Cara Menggunakan Urine Bag dalam Tindakan Urostomy

Penggunaan Urine Bag dalam Tindakan Urostomy – Tindakan urostomy merupakan pembuatan lubang di dinding perut yang dilakukan dengan operasi. Hal ini digunakan untuk mengarahkan urin menjauhi kandung kemih karena kandung kemih terkena penyakit atau tidak bekerja sebagaimana mestinya. Kandung kemih dapat dilewati atau diangkat. Operasi untuk mengangkat kandung kemih disebut kistektomi. Setelah operasi urostomy, urin dilewatkan keluar dari tubuh melalui sebuah lubang di perut yang disebut stoma. Perawat luka Ostomy Continence (perawat WOCN atau WOC) atau ahli bedah akan mencari tahu lokasi terbaik untuk stoma pasien. (Perawat WOC adalah seorang tenaga medis terdaftar yang terlatih khusus untuk mengurus dan mengajarkan pasien ostomy. Petugas medis ini juga dapat disebut perawat ostomy.) Stoma dapat terlihat berwarna merah muda hingga merah dan lembab serta mengkilap. Bentuk stoma adalah bulat sedikit oval. Bentuk stoma akan menyusut dari waktu ke waktu setelah operasi. Beberapa stoma mungkin sedikit menonjol, sementara yang lain rata dengan kulit.

Urostomy terkadang perlu untuk dilakukan. Urostomy bukanlah penyakit, tetapi perubahan cara tubuh pasien bekerja. Sebuah pembedahan dilakukan untuk mengubah cara urin keluar dari tubuh. Operasi urostomy dilakukan ketika penyakit dan kondisi tertentu menyebabkan masalah kandung kemih yang serius. Jika ada kanker di dalam kandung kemih, seluruh atau sebagian dari kandung kemih dapat diangkat dan urin dibelokkan melalui urostomy. Tindakan dilakukan untuk menyembuhkan kanker.

urine-bag-sr-82003Beberapa orang lebih mudah untuk mengelola urostomy daripada menggunakan kandung kemih yang rusak yang mungkin telah disebabkan oleh sesuatu seperti cacat lahir, operasi, atau cedera tulang belakang. Masalah kandung kemih sering dikaitkan dengan ketidakmampuan seseorang dalam mengontrol aliran urine dan mereka mengompol. Ini bisa memalukan dan basah terus-menerus yang dapat menyebabkan masalah kulit. Beberapa anak dilahirkan dengan keadaan saluran kemih yang tidak sempurna. Hal ini menyebabkan urine untuk kembali ke ginjal dan menyebabkan infeksi kronis. Pembedahan urostomy pada anak-anak akan membuat jalur untuk urin agar dapat keluar dengan mudah, tanpa penyumbatan atau penghalang. Hal ini memungkinkan ginjal untuk bekerja dengan sangat baik.

Ketika pasien bersiap-siap untuk melakukan operasi perut, dokter dan/atau perawat ostomy akan menjelaskan proses dan melihat perut pasien untuk menemukan lokasi terbaik pembentukan stoma. Pasien mungkin diminta memakai sampel kantong untuk memastikan bahwa tempat yang dipilih berada di permukaan paling datar. Hal ini juga memungkinkan pasien untuk tetap merasa nyaman dengan semua posisi. Pasien sebaiknya berbicara dengan dokter, jika memiliki hobi atau kebiasaan yang mungkin akan terpengaruh oleh penempatan kantong.

CaptureBerbicara dengan seseorang yang telah melalui pengalaman yang sama juga dapat membantu. Di Amerika, pasien dapat mencari program pengunjung ostomy di daerahnya. Ini adalah program yang cocok untuk pasien dan relawan dari Amerika Ostomy Association of America. Relawan akan menunjukkan orang yang telah melalui pengalaman urostomy dimana  mereka telah beradaptasi dengan baik terhadap perubahan yang dibawa. Ia dapat menjawab banyak pertanyaan tentang kehidupan sehari-hari. Pasien di Amerika sangat mungkin merasa menjadi bagian dalam sebuah kelompok pendukung ostomy. Sebuah kelompok pendukung akan memungkinkan pasien untuk saling berbagi perasaan dan mengajukan pertanyaan ketika pulih dan menyesuaikan diri dengan urostomy pasien. Pasien juga dapat berbagi cerita dengan orang lain yang dapat dibantu dengan pengalamannya.

Pasien tidak akan dapat memulai atau menghentikan urine keluar melalui stoma, sehingga pasien akan memerlukan kantong untuk mengumpulkan urin yang keluar. Tidak ada ujung saraf di stoma, sehingga itu tidak akan menjadi sumber rasa sakit atau ketidaknyamanan. Urine bag adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyimpan urin, namun ini hanya bersifat sementara. Urine bag berbentuk leg tas yang diikat ke kaki bagian atas, atau tas drainase yang biasanya digunakan saat pasien di tempat tidur atau di kursi roda. Banyak urinal bag merupakan drainable yang memungkinkan pasien kencing menggunakan tas untuk jangka waktu. Ketika urin bag tidak lagi bisa digunakan atau tidak higienis, maka urine bag akan dibuang. Beberapa merk urine bag memungkinkan untuk digunakan kembali.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *