Bagaimanakah Cara Memilih Kursi Roda yang Sesuai?

kursi-roda-alumunium-fs-955-L-gea-jual-beli-harga-cari

Sebagai alat bantu yang digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan berjalan menggunakan kaki baik dikarenakan oleh penyakit maupun cedera, kursi roda memiliki berbagai jenis sesuai kebutuhan. Alat bantu ini  digunakan untuk membantu mobilitas pemakainya, baik didalam maupun di luar ruangan. Pemakaiannya bisa digerakan dengan cara didorong oleh orang lain, digerakan dengan menggunakan tangan, maupun dengan menggunakan mesin otomatis. Setiap pasien memiliki keterbatasan dan kebutuhan yang berbeda satu sama lainnya. Oleh karena itu, untuk memilih kursi roda yang sesuai maka sebelumnya harus ketahui jenis dan kebutuhannya. Beberapa jenis kursi roda di antaranya :

  1. Kursi roda manual, yaitu jenis kursi roda yang digerakkan dengan tangan si pengguna kursi roda dan biasa digunakan untuk semua kegiatan. Bobot dari kursi roda manual ini antara 21-24 kg dan bisa dilipat. Kursi roda manual ini masih terbagi dalam dua macam yaitu kursi roda starndard dan kursi roda reclining. Kursi roda standars yaitu yang umumnya digunakan oleh pasien di Rumah Sakit. Sedangkan kursi roda reclining yaitu kursi roda rebah yang fungsinya memudahkan pasien untuk menyandarkan kepalanya agar dapat duduk lebih nyaman. Kemiringan sandaran punggung berkisar ±145°-180° sesuai kebutuhan pasien.
  2. Kursi roda elektrik, yaitu kursi roda yang digerakkan dengan tenaga battery atau listrik. Model ini biasa disebut juga motorized wheel chair dan sering dilengkapi dengan remote control. Ada pula jenis khusus yang dirancang untuk kemudahan dalam bepergian atau travelling. Kursi roda travelling dirancang sedemikian rupa sehingga bobotnya ringan dan simple, dengan berat antara 12 – 15 kg.

 

Dengan mengetahui jenis kursi roda tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk memilih atau membeli kursi roda menyesuaikan fungsi dan jenisnya dengan kebutuhan dan kegiatan pasien atau orang yang memerlukannya. Sebaiknya, pilihlah jenis kursi roda yang nyaman dan bisa menyangga postur tubuh pasien pada saat duduk maupun berbaring. Bila mungkin cobalah terlebih dahulu sebelum membelinya. Untuk beberapa jenis penyakit tertentu sebaiknya memilih kursi roda yang dilengkapi dengan ikat pinggang pengaman. Selain itu dalam hal perawatan kursi roda, Anda dapat membersihkannya cukup dilap dengan lap kering pada setiap bagiannya. Khusus bagian roda dapat diberi minyak pelumas.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *