan melayani semua pelanggan dengan sangat ramah.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *