Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Perempuan

Seorang anak perempuan cenderung memiliki keberanian dan rasa percaya diri yang tinggi ketika masa kanak-kanak. Lambat laun saat beranjak tumbuh dewasa, mereka mulai memikirkan pandangan atau penilaian yang berasal dari luar diri mereka. Jika penilaian yang diperoleh mengenai hal-hal meyangkut diri anak perempuan Anda berupa sudut pandang negatif, hal ini dapat menimbulkan berkurangnya rasa percaya diri dalam diri sang anak. Jika terus dibiarkan, tentu saja akan berpengaruh buruk pada perkembangan anak perempuan Anda yang nantinya akan memacu timbulnya krisis percaya diri.

Ketika anak mengalami krisis kepercayaan diri, mereka cenderung menjadi tertutup. Hal itu dapat menyebabkan denyut jantung tinggi karena tegang dan stres yang menimpa mereka. Tentu setiap orang tua tidak ingin hal tersebut terjadi pada buah hati mereka. Lalu bagaimanakah cara menghindarinya sehingga anak perempuan Anda memiliki rasa percaya diri? Berikut terangkum 12 hal yang bisa diterapkan untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak perempuan.

Penerimaan bentuk tubuh

2

Ketika menginjak usia remaja, anak perempuan mulai memerhatikan dan membandingkan penampilan fisik mereka dengan teman sebayanya atau model yang mereka lihat. Mereka terpengaruh dengan lingkungan sekitarnya. Namun, terkadang suatu penilaian datang dari dalam lingkungan keluarga sendiri. Oleh karena itu, bagi para orang tua jangan pernah mengatakan bahwa tubuh anak perempuan Anda terlalu gemuk, terlalu kurus, terlalu tinggi, atau berbagai bentuk perkataan lainnya yang menilai dari bentuk fisik. Hindari perkataan-perkataan tersebut karena dapat mempengaruhi penilaian mereka akan diri sendiri, dan juga dapat mengurangi rasa percaya diri mereka.

Memfilter media

3

Buatlah anak perempuan Anda mengerti atau memahami untuk menyaring informasi yang mereka peroleh, baik dari media elektronik maupun media cetak dengan tidak menerimanya secara mentah-mentah. Apalagi di era teknologi seperti sekarang dimana dengan mudahnya informasi bisa diperoleh melalui internet. Contohnya adalah  ketika anak perempuan Anda melihat iklan atau program-program acara yang memperlihatkan standar kecantikan, beritahu mereka bahwa apa yang mereka lihat dan dengar mengenai penampilan fisik setiap orang tidak bisa disamakan. Seperti yang tergambar dalam quotes dari Edward Young yang diterjemahkan dalam bahasa indonesia mengungkapkan bahwa, kita semua terlahir original, tidak perlu untuk bersusah payah meniru orang lain. Setiap orang memiliki keunikan sendiri tanpa didasari atas suatu standar.

Jangan membesarkannya menjadi seorang pemohon

4

Dorong anak perempuan Anda memberikan suaranya sendiri, untuk mengetahui apa yang mereka inginkan dan dapat menentukan pilihan. Terlalu memanjakan akan membuat anak perempuan Anda sangat tergantung pada Anda, sehingga  mereka tak dapat mandiri dalam melakukan suatu hal demi perkembangannya atau kebaikannya sendiri.

Masuk ke dalam tim olahraga

5

Bergabung dalam sebuah tim olahraga selain dapat memperluas jaringan pertemanan anak perempuan Anda, juga dapat memberikan dampak kebugaran dan kesehatan. Berdasarkan penelitian, terbukti bahwa anak perempuan yang ikut menjadi bagian tim olahraga memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Oleh karena itu, sejak dini ajaklah mereka untuk mengikuti kegiatan-kegiatan olahraga.

Jangan meminjam pakaian anak perempuan Anda

6

Bagi para ibu yang memiliki ukuran pakaian yang sama dengan anak perempuannya, sebaiknya jangan meminjam atau menentukan gaya pakaian secara detail untuk anak Anda. Biarkan mereka berekspresi sesuai dengan keinginan mereka. Masalah yang timbul dari menggunakan pakaian anak perempuan adalah ketika sang ibu memiliki wajah yang masih muda, cantik, atau lebih langsing dari anaknya. Ditambah ucapan tetangga atau lingkungan sekitar yang mengatakan hal serupa, hal ini dapat menyebabkan rasa rendah diri dalam diri sang anak karena tidak memiliki penampilan seperti ibunya.

Mengarahkan pujian jauh dari menyangkut penampilan

7

Sekali dua kali memberikan pujian mengenai penampilan anak Anda boleh-boleh saja untuk dilakukan. Namun, imbangilah dengan memberikan pujian atau penghargaan di luar penampilan luar mereka. Seperti dengan cara memuji kerja keras, prestasi, dan usaha mereka. Dengan melakukan hal itu dapat membuat mereka semakin termotivasi untuk mengejar sasaran mereka.

Membantunya membangun keterampilan

8

Dorong anak Anda untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan mereka, seperti kursus piano, musik, teater, dsb. Hal yang harus dicatat, biarkan anak perempuan Anda yang menentukan kegiatan apa yang ingin diikutinya. Jangan memaksakan suatu kegiatan ketika anak Anda ternyata tidak memiliki ketertarikan pada bidang yang Anda harapkan mereka kuasai. Dengan melakukan itu, hanya membuat anak perempuan Anda merasa tertekan demi mengikuti ekspetasi orang tuanya.

Menghabiskan waktu bersama

9

Luangkanlah waktu untuk mendengarkan atau jika anak perempuan Anda bukan tipe yang terbuka, tanyakanlah mengenai kegiatannya di sekolah. Misalnya tanyakan bagaimana teman-temannya dan pelajaranya di sekolah. Lalu, untuk para ibu bisa juga menghabiskan waktu berbicara sambil memulai perawatan diri bersama anak perempuannya, seperti menggunakan peralatan manicure dan sauna. Dengan melakukan kegiatan bersama, maka akan lebih mendekatkan Anda dengan anak perempuan Anda.

Berikanlah pujian atas kerja keras daripada prestasi

10

Setiap orang tua merasa senang memiliki anak yang berprestasi. Namun, hal yang paling utama yang patut diapresiasi adalah usaha yang telah mereka lakukan. Berikanlah pujian sehingga mereka termotivasi dan merasa percaya diri karena kedua orang tua mendukung apa yang mereka lakukan.

Hindari ejekan

A-happy-Family-with-thumbs-up

Terapkanlah aturan pada keluarga Anda tak boleh ada kalimat-kalimat umpatan atau ejekan yang dapat menyakiti perasaan anggota keluarga, begitu juga dengan orang lain. Seringkali terjadi pertengkaran kecil sesama saudara yang tanpa sadar saling mengeluarkan ejekan-ejekan. Oleh karena itu, kedua orang tua harus terus mengingatkan anak-anaknya dan membangun hubungan keluarga yang harmonis.

Jangan memperlakukan anak perempuan Anda seperti tak berdaya

12

Seorang ayah cendrung memanjakan serta memperlakukan anak perempuan seakan-akan mereka rapuh dan harus selalu dibantu, perlakuan yang berbeda dari anak lelaki. Siapa yang tak suka dimanja oleh kedua orang tuanya? Setiap anak pasti mengharapkan hal tersebut dari kedua orang tua mereka. Namun, jangan memanjakan mereka sepanjang waktu. Ada saatnya Anda harus mendorong mereka untuk bisa lebih mandiri. Ajarkan pada mereka bahwa mereka memiliki suara dan memiliki kemampuan. Dorong anak perempuan Anda supaya keluar dari zona nyamannya.

Pastika dia mengetahui bahwa Anda menyayanginya tak peduli apapun yang terjadi

13

Buatlah anak perempuan Anda menyadari bahwa Anda akan mendukung dan akan selalu menyayangi mereka. Dukungan keluarga adalah hal yang sangat penting bagi anak perempuan . Hal tersebut akan membuat mereka menyadari bahwa keluarga selalu ada di pihaknya.

Itulah ke-12 hal yang dapat diterapkan para orang tua untuk membantu meningkatkan rasa percaya dalam diri anak perempuannya. Jika sebagian besar hal-hal yang ada di atas sudah Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari, itu merupakan suatu pertanda yang baik untuk pengaruh perkembangan anak perempuan Anda. (Ada)

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *