Anda Bekerja Di Laboratorium? Patutnya Anda Beli Refrigerated Centrifuge

Anda Bekerja Di Laboratorium? Patutnya Anda Beli Refrigerated Centrifuge – Centrifuge Laboratorium adalah salah satu jenis peralatan laboratorium. Alat ini digerakkan oleh suatu motor yang memutar sampel berbentuk cair pada kecepatan yang tinggi. Ada beberapa jenis centrifuge. Jenis tersebut biasanya didasarkan pada kapasitas dan ukuran sampel. Alat ini bekerja dengan prinsip sedimentasi dimana percepatan berfungsi untuk memisahkan zat padat.

Ada beberapa jenis centrifuge yaitu centrifuge diferensial, centrifuge isopycnic dan sukrosa gradien centrifuge. Centrifuge diferensial biasanya digunakan untuk memisahkan organel tertentu dari seluruh sel. Proses ini dilakukan untuk melakukan analisis yang lebih detil mengenai bagian-bagian tertentu dari sel. Centrifuge Isopycnic biasanya digunakan untuk mengisolasi asam nukleat. Salah satu contoh penggunaan centrifuge isopycnic adalah untuk analisis DNA. Sukrosa gradien centrifuge sering dipakai untuk memurnikan dari virus dan ribosom yang menyelimuti. Sukrosa gradien centrifuge juga digunakan untuk memisahkan organel sel dari crude cellular extracts.

hettich-centrifuge-rotina-380

Refrigerate atau bagian pendinginan adalah bagian yang sangat penting dari centrifuge laboratorium. Refrigerated centrifuge memiliki suhu yang berkisar antara -20o C hingga 40o C. Rentang suhu yang sangat lebar ini memaksimalkan fungsi refrigerate centrifuge. Pada kisaran suhu tersebut membuat alat ini sesuai untuk digunakan dalam analisis antibodi, RNA, DNA dan PCR. Refrigerated centrifuge dapat mencapai kecepatan rotasi lebih dari 30.000 rpm dengan gaya sentrifugal relatif (RCF) lebih dari 65.000 x g. Refrigerated centrifuge memiliki beberapa konfigurasi termasuk swing bucket atau jenis fixed-angle. Refrigerated centrifuge dapat digunakan dalam sejumlah aplikasi dengan kapasitas yang mencapai 4 x 500 ml.

Tabung centrifuge memiliki beberapa istilah lain seperti tabung microfuge, tabung eppendorf dan tabung microcentrifuge. Tabung centrifuge dibuat dengan presisi dan memiliki kekuatan yang cukup tinggi. Tabung ini dibuat dari kaca dan plastik. Tabung juga dibuat agar sesuai atau pas dengan rongga rotor. Tabung centrifuge memiliki beberapa variasi. Variasi tersebut didasarkan pada kapasitas tabung yang dimulai dari 50 ml dan juga tersedia kapasitas yang lebih kecil yang digunakan untuk microcentrifuges. Tabung berkapasitas kecil atau tabung untuk microcentrifuges biasanya diguankan dalam laboratorium biologi molekuler. Tabung pada microcentrifuge biasanya hanya sekali pakai dengan kapasitas antara 250 ul hingga 2,0 ml.

hettich-centrifuge-rotina-380-0Tabung centrifuge kaca bisa digunakan dengan sebagian besar pelarut tapi harga tabung ini biasanya lebih mahal. Tabung tersebut bisa dibersihkan seperti membersihkan gelas laboratorium. Tabung ini juga dapat disterilkan dengan autoklaf. Tabung centrifuge harus ditangani dengan penuh kehati-hatian. Goresan kecil pada tabung bisa menyebabkan dampak yang cukup signifikan. Tabung kaca dimasukkan kedalam sarung tangan karet yang lembut untuk melindungi tabung selama proses penggunaan. Tabung centrifuge yang terbuat dari plastik harganya lebih murah dibandingkan tabung centrifuge kaca. Tabung centrifuge plastik memiliki ketahanan yang sama seperti tabung yang terbuat dari kaca. Tabung centrifuge yang dibuat dari plastik memiliki kelemahan seperti lebih sulit untuk dibersihkan secara menyeluruh, namun harganya yang cukup murah membuat tabung ini bisa dipertimbangkan untuk digunakan.

Refrigerated centrifuge harus digunakan dengan hati-hati. Beban dalam centrifuge haruslah seimbang. Keseimbangan bisa diperoleh dengan menggunakan kombinasi sampel dan tabung keseimbangan yang memiliki berat sama. Keseimbangan juga bisa diperoleh dengan menggunakan berbagai pola balancing tanpa menggunakan tabung keseimbangan. Perbedaan kecil beban yang menyebabkan ketidakseimbanga bisa memberi dampak ketika rotor berada pada kecepatan tinggi. Akibatnya bisa membuat centrifuge mengalami kerusakan. Beberapa refrigerated centrifuge telah dilengkapi dengan fitur deteksi keseimbangan rotor. Fitur ini biasanya bekerja secara otomatis dan menghentikan proses saat ketidakseimbangan terdeteksi.

Pemeriksaan yang teliti terhadap rotor dan tutup pengunci wajib dilakukan sebelum menjalankan centrifuge. Rotor pada refrigerated centrifuge tidak boleh disentuh ketika sedang bergerak. Rotor berputar dengan sangat cepat sehingga kontak secara langsung bisa menyebabkan cedera yang serius. Refrigerated centrifuge yang modern umumnya telah diberi fitur tambahan untuk meningkatkan keamanan pengguna. Refrigerated centrifuge modern dilengkapi fitur yang mencegah terjadinya kontak secara tidak sengaja dengan rotor yang sedang bergerak. Fitur ini bekerja dengan mengunci tutup utama selama refrigerated centrifuge dijalankan. Refrigerated centrifuge biasanya juga dilengkapi dengan prosedur pemeliharaan untuk mengurangi resiko kegagalan rotor. Pemeriksaan centrifuge secara teratur tentu perlu dilakukan untuk menghindari resiko penggunaan refrigerated centrifuge.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *