Inilah Alasan ECG 3 Channel Paling Diminati Di Klinik

Inilah Alasan ECG 3 Channel Paling Diminati Di Klinik – ECG merupakan singkatan dari Electrocardiograph atau dalam bahasa Indonesia sering disebut EKG / Elektrokardiograf merupakan sebuah alat yang digunakan untuk merekam aktivitas jantung dalam waktu tertentu menggunakan elektroda yang diletakkan pada kulit sekitar jantung. Sebelum munculnya ECG 3 Channel terlebih dahulu rumah sakit dan klinik di Indonesia telah menggunakan ECG 1 dan ECG 2 Channel. Kata Channel pada ECG merupakan jumlah grafik yang dapat dicetak pada kertas dalam satu kali pemeriksaan. Dibandingkan para pendahulunya ECG 3 lebih diminati. Inilah beberapa alasannya:

jantung-57f339db2f7a61e807237c5f

  • Desain

Desain dari ecg 3 channel lebih kecil dan ringan. Membuat alat ini mudah dibawa kemanapun oleh paramedis. Seorang paramedis dapat membawa alat ini sendirian untuk memeriksa jantung pasien yang berada di ruang rawat inap. Alat ini dilengkapi hanging untuk mempermudah memindah dan meletakkan ECG 3.

  • Layar

Layar yang ada pada ECG 3 Channel merupakan layar LCD yang berukuran 4.3 inch mempermudah paramedis untuk menkofigurasi parameter. Layar ini juga dapat dilipat sejajar dengan alat atau dinaikkan sampai 90 derajat agar mempermudah paramedis melihat gelombang yang dihasilkan dari pemeriksaan jantung pasien.

  • Printer

ECG 3 channel dilengkapi dengan printer thermal yang mempunyai resolusi tinggi. Printer ini juga dapat disetting sesuai dengan kebutuhan yakni mencetak secara otomatis ataupun manual. Pada kertas thermal yang dihasilkan dapat mencetak 3 Channel dan satu rythem. Hal ini bisa disesuaikan sesuai kebutuhan. Kertas thermal yang digunakan pada ECG 3 Channel lebih lebar daripada ECG 1 dan kertas ini dengan mudah bisa didapatkan dengan harga yang murah.

  • Menyimpan Data

Penyimpanan data yang ada di dalam ECG 3 Channel dapat menyimpan hasil pemeriksaan EKG sampai 200 data. Meskipun begitu  Perangkat ini juga mendukung kartu memori atau SD card untuk menambah daya penyimpanan data pasien.

  • Baterai

Baterei  yang digunakan pada ECG 3 Channel adalah baterei lithium (built in). Jangan khawatir batere pada perangkat ini juga sangat mudah diisi ulang. Sumber energi yang dihasilkan adalah AC / DC.

  • Bahasa

Ada banyak pilihan bahasa yang bisa dipilih untuk memudahkan paramedis saat menggunakannya. Fitur bahasa ini merupakan fitur baru yang tidak terdapat di kedua series sebelumnya.

  • Waktu

11-600x357Jika menggunakan ECG 1 maka paramedis akan mendapatkan hasil pemeriksaan kondisi jantung pasien dengan waktu yang tidak bersamaan karena hanya 1 channel yang dapat di cetak sedangkan untuk mengetahui lebih detail minimal harus mengetahui 3 channel dari 12 channel. Dalam ECG 3 Channel paramedis sudah dapat mencetak beberapa channel secara bersamaan. Tentunya hal ini dapat memepersingkat waktu untuk mendiagnosis keadaan jantung pasien.

  • Harga

ECG 3 Channel dibandrol dengan harga yang lebih murah daripada kompetitornya seperti ECG 6. Memiliki fitur yang hampir sama antara ECG 3 dan ECG 6 tentunya pihak klinik atau rumah sakit akan memilih ECG 3 untuk perlatan medis mereka.

  • Transmisi Data

Pada ECG 3 Channel sudah bisa mentransmisikan data pemeriksaan jantung pasien langung ke komputer. Hal ini memudahkan kerja paramedis untuk dengan cepat menganalisa pemeriksaan yang telah dilakukan terhadap jantung pasien.

  • Kompatibel dengan printer eksternal

ECG 3 channel yang juga memiliki arti peralatan ECG yang dapat mencetak 3 lead atau 3 sisi yang berbeda pada jantung manusia. Sebenarnya ECG bisa menganalisa 12 sisi jantung atau 12 lead dimana 12 sisi jantung merupakan sisi yang lengkap dari jantung manusia. Kompatibel ECG 3 channel dengan printer eksternal dapat mendukung ECG 3 Channel melakukan  pemeriksaan 12 lead pada jantung pasien secara menyeluruh dan  bisa langsung dicetak dalam satu waktu.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *