Inilah Penyebab-penyebab Utama Terjadinya Hearing Loss

tuli 2

Hearing loss atau gangguan pendengaran terjadi apabila terdapat masalah pada satu atau beberapa bagian telinga. Percaya atau tidak hearing loss merupakan masalah kesehatan ketiga yang paling umum terjadi di AS. Hampir sebanyak 36 juta orang Amerika melaporkan bahwa mereka mengalami gangguan pendengaran. Kondisi ini pun ternyata dapat mempengaruhi kualitas hidup dan hubungan mereka. Biasanya, hearing loss terjadi secara bertahap karena beberapa penyebab sepele yang tak pernah kita sadari dan hal ini berlangsung secara terus menerus. Oleh karena itu penting bagi kita untuk mengetahui penyebab-penyebab utama yang memicu terjadinya hearing loss. Inilah beberapa diantaranya:

1. Usia Lanjut

Usia lanjut adalah penyebab paling umum dari hearing loss. Hal ini disebabkan karena hilangnya sel-sel rambut bagian dalam telinga secara progresif serta beberapa faktor lainnya seperti kebisingan dan gen atau keturunan. Usia lanjut memang merupakan faktor yang tak dapat dihindari, oleh karenanya selagi masih muda sebaiknya kita selalu menjaga pola hidup sehat agar dimasa tua organ-organ tubuh tetap terjaga.

2. Terus menerus terpapar dengan kebisingan

Paparan jangka panjang terhadap suara yang keras atau kebisingan dapat menyebabkan hearing loss. Hal ini biasanya terjadi di tempat kerja. Berhati-hatilah jika Anda bekerja di dunia militer atau di perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan, manufaktur, pertanian, dan transportasi, karena biasanya pekerja pada bidang-bidang tersebut sudah terbiasa mendengar suara bising setiap harinya. Pakailah alat pelindung telinga untuk menjaga agar telinga tetap sehat sehingga tidak mengalami hearing loss.

3. Cedera atau Trauma Tertentu

Trauma berat yang terjadi pada kepala seperti patah tulang tengkorak dapat membuat tulang telinga tengah terkilir atau menyebabkan kerusakan saraf. Selanjutnya hal ini dapat menyebabkan hearing loss secara permanen. Selain itu tekanan secara tiba-tiba dan cukup keras pada telinga pun dapat menyebabkan hearing loss. Hal ini dikarenakan gendang telinga, telinga bagian tengah, atau telinga bagian dalam dapat mengalami kerusakan akibat tekanan keras tadi.

4. Pengaruh Obat Tertentu

Anda perlu berhati-hati karena ada beberapa obat tertentu yang memiliki efek samping terhadap pendengaran. Kabarnya terdapat lebih dari 200 obat-obatan dan bahan kimia tertentu yang dapat meningkatkan risiko terjadinya hearing loss, disamping efek obat tersebut untuk menyembuhkan penyakit. Beberapa obat yang diduga dapat memicu munculnya hearing loss diantaranya adalah obat kemoterapi, beberapa antibiotik tertentu, aspirin, dan beberapa obat lainnya. Ketika Anda sedang dalam masa pengobatan sebaiknya Anda mengkonsultasikan ke dokter mengenai efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi.

5. Penyakit Kronis

Beberapa penyakit kronis tertentu yang tidak terkait langsung dengan telinga dapat menyebabkan hearing loss. Termasuk diantaranya adalah penyakit jantung, stroke, hipertensi, diabetes, dan penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis. Penyakit-penyakit ini dapat mengganggu aliran darah ke telinga bagian dalam atau otak sehingga pada akhirnya dapat mempengaruhi pendengaran.

6. Mendengarkan Suara yang Terlalu Keras

Pernahkah Anda menonton acara konser secara live dan setelah itu merasakan dengung pada telinga Anda? Hati-hati karena hal ini dapat memicu terjadinya gangguan pendengaran. Tingkat desibel rata-rata pada sebuah acara konser adalah 110 desibel, cukup keras untuk menyebabkan kerusakan pendengaran secara permanen setelahnya. Batasi waktu Anda untuk menonton acara konser yang menghasilkan suara sangat keras ini agar pendengaran tidak terganggu.

7. Headphone atau Earphone

Mendengarkan musik melalui headphone atau earphone memang suatu hal yang sangat menyenangkan terlebih bagi anak-anak muda masa kini. Tetapi sebaiknya jangan lakukan hal ini secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama karena dapat berpengaruh pada pendengaran. Sedikit solusi jika Anda ingin tetap menggunakan headphone atau earphone yaitu dengan mengecilkan volume serta batasi waktu mendengarkan musik agar pendengaran tetap terjaga.

Kini Anda sudah mengetahui beberapa penyebab terjadinya hearing loss. Jagalah selalu kesehatan telinga dan pendengaran agar hearing loss tidak menjadi suatu masalah yang mengganggu kenyamanan hidup Anda. Untuk informasi mengenai alat-alat kesehatan dan informasi kesehatan jangan ragu untuk mengunjungi website kesehatan terpercaya. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *