Cara Pemasangan Kabel EKG pada Alat EKG 12 Channel

Cara Pemasangan Kabel EKG pada Alat EKG 12 Channel – EKG atau elektrokardiografi merupakan suatu pemeriksaan dengan melakukan perekaman gelombang elektrik di jantung. Pemeriksaan ini dilakukan dengan memasang elektroda pada bagian dada dan kaki untuk perekaman 12 lead. 12 lead merupakan jumlah arah gelombang elektris di jantung. Alat EKG menghasilkan sebuah gambaran gelombang elektris pada jantung. Ada beberapa seri alat EKG yaitu ECG 1 channel, 3 channel, 6 channel dan 12 channel. Perbedaan keempat seri terletak pada ukuran kertas yang dihasilkan dan teknologi yang mendasarinya. ECG 1 channel menghasilkan kertas berukuran 5 cm. Ukuran ini merupakan ukuran yang paling kecil dibandingkan dengan ECG seri lain. ECG 3 channel memiliki kertas dengan lebar 8 cm, lebar kertas ECG 6 channel adalah 11 cm dan kertas paling lebar dimiliki ECG 12 channel dimana kertas memiliki lebar 22 cm.

Perbedaan keempat seri ECG juga terletak pada kecepatan dan teknologi untuk membaca gerak jantung. Dukungan teknologi dan kecepatan yang dimiliki ECG 12 adalah yang paling bagus dibandingkan ketiga seri lainnya. ECG 12 channel juga lebih akurat, meski begitu alat ECG akan menjadi yang sempurna jika didasari pada kebutuhannya karena masing-masing seri memiliki keunggulannya masing-masing.

tes-ekg

Alat ECG seri 1 channel merupakan yang termurah dibandingkan tiga seri lain. Beberapa fitur yang diusung oleh seri ini adalah fitur pilihan print otomatis atau manual, LCD sreen berwarna 4.3 inch dan support SD card. LCD dapat digunakan untuk melihat hasil grafik ECG dan anda bisa menyimpan data EKG menggunakan SD card.

ECG seri 3 channel adalah seri yang dikeluarkan setelah 1 channel. Ukuran kertas yang dimiliki ECG 3 channel lebih lebar dari seri sebelumnya. Fitur pendukung untuk mempermudah user juga ditambahkan. ECG seri ini lebih user friendly dan ergonomis dari seri sebelumnya. Beberapa produsen produk ini menambahkan fitur tambahan seperti calculation, automatic analysis dan waveform review. Serupa dengan seri sebelumnya hasil perekaman ECG 3 channel dapat dilihat di LCD dan dapat disimpan. ECG 6 channel tidak banyak berbeda dengan seri sebelumnya, harga yang ditawarkan ECG 6 channel juga lebih tinggi dari seri sebelumnya. ECG 6 channel memiliki ukuran kertas 11 cm, dimana ukuran ini lebih lebar dari kertas yang dimiliki ECG 3 channel.

ECG 12 channel atau ECG recording 12 channel memiliki fitur yang lebih canggih dari seri sebelumnya. ECG ini telah memiliki layar touch screen dengan menu yang lengkap sehingga lebih mudah dan nyaman digunakan. Alat ini lebih memudahkan profesional medis untuk melakukan perekaman gelombang jantung pasien. Kertas yang dimiliki memiliki lebar yang serupa kertas A4. Ukuran yang lebar dari seri sebelumnya ini dapat memudahkan pengarsipan data. Data yang dihasilkan juga bisa lebih lengkap dan detail serta bisa menghemat kertas. EKG 12 channel di klaim sebagai perekam jantung yang paling cepat dan akurat dibandingkan seri lainnya. Profesional medis hanya memerlukan sekali proses pemeriksaan untuk mendapatkan hasil. Hasil yang diperoleh meliputi gerak jantung pada waktu yang sama.

carewell-medi-ecg-12-channelPenggunaan elektrokardiogram tidak bisa sembarang dilakukan. Perekaman hanya bisa dilakukan jika sesuai dengan indikasi atau adanya instruksi dari dokter. Terdapat beberapa alat yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perekaman antara lain mesin EKG, 10 lead EKG dimana harus terhubung medin, elektroda EKG, pisau cukur, water based gel dan alkohol.  Pada saat pemasangan lead harus sesuai dengan urutan pemasangan sehingga tidak terjadi kesalahan interpretasi data.

Pemasangan kabel EKG untuk semua seri kurang lebih sama seperti dibawah ini :

  1. Pastikan posisi pasien terlentang datar
  2. Minta pasien untuk melepaskan aksesoris bahan logam yang dikenakan pasien seperti jam tangan atau gelang
  3. Longgarkan pakaian bagian atas pasien
  4. Menggunakan kapas, bersihkan kotoran di bagian dadam kedua tungkai dan kedua pergelangan tangan
  5. Aplikasikan jelly di permukaan elektroda
  6. Pasang manset eletroda di beberapa bagian antara lain kedua pergelangan tangan dan kedua tingkai.
  7. Pasang arde dan hidupkan monitor EKG
  8. Sambungkan kabel EKG pada pergelangan tangan dan kaki untuk rekamanan ekstremitas lead. Beberapa warna yang perlu diperhatikan antara lain warna hijau pada kaki kiri dan warna hitam pada kaki kanan, warna kuning di pergelangan tangan kiri dan merah di pergelangan tangan sebelah kakan. Pasang elektroda dada yang bertujuan untuk merekam precardial lead.
  9. Kalibrasi dengan kecepatan 25 ml/detik
  10. Jika hasil rekaman telah lengkap, lepas elektroda dari tubuh pasien dan bersihkan.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *