Jenis dan Macam Alat Kedokteran Ginekologi

hi-bebe-fetal-doppler-sound

Kalau bagi para ginekolog tentang tak asing lagi dengan jenis alat kedokteran di bidang ginekologi. Sebagai sebuah cabang ilmu kedokteran yang fokus mempelajari penyakit di sistem reproduksi wanita. Tentu alat-alat yang dipakai berkaitan dengan organ reproduksi wanita itu.

Buat Anda yang ingin tahu apa saja jenis alat kedokteran ginekologi, berikut ini daftarnya.

  1. Alat pemeriksaan ginekologi fetal doppler adalah alat yang dipakai untuk mengecek detak jantung janin pada kandungan rahim ibunda. Dengan menggunakan alat ibi bisa diketahui bagaimana perkembangan bayi apakah normal atau tidak.

Alat fetal doppler ini banyak jenis dan tipenya. Ada yang khusus untuk mendengarkan suara janin saja, ada juga yang dilengkapi dengan layar monitor dan ada juga fetal doppler yang portable. Sehingga praktis untuk dibawa-bawa.

  1. Alat ginekologi CTG doppler adalah alat yang fungsinya juga untuk mengetahui kondisi janin di tubuh ibu hamil. Bedanya jika pada alat fetal doppler hanya sekedar memeriksa denyut jantung janin (DJJ), sementara pada CTG doppler juga mampu merekam kondisi kontraksi ibu hamil. Dengan demikian, bisa disimpulkan kalau alat CTG doppler ini punya kemampuan lebih komplit dibandingkan fetal doppler.
  2. Alat USG (Ultrasonografi) ini yang mungkin paling dikenal masyarakat. Fungsi alat USG ini adalah untuk mengetahui perkembangan janin, memperkirakan berapa usia janin dan memperkirakan kapan kira-kira bayi lahir.

Dalam perkembangannya, alat USG ini semakin cnggih. Kalau dulunya hanya dikenal alat USD 2d (2 dimensi), kini alat USG sudah ada yang 3 dimensi dan 4 dimensi. Bedanya adalah tampilan janin tampak lebih jelas. Sehingga jika ada kelainan pada janin bisa lebih terlihat. Untuk harga alat USG 4D itu sekitar Rp 400 juta sampai Rp 500 ribuan. Anda bisa melihatnya di sini.

  1. Alat bilirubin meter dipakai saat bayi baru lahir. Dengan alat ini bisa dideteksi dini apakah bayi yang baru lahir ini mengalami sindrom bayi kuning atau tidak. Kalau ini wajib dimiliki oleh rumah sakit dan dokter. Sehingga bayi-bayi yang baru lahir pun bisa dicek kadar bilirubinnya.

Nah itulah tadi jenis alat kedokteran ginekologi (https://www.medicalogy.com/c/beli-alat-ginekologi). Keempat alat ini wajib dimiliki oleh rumah sakit bersalin maupun rumah sakit ibu dan anak. Sebab keempatnya akan sering digunakan untuk memeriksa ibu hamil, janin maupun bayi yang lahir.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *