Jenis – Jenis Stocking Varises

Jenis – Jenis Stocking Varises – Varises dapat dialami oleh semua orang baik pria ataupun wanita. Tanda yang paling jelas dari varises adalah adanya garis halus berwarna merah atau biru disekitar kaki. Varises disebabkan oleh banyak hal beberapa diantaranya adalah karena pemakaian high heels dan juga faktor usia. Melakukan olahraga yang rutin dan teratur namun juga tidak berlebihan dapat mencegah terjadinya varises. Kurang olahraga atau olahraga yang terlalu berlebih dapat menyebabkan varises. Varises bisa menjadi sebab terjadinya penghambatan sirkulasi darah di area sekitar betis dan tungkai kaki ketika menahan berat tubuh sehingga meningkatkan tekanan pembuluh darah vena tubuh bagian bawah.

Gejala utama varises bisa diketahui jika muncul pembuluh darah vena berwarna kebiruan yang melebar dan berkelok-kelok. Penderita varises mungkin akan merasa tidak nyaman karena bengkak, berat dan sakit di bagian kaki. Rasa sakit tersebut terutama dirasakan dibagian betis. Beberapa kasus yang berat bisa menyebabkan pembengkakan, perubahan sampai borok dibagian pergelangan kaki. Banyak penderita yang menganggap bahwa varises hanya gangguan kecil namun varises sebenarnya memiliki potensi menimbulkan rasa nyeri dan kondisi yang serius. Penangganan varises yang benar akan sangat penting dilakukan untuk mencegah masalah yang lebih parah.

varises-alodokter

Ada dua jenis pembuluh darah yaitu arteri dan vena. Pembuluh arteri bertugas membawa darah yang berasal dari jantung ke seluruh tubuh dan tugas pembuluh vena adalah sebaliknya membawa darah hasil metabolisme yang terjadi di seluruh tubuh ke jantung. Vena di bagian kaki harus bekerja melawan gravitasi untuk mengembalikan darah ke jantung. Pembuluh vena berada didekat otot, sehingga kontraksi otot menjadi pompa dan membantu pembuluh vena bekerja. Varises terjadi karena tingkat elastisitas dinding pembuluh vena menurun. Hal ini membuat pembuluh darah vena tidak bisa mengalirkan darah sisa ke jantung dengan baik. Beberapa kondisi tertentu juga bisa menyebabkan munculnya varises seperti kehamilan, faktor usia dan menopause.

Terdapat beberapa pengobatan khusus yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi varises seperti operasi laser, ambulatory phlebectomy, sclerotherapy, vein stripping dan operasi vena endoskopik.  Pengobatan khusus biasanya dilakukan jika berbagai alternatif pengobatan telah dilakukan namun varises tidak juga menghilang. Sebelum memutuskan untuk melakukan pengobatan khusus maka lebih baik jika mencoba alternatif lain terlebih dahulu seperti pengobatan dengan cara alami atau sesuai anjuran dokter. Alternatif pengobatan ini biasanya disa dilakukan sendiri bahkan bisa dilakukan dirumah.

Beberapa cara bisa anda lakukan untuk mengatasi varises antara lain mengurangi waktu duduk atau berdiri. Jika terlalu lama berdiri atau duduk akan timbul varises di bagian kaki, maka sebaiknya jika melakukan aktivitas duduk sebaiknya selingi dengan berdiri setidaknya 30 menit. Hindari juga penggunaan heels. Sepatu dengan tumit yang rendah akan memberi kesempatan otot bekerja secara optimal. Jika menggunakan heels sebaiknya sering melakukan peregangan untuk mengistirahatkan kaki. Kelola asupan makanan dan berat badan. Orang dengan obesitas memiliki kemungkinan lebih tinggi terkena varises maka menjaga berat badan ideal menjadi salah satu cara mengatasi varises. Diet rendah garam juga dapat mencegah terjadinya pembengkakan. Sedikit olahraga juga bisa menurunkan resiko varises. Berjalan juga bermanfaat dalam menghindari resiko varises. Berjalan akan melancarkan sirkulasi darah pada pembuluh namun jika terlalu banyak berjalan juga tidak akan baik.

stocking-varises

Dokter biasanya menganjurkan beberapa hal untuk mengatasi varises di tungkai kaki misalkan mengkonsumsi suplemen atau obat yang bisa meringankan varises, asam lemak omega-3 dengan dosis tertentu setiap harinya, ginkgo biloba dengan dosis tertentu. Dokter juga biasanya menganjurkan menggunakan stocking varises atau stocking kompresi. Saat ini, kita bisa menemukan stocking varises. Stocking ini dapat berguna untuk mengatasi varises. Stocking varises mampu mencegah terjadinya varises yang muncul dikaki atau betis. Stocking varises bekerja dengan menekan pembuluh darah. Hal ini membuat volume pembuluh darah menjadi tidak tertahan di pembuluh vena dan menghindari terjadinya varises.

Penderita varises dapat membeli stocking varises untuk melakukan terapi. Beberapa tips yang bisa dilakukan adalah memastikan ukuran yang sesuai dengan kaki saat membeli stocking. Ukuran yang sesuai dapat diketahui dengan memanfaatkan pita pengukur sehingga mendapatkan ukuran stocking yang sesuai.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *