Faktor Mengejutkan Yang Mempengaruhi Sperma

Meskipun pria memproduksi jutaan sperma dalam sehari ( dibandingkan dengan wanita yang memproduksi 300-400 telur selama masa hidup mereka). Faktor eksternal seperti suhu dapat mempengaruhi kesehatan sperma. Sperma memakan waktu 75 hari untuk menjadi dewasa, dan mungkin dapat  mempengaruhi kesuburan anda.

Berikut  faktor mengejutkan yang dapat mempengaruhi sperma:

1. Terlalu Panas

ilustrasi-suhu-panas_20160725_145035

Testis manusia tidak dapat berfungsi dengan baik kecuali jika mereka dapat lebih dingin dari pada bagian tubuh lainnya. Beruntunglah, anatomi pria dirancang untuk menciptakan jarak antara testis dan suhu tubuh inti. Jika suhu testis meningkat menjadi 98 derajat, produksi sperma berhenti, menurut Hal Danzer, MD, spesialis kesuburan di Los Angeles. Saat produksi terganggu, sperma dapat terkena dampak negatif selama berbulan-bulan.

Tetapi jika suhu panas tidak mempengaruhi pada kemampuan reproduksi pria bisa saja jumlah keseluruhan sperma bisa lebih rendah , begitu juga  motilitas dan morfologi.

2.  Jacuzzi Berisikan Air Panas

a

Ada banyak kebenaran dalam mitos tentang bak air panas yang mencegah kehamilan. “Panas dan basah” tidak baik untuk testis, dan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2007, bahkan 30 menit dijacuzzi / bak mandi air panas dapat mengurangi produksi sperma sementara. Namun penelitian ini juga menunjukkan bahwa efek negatif dari air panas ini pada sperma mungkin reversibel.

Dr. Shin membantah bahwa paparan air panas tersebut dapat mempengaruhi sperma pria untuk waktu yang sangat lama. Karena sperma butuh waktu lama untuk dewasa. “setiap intervensi biasanya akan memakan waktu setidaknya tiga, atau enam sampai sembilan bulan untuk menunjukkan manfaatnya,” katanya.

3. Demam

b

Demam tinggi dapat memiliki efek yang sama dengan panas basah pada sperma pria dengan efek abadi yang sama. Dan tergantung pada waktu dalam proses produksi sperma, konsentrasi sperma bisa turun hingga 35% setelah demam, menurut sebuah penelitian tahun 2003.

4. Laptop

d

Dapatkah komputer laptop benar-benar mempengaruhi kemampuan pria untuk bereproduksi? Menurut peneliti di State University of New York di Stony Brook, ada korelasi langsung antara penggunaan laptop dan peningkatan suhu skrotum hingga 35˚ pada posisi tertentu.

Peningkatan ini memiliki efek berbahaya yang terdokumentasi dengan baik pada spermatogenesis (proses pembentukan gamet jantan), jadi jika Anda mencoba untuk hamil, tinggalkan laptop di atas meja.

5. Menggunakan Celana ketat

e

Menurut Anda mengapa orang Skotlandia membenci kesuburan mereka? “Ini membunuh mereka” kata Dr. Wharton, meskipun ia mengakui perbedaan antara celana boxer dan celana ketat biasanya tidak cukup bagus untuk mendapat perubahan jumlah sperma.

“celana boxers lebih baik dari pada celana ketat, jika jumlah sperma pria berada di sisi yang rendah. Tapi itu mungkin sedikit berpengaruh jika jumlah sperma normal,” kata Dr. Danzer.

Namun, mengenakan celana pendek ketat untuk jangka waktu lama adalah ide yang buruk juga, Dr. Wharton menambahkan. Semakin sedikit celana pria, semakin tidak ramah lingkungan yang ia ciptakan untuk produksi sperma.

6. Varicose Vains

f

Sekitar 15% pria memiliki varikokeles, atau pembesaran varises di skrotum, biasanya di testis kiri. Ketika seorang pria mengalami jumlah sperma yang rendah, dokter mungkin menyarankan perbaikan varikokel, sebuah prosedur yang memperbaiki varises pembesaran di skrotum melalui pembedahan atau melalui embolisasi perkutan, prosedur nonsurgical menggunakan kateter.

Meskipun tidak jelas, varikokele dapat mengganggu produksi sperma dengan mengganggu aliran darah, terlalu panas pada skrotum, atau menyebabkan darah naik kembali di pembuluh darah yang memasok testis. Meskipun ada sedikit bukti bahwa kesuburan membaik setelah embolisasi varikokel, beberapa dokter yakin pembedahan dapat memperbaiki kualitas sperma.

9. Handphone

man-cellphone-tablet-fb

“Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa pria dengan penggunaan telepon seluler tertinggi (lebih dari empat jam per hari) memiliki jumlah sperma, motilitas, dan morfologi yang jauh lebih rendah (bentuk normal),” kata Dr. Shin.

Dia merekomendasikan pasien membawa telepon mereka di tas kerja mereka daripada kantong untuk membatasi paparan radiasi.

Namun, karena penelitiannya kecil, beberapa dokter tidak setuju. “Saya tidak menyarankan seorang pria untuk membawa microwave di saku depannya,” kata Dr. Wharton. “Tapi sebaliknya, itu bukan masalah.”

10. Obesitas

g

“Obesitas dikaitkan dengan peningkatan produksi estrogen, penurunan jumlah sperma, disfungsi seksual, dan ketidaksuburan,” kata Daniel A. Potter, MD, dari Huntington Reproductive Center di California, yang merupakan rekan dari American College dari Obstetricians and Gynecologists.

Dibandingkan dengan pria normal dan kelebihan berat badan, pria subur obesitas telah mengurangi fungsi testis dan secara signifikan menurunkan jumlah sperma, menurut sebuah penelitian 2009 oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Meskipun obesitas mengurangi jumlah sperma, hanya tingkat ekstrim obesitas yang dapat mempengaruhi potensi reproduksi pria secara negatif, menurut sebuah penelitian tahun 2009.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *