Cara Memilih alat CPAP yang Baik dan Benar untuk Sleep Disorder

CPAP

Continuos Positive Airway Pressure (CPAP) merupakan sebuah mesin yang memberikan tekanan udara melalui masker yang ditempatkan di atas hidung dan/atau mulut saat tidur. CPAP adalah suatu pengobatan non-bedah yang juga dinilai paling efektif untuk obstructive sleep apnea. CPAP banyak digunakan oleh orang yang memiliki masalah pernafasan maupun penderita sleep apnea. CPAP telah terbukti efektif dalam mengurangi bahkan mencegah terjadinya sleep apnea. Selain itu, dengan penggunaan CPAP akan mengurangi bahkan menghilangkan dengkuran. Berkurangnya apnea tidur akan berdampak besar pada kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat, fokus terhadap pekerjaan dan mengurangi kantuk pada saat beraktivitas. Selain itu dampak positif yang didapat dari penggunaan alat CPAP ini adalah mencegah tekanan daranh tinggi.
Selain digunakan oleh penderita sleep apnea, alat ini juga dapat digunakan untuk bayi yang lahir dalam kondisi prematur, dimana pada bagian paru – paru bayi belum berkembang.
Selanjutnya untuk pengobatan ini, garpu lembut akan ditempatkan dalam lubang hidung bayi prematur tersebut. Alat Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) ini akan dengan lembut meniupkan udara ke dalam hidung bayi tersebut. Dengan demikian bisa membantu menjadikan organ paru-paru menjadi mengembang, dengan demikian bisa untuk meningkatkan kelangsungan hidup bayi tersebut.

Lalu, apakah ada efek samping dari penggunaan alat ini?
Penggunaan Continuos Positive Airway Pressure (CPAP) ini tidak menimbulkan efek yang berbahaya bagi pengguna untuk yang menggunkannya. Mungkin ada sebagian orang yang menilai jika pemberian tekanan bisa mengganggu organ paru – paru, bahkan dinilai jika lama kelamaan akan menjadikan organ paru – paru menjadi pecah. Namun, Anda jangan khawatir sebab alat ini telah dilengkapi dengan pengatur tekanan yang mempunyai batas tertentu hanya untuk mejaga supaya saluran pernafasan tetap terbuka. Dengan demikian alat ini tidak memiliki efek samping yang membahyakan organ paru – paru dari pemakainya.

CPAP

Bagaimanakah cara memilih alat CPAP yang baik sesuai untuk sleep disorder?

Berikut ini beberapa cara memilih CPAP yang sesuai untuk sleep disorder :

1. Jangan memilih ukuran masker yang salah
Jika Anda akan berencana menggunakan alat ini, sebaiknya Anda berkonsultasi untuk bisa mendapatkan masker yang sesuai dengan Anda. Karena setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda, sehingga ukuran masker yang digunakan orang lain belum tentu cocok untuk Anda.
2. Kesulitan untuk membiasakan diri untuk penggunaan CPAP
Pertama, sebaiknya Anda coba menggunakan masker hanya untuk jangka waktu singkat, misalnya pada saat Anda menonton TV. Kemudian coba kenakan masker dan selang dengan perangkat dihidupkan pada siang hari. Setelah Anda terbiasa mulailah menggunakan CPAP setiap saat dan Anda akan terbiasa dengan penggunaannya. Gunakan masker untuk beberapa minggu atau lebih untuk melihat apakah masker cocok dengan Anda.
3. Kesulitan udara
Anda mungkin dapat mengatasinya dengan menggunakan alat dengan fitur “ramp”. Pengaturan ini akan memungkinkan Anda memulai dengan tekanan udara rendah. Mesin akan secara otomatis dan perlahan meningkatkan tekanan udara ke pengaturan yang ditentukan saat Anda tertidur. Jika fitur ini tidak membantu Anda dapat konsultasi dengan dokter untuk mengganti alat.

4. Pilih yang tidak menyebabkan hidung kering dan pengap
Periksalah apakah masker yang Anda gunakan cocok untuk Anda. Masker yang bocor akan menyebabkan masalah pada hidung Anda. Perangkat CPAP yang dilengkapi dengan pelembab udara panas juga bisa menjadi penyebab masalah pada hidung Anda. Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan kebutuhan Anda sebelum menggunakan alat ini.

5. Merasa klaustrofobik
Anda perlu banyak berlatih menggunaka masker pada saat kondisi terjaga. Pertama, pegang masker dengan tangan Anda. Setelah Anda merasa nyaman, cobalah dengan menggunakan masker dengan tali pengikat yang ada pada alat tersebut. Selanjutnya, coba pegang topeng dengan selang yang terpasang di wajah Anda, tanpa menggunakan tali pengikut. Nyalakan dengan mesin CPAP, mungkin Anda dapat menggunakan fitur “ramp” yang dihidupkan. Cobalah tidur dengan masker dan mesin menyala. Latihan relaksasi, seperti relaksasi otot progresif, dapat membantu kecemasan Anda terkait penggunaan alat ini.

Berikut ini beberapa kelebihan yang dapat Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jenis masker yang tepat :

cpap1. Masker Hidung (Nasal Mask)
Masker hidung ini hanya digunakan untuk menutupi bagian hidung saja. Alat ini berbentuk segitiga, dilapisi bantalan silikon sehingga lebih nyaman saat digunakan. Masker hidung ini menjadi pilihan yang banyak dipilih karena tersedia dalam berbagai ukuran. Masker ini mejadi pilihan yang tepat bagi Anda yang bernafas hanya melalui hidung.
2. Masker Hidung dan Mulut (Full face mask)
Masker hidung dan mulut menutupi area hidung dan mulut disertai dengan tali pengikat yang membuat masker tidak bergeser dari posisinya. Penggunaan masker ini cocok bagi pengguna yang bernafas melalui mulut. Bagi pengguna yang membutuhkan udara dengan tekanan tinggi, masker tipe ini yang paling tepat untuk digunakan. Akan tetapi, juga membuat lebih rentan terjadi kebocoran udara keluar. Masker bantalan hidung ini membuat pengguna merasa lebih bebas sehingga dapat tidur dengan lebih nyaman. Akan tetapi, jika Anda menggunakan tekanan yang cukup tinggi, Anda akan merasa kurang nyaman dikarenakan udara yang masuk langsung ke dalam hidung dengan tekanan cukup tinggi. Penggunaan yang kurang tepat dapat menyebabkan hidung kering dan berdarah.
3. Masker Bantalan Hidung (Nasal pillows)
Maskeri ini merupakan salah satu jenis masker yang memiliki bagian seperti headphone yang dimasukkan langsung ke dalam kedua lubang hidung. Model ini paling disukai bagi pengguna yang menginginkan desain sederhana dan lebih sedikit mengenai area wajah.

Untuk mendapatkan produk ini Anda dapat mengunjungi website medicalogy.com, Anda juga bisa mendapatkan produk – produk kesehatan lainnya maupun info terbaru tentang kesehatan.(sr)

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *