Fungsi Kulkas Laboratorium yang Perlu Anda Tahu

Fungsi Kulkas Laboratorium

Pernah datang ke laboratorium? Baik laboratorium rumah sakit, laboratorium klinik, laboratorium kesehatan masyarakat atau jenis laboratorium lainnya? Biasanya, ada sebuah benda berbentuk persegi panjang yang teronggok di sana. Benda ini berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan-bahan laboratorium. Ya inilah kulkas laboratorium.

Secara kasat mata, bentuk kulkas laboratorium ini tak beda jauh dengan kulkas yang ada di rumah kita. Paling yang membedakan adalah bentuknya lebih kecil.

Perbedaan lainnya adalah benda yang disimpan di dalamnya. Kalau untuk kulkas rumah tangga yang disimpan adalah barang-barang kebutuhan sehari-hari untuk dikonsumsi, sementara untuk kulkas laboratorium ini fungsinya adalah menyimpan benda-benda kebutuhan laboratorium. Termasuk juga untuk menyimpan plasma darah, vaksin, obat-obatan, maupun benda farmasi lainnya.

Nah menjadi jelas kan sekarang fungsi kulkas laboratorium ini?

Perbedan lain kulkas laboratorium dengan kulkas di rumah kita adalah pada kulkas laboratorium ini harus benar-benar higienis dan dapat diandalkan.

Apa maksudnya?

Artinya kulkas laboratorium ini harus mampu mempertahankan suhu konsisten supaya meminimalkan resiko terkontaminasi bakteri atau benda tersebut mengalami ledakan jika kulkas ini tidak dapat mempertahankan suhu tertentu. Karena itulah kulkas laboratorium harus memiliki standar kualitas yang baik.

Selain itu, kulkas laboratorium ini juga harus memiliki pembagian area untuk mencegah terjadinya kontaminasi antar bahan yang disimpan di dalamnya. Misalnya ketika kulkas lab ini digunakan untuk menyimpan darah dan vaksin.

Jadi jelas di sini fungsi kulkas laboratorium adalah untuk menyimpan benda-benda yang berhubungan dengan kepentingan laboratorium, seperti darah, vaksin, dan sejenisnya.

Jenis Kulkas Laboratorium

Secara umum, dapat dibedakan ada empat jenis kulkas laboratorium, yaitu:

  1. Lemari es lab yang khusus digunakan untuk menyimpan benda-benda eksplosif yang mudah terbakar dan zat kimia berbahaya. Pada kulkas ini dilengkapi dengan sistem yang mencegah terjadinya kebakaran.
  2. Lemari es yang dirancang untuk menjaga suhu stabil dan terdapat alat monitor suhu secara digital untuk memudahkan pemantauan. Inilah kulkas yang banyak digunakan di laboratorium secara umum.
  3. Kulkas untuk menyimpan darah. Pada kulkas jenis ini harus sangat handal. Supaya kualitas darah tetap terjaga dengan baik. Pada kulkas darah ini terdapat beberapa bagian untuk menyimpan jenis darah yang berbeda.
  4. Kulkas kromatografi yang digunakan untuk alat dukung eksperimen penelitian. Kulkas ini digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian.

Temperatur Suhu Kulkas Laboratorium

Biasanya kulkas laboratorium ini beroperasi dari suhu 2°C hingga 10°C, kecuali ada kebutuhan tertentu yang membuat suhu kulkas tidak berada pada level tersebut. Karena itu dalam memilih kulkas untuk laboratorium, pastikan kemampuannya memang dapat dihandalkan. Sebab semakin dingin suhu sebuah kulkas, maka daya yang diperlukan juga makin besar.

Kulkas untuk lab ini juga dilengkapi dengan alat kontrol suhu untuk mengatur tingkat kedinginan sesuai keinginan. Bentuk alat kontrol pendingin kulkas itu ada yang bentuknya biasa dan ada yang berbentuk digital.

Selain itu, biasanya kulkas laboratorium ini juga dilengkapi dengan fungsi anti beku secara otomatis. Dengan demikian, sekalipun pengaturannya pada level paling dingin, namun benda yang disimpan didalamnya tidak akan sampai membeku.

Memilih Kulkas Laboratorium yang Tepat

kulkas laboratorium klinik

Dalam memilih kulkas laboratorium terbaik, Anda bisa pertimbangkan beberapa hal seperti:

1. Ukuran kulkas. Sebab ini bergantung dari space atau tempat yang tersedia di laboratorium. Anda bisa pilih kulkas dengan ukuran yang sesuai di laboratorium Anda.

2. Desain kulkas. Bentuk kulkas perlu dipertimbangan juga. Supaya saat benda ini diletakkan di dalam laboratorium dapat selaras dengan bentuk ruangan secara keseluruhan.

3. Dilengkapi kunci. Kulkas lab sebaiknya pilih yang memiliki kunci. Sebab benda-benda yang terdapat di dalamnya itu penting. Jadi untuk mencegah agar kulkas ini tidak mudah diakses sembarang orang, maka beli kulkas lab yang memiliki kunci.

4. Lihat fitur kulkas. Ada kulkas lab yang dilengkapi alarm untuk mencegah orang yang tidak berhak membuka tempat penyimpanan ini.

Nah, sekarang Anda lebih paham kan mengenai kulkas laboratorium? Apakah ada yang belum Anda mengerti? Bisa kontak langsung Medicalogy.com lewat telepon untuk mendapatkan info lengkap kulkas lab yang Anda butuhkan itu.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *