Jenis-Jenis Kursi Roda

Jenis-Jenis Kursi Roda – Sebagian besar orang pasti sudah paham betul apa fungsi dari kursi roda. Kursi roda biasanya digunakan oleh mereka yang memiliki keterbatasan atau ketidakmampuan dalam berjalan, seperti cacat, cedera, sakit, lemah, dan lain sebagainya. Hampir setiap rumah sakit pasti memiliki alat kesehatan ini untuk membantu setiap pasiennya. Bahkan sekarang, alat ini juga banyak dimiliki secara pribadi oleh seseorang yang memiliki keterbatasan untuk membantu melakukan aktifitas.

Jika anda juga berniat membeli kursi roda caranya sangat gampang. Anda hanya cukup mengunjungi toko alat kesehatan di kota anda dan pilih kursi roda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Mengingat jenis kursi roda sangat banyak dan harganya juga bervariasi. Untuk lebih lengkapnya berikut beberapa jenis kursi roda yang bisa anda pilih :

Jenis Kursi Roda

  1. 1. Kursi Roda Manual

Kursi roda manual merupakan salah satu jenis yang paling banyak digunakan. Alat ini biasanya digunakan dengan cara didorong oleh pendamping atau juga bisa digerakkan sendiri oleh pengguna menggunakan dorongan tangan. Harga untuk kursi roda manual umumnya jauh lebih murah daripada jenis lainnya, yakni sekitar di bawah satu jutaan. Maka tak heran jika pengguna jenis kursi roda ini sangat banyak dan dapat ditemukan di berbagai tempat.

  1. Kursi Roda Elektrik

kursi roda elektrik

Selain kursi roda manual, ada juga kursi roda elektrik. Kursi roda ini lebih mudah digunakan, karena pengguna tidak perlu mendorongnya secara manual. Alat ini dapat berjalan sendiri dengan sistem pengendali elektronik. Sebenarnya alat ini dirancang untuk digunakan oleh mereka yang memiliki masalah jantung, pernapasan, atau kemampuan motorik yang terbatas. Jika dibandingkan dengan kursi roda manual, jelas kursi roda elektrik dibandrol dengan harga yang jauh lebih mahal.

  1. Kursi Roda Untuk Olahraga

kursi roda olahraga sport

Memiliki kekurangan atau ketidakmampuan berjalan bukalah penghalang untuk berolah raga. Hal inilah yang kemudian menginisiasi para produsen alat kesehatan untuk menciptakan kursi roda yang dapat digunakan untuk berolah raga. Kursi roda ini telah didesain sedemikian rupa sehingga penggunanya dapat melakukan olahraga dengan baik. Beberapa olah raga yang dapat dilakukan menggunakan jenis kursi roda ini adalah balap lintasan, basket, tenis, dan lain sebagainya.

  1. Kursi Roda Dapat Berdiri

kursi roda berdiri standing wheelchair

Kursi roda berdiri didesain sedemikian rupa sehingga si pengguna dapat terangkat pada posisi yang lebih tinggi. Mekanisme pengangkatan dilakukan dengan menggunakan sistem hidrolik.

  1. Kursi Roda Bariatric

kursi roda bariatrik

Selanjutnya ada kursi bariatric. Kursi roda ini khusus dirancang bagi mereka yang mengalami obesitas. Jika umumnya kursi roda biasa hanya bisa menahan beban antara 125 hingga 150 kg, maka kursi roda bariatric dapat menahan beban hingga 500 kg.

  1. Kursi Roda Pediatrik

kursi roda pediatrik

Selain kursi roda bariatric, ada juga kursi roda pediatric. Kursi roda ini sengaja didesain dengan ukuran yang lebih kecil. Baik sandaran maupun dudukan juga dapat diatur sesuai dengan kebutuhan. Kursi roda ini khusus didesain untuk digunakan oleh anak-anak, terutama yang mengidap cerebral palsy.

  1. Kursi Roda Pantai

kursi roda pantai

Terakhir ada jenis kursi roda pantai. Kursi roda ini diciptakan untuk membantu para pengguna kursi roda untuk dapat berjalan diatas pasir pantai. Salah satu bagian yang paling mencolok pada kursi roda adalah bagian roda yang dibuat sangat lebar sehingga mengurangi resiko terbenam dalam pasir.

Bagaimana cukup banyak bukan jenis kursi roda? nah, jika anda tertarik membeli kursi roda pilihlah kursi roda sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Mengingat jenis kursi roda sangat banyak dan harganya pun juga bervariasi. Selain itu belilah kursi roda di toko alat kesehatan atau distributor alat kesehatan terpercaya di kota anda.

Salah satu distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai alat kesehatan termasuk kursi roda adalah medicalogy. Medicalogy merupakan distributor online alat kesehatan terlengkap, dan termurah di Indonesia. Meskipun pembelian secara online, namun berbagai alat kesehatan yang dijual disini sudah terjamin kualitas dan kuantitasnya. Terlebih berbagai alat kesehatan yang dijual berasal dari merk-merk berkualitas, telah terdaftar di Direktorat Bina Produksi dan Distribusi Alat Kesehatan Kementrian Kesehatan, serta bergaransi.

Ayo, tunggu apalagi, segera penuhi alat kesehatan anda dengan berbelanja di Medicalogy.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *