Macam – Macam Alat P3K Beserta Fungsinya

Alat P3K merupakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan merupakan hal yang paling diperlukan ketika terjadi kecelakaan baik ringan maupun parah.

Manusia tidak pernah lepas dari yang namanya penyakit, hingga bahaya sekalipun. Rumah sekalipun tidak selalu mejadi tempat yang aman bagi penghuninya. Selalu ada resiko yang bisa mengancam keselamatan keluarga Anda. Dalam darurat anggota keluarga Anda atau bahkan Anda sendiri bisa saja mungkin mengalami cedera. Jika Anda memiliki bantuan alat P3K yang lengkap, Anda akan lebih siap untuk membantu keluarga dan orang yang Anda cintai ketika terjadi bahaya atau kecelakan.

Lalu apakah P3K itu?
P3K merupakan singkatan dari Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan, P3K merupakan upaya pertologan atau perawatan yang dilakukan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan dari dokter.

alat p3k

Alat P3K merupakan hal yang paling diperlukan ketika terjadi kecelakaan baik ringan maupun parah. P3K sendiri memiliki arti sebagai upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan.

P3K pada dasarnya merupakan pertolongan sementara sehingga sifatnya hanya mencegah namun juga bisa mengobati jika memang korban tidak terluka parah atau tidak membutuhkan pertolongan medis. Alat P3K ditujukan untuk mencegah terjadinya infeksi, mengurangi rasa sakit dan takut, mencegah kecacatan yang lebih parah atau mencegah keadaan korban semakin buruk, juga menunjang penyembuhan pada korban.

Kecelakaan sendiri tidak mengenal siapapun, dimanapun dan kapanpun. Kotak P3K sangat penting baik itu di rumah, di sekolah, di kantor. Pertolongan pertama membantu meringankan gejala sebelum mendapatkan perawatan khusus dari pihak medis. Kotak P3K merupakan barang yang sangat diperlukan, lantas apa saja yang perlu ada pada lemari P3K? Kotak P3K dasar harus memiliki hal – hal sebagai berikut :

1. Sarung Tangan Steril
alat p3kMeskipun kita tidak mengobati atau menangani orang lain, tetap saja kita harus menjaga dan memperhatikan keselamatan diri. Sarung tangan sendiri berfungsi untuk mencegah tercampurnya bakteri atau virus sekalipun ketika Anda sedang merawat korban, sarung tangan dapat digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi silang serta mencegah terjadinya penularan kuman. Anda dapat menggunakan sarung tangan dari Sensi atau Sensi gloves. Sensi gloves merupakan sarung tangan sekali pakai terbuat dar latex atau karet alami. Sarung tangan ini digunakan sekali pakai atau disposible. Sarung tangan ini dapat digunakan untuk pemeriksaan pasien, kebutuhan di laboratorium, operasi kecil, kebutuhan rumah tangga dan kebutuhan lainnya. Sarung tangan sensi tersedia dalam ukuran S, M, dan L.

2. Kasa steril atau kain steril
Kasa steril merupakan kasa atau kain dalam keadaan steril yang digunakan untuk menutup dan membersihkan luka. Kasa steril terdiri dari berbagai ukuran, seperti kasa steril lebar 5cm, kasa steril dengan lebar 10cm dan ukuran lainnya.

3. Obat – obatan yang diperlukan seperti obat diare arau larutan oralit, obat luka bakar, obat lebam, paracetamol dan ibuprofen untuk meredakan nyeri dan gejala flu.

4. Salep antibiotik
Fungsi dari salep antibiotik adalah membantu luka memerangi bakteri dan menyembuhkannya dalam waktu cepat. Obat ini merupakan salah satu yang perlu ada dalam kotak P3K.

5. Cairan pembersih tangan
Cairan pembersih tangan berfungsi untuk membersihkan tangan dari bakteri. Cairan pembersih tangan dapat digunakan sebagai alternatif untuk mencuci tangan.

6. Perekat perban
Karena sifatnya tidak lengket, perban tentu membutuhkan perekat untuk menutup luka secara sempurna. Perekat perban ini juga biasanya disebut dengan adhesive cloth tape.

7. Buku panduan merupakan salah satu yang perlu ada dalam kotak P3K, Anda juga memerlukan panduan dalam menangani korban, meskipun sepele namun kita tetap harus memperhatikan aturan, misalnya penggunaan alkohol yang tidak berlebihan, atau penggunaan alat dan obat yang ada dalam kotak P3K.

Itulah beberapa yang perlu ada dalam kotak P3K, Anda bisa mendapatkan alat – alat kesehatan tersebut di Medicalogy.com. Medicalogy merupakan salah satu distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai macam alat kesehatan, selain menjual alat – alat P3K tersedia juga alat k3, foldaway stretcher sr-f9, infus pump, alat penyangga leher variteks, dan banyak lagi jenis alat kesehatan lainnya.

Medicalogy.com merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah.

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *