Berbagai Macam Alat Kesehatan dan Fungsinya

Bagi seorang yang bekerja di bidang kesehatan, alat kesehatan mungkin sudah menjadi teman sehari-hari mereka. Bentuk, fungsi dan penggunaannya sudah sangat mereka kuasai. Begitupun ketika mereka diminta untuk membeli alat-alat kesehatan. Tidak perlu bertanya kepada orang lain, atau menunjukkan gambar mereka akan dengan mudah mendapatkannya.

Namun, bagaimana dengan masyarakat awam yang tidak mengerti alat-alat kesehatan? Semakin berkembangnya teknologi, banyak sekali perusahaan produk kesehatan yang memproduksi berbagai alat kesehatan.

Alat Kesehatan

Berikut ini beberapa jenis alat kesehatan yang mungkin banyak orang belum mengetahuinya.

1. Alat Spirometri
alat kesehatanSpirometer atau alat spirometri merupakan alat untuk mengukur aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru dan dicatat dalam grafik volume per waktu. Fungsi spirometer pada dasarnya untuk mengukur kerja paru-paru manusia. Alat ini akan mengukur volume statik dan volume dinamika dari paru paru. Spirometer adalah alat tes yang dapat membantu mendiagnosa berbagai kondisi paru-paru seperti yang paling umum adalah obstruksi paru-paru kronis. Spirometer juga dapat digunakan untuk memonitor kinerja paru-paru dan responnya terhadap perawatan yang sedang dilakukan. Spirometer mengukur kemampuan paru-paru saat anda bernapas dengan menarik dan meghembuskan nafas/udara. Kemampuan ini dipengaruhi oleh adanya penyakit dalam paru-paru seperti obstruksi paru-paru kronis dan asma.

2. MIR Spirometer
MIR Spirometer adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mengukur fungsi paru-paru atau besarnya udara yang masuk dan keluar dari paru-paru dengan menggunakan mulut. Alat ini juga dapat membantu kemampuan paru-paru dalam menghembuskan dan menarik nafas yang dapat dipengaruhi oleh kemungkinan adanya penyakit di dalam paru-paru. Pemeriksaan Spirometer memiliki beberapa tujuan seperti untuk mengetahui apakah fungsi paru-paru normal atau memiliki kelainan, bisa juga untuk membantu seorang dokter dalam menentukan resiko saat melakukan operasi, memprediksi kemungkinan adanya penyakit yang timbul di masa mendatang, dan untuk mendiagnosa penyakit yang terjadi akibat pernafasan seperti penyakit paru-paru dan lainnya. Alat ini bisa digunakan untuk mengukur volume pernafasan dengan menggunakan beberapa parameter :

1. Volume udara paksa yang maksimum dalam 1 detik atau force expirator volume in one second (FEV1) FEV berfungsi untuk mengukur banyaknya udara yang bisa dihembuskan hanya dalam waktu satu detik saja. Jika paru-paru dan sistem pernafasan normal maka dapat menghembuskan nafas hampir seluruh isi udara dalam paru-paru hanya dalam beberapa detik.
2. Kapasitas vital paksa atau force vital capacity (FVC), FVC adalah total udara yang bisa dihembuskan pada satu tarikan penuh pernafasan.
3. Perbandingan FEV1 dan FVC setelah FEV1 dan FVC dilakukan kemudian bandingkan udara yang dapat dihembuskan atau ditarik dalam satu detik setiap satu kali bernafas secara penuh.

3. Otoskop
Otoskop merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa keadaan rongga telinga. Otoskop digunakan dokter ketika memeriksa keadaan dalam telinga apakah terjadi kelainan atau tidak. Otoskop dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang terjadi pada saluran telinga, membrane telinga atau gendang telinga selama proses pemeriksaan.

Dengan otoskop, dokter dapat melihat dengan jelas apakah terdapat masalah pada telinga bagian tengah seperti, ada benda asing, kotoran telinga, terdapat nanah, atau masalah lain yang dapat mengaburkan pandangan gendang telinga dengan menggunakan otoskop.

4. Tongue Spatel
Tongue spatel adalah alat yang digunakan untuk menekan lidah untuk melihat lebih jelas keadaan yang ada dalam rongga mulut atau tenggorokan. Alat ini dapat membantu dalam melihat apakah ada kelainan yang terjadi pada rongga mulut atau tenggorokan, misalanya amandel atau peradangan yang lainnya.

Bentuk secara fisik alat ini menyerupain stick es krim dengan bahan yang terbuat dari logam, dan ada juga yang terbuat dari kayu.

Tongue spatel ini tidak bisa digunakan secara berulang, karena tidak bisa disterilisasi. Oleh karena itu tongue spatel ini harus dibuang jika telah digunakan.

5. Ophthalmoscope
Ophthalmoscope merupakan alat yang digunakan untuk memeriksa mata dan termasuk bagian dalam mata dengan cara membiarkan praktisioner untuk melihat sepanjang sinar lampu. Alat ini dirancang untuk bisa melihat bagian belakang mata socket atau yang lebih dikenal dengan sebutan fundus. Oleh karena itu alat ini juga biasa disebut dengan funduscope.

Ophthalmoscope dapat memperbesar mata 15 kali lebih besar dari ukuran normal biasanya dan memungkinkan untuk melihat detail optic, retina, disc optic, dan lensa mata yang seperti Kristal. Umumnya alat ini digunakan dokter ketika memeriksa pembuluh darah serta saraf mata tanpa operasi.

6. Reflex Hammer dan Percussion Hammer
Reflex hammer adalah palu reflex yang digunakan untuk memeriksa kemampuan dari refleksi bagian tertentu dari tubuh. Biasanya bagian tubuh yang diperiksa menggunakan reflek hummer ini adalah lutut. Apakah syaraf lutut dapat berfungsi dengan baik atau tidak.

Itulah beberapa alat kesehatan yang perlu Anda ketahui beserta fungsinya. Anda bisa mendapatkan kesehatan tersebut di Medicalogy.com. Medicalogy merupakan salah satu distributor alat kesehatan yang menyediakan berbagai macam alat kesehatan, Medicalogy juga menyediakan berbagai macam alat kesehatan lainnya seperti :

1. Mikroskop
Berbagai pilihan mikroskop bisa dibeli di Medicalogy. Mikroskop terdiri dari beberapa jenis menurut bentuk dan penggunaannya, termasuk di dalamnya adalah mikroskop monokuler, mikroskop binokuler, mikroskop portabel, mikroskop trinokuler, teaching microscope, dan lainnya. Menurut penggunaannya mikroskop dapat dibedakan menjadi mikroskop mikrobiologi, mikroskop biologi, mikroskop industri, mikroskop metalurgi, dan lainnya. Beli mikroskop di Medicalogy dan temukan beragam produk sesuai keperluan Anda.

2. Underpad
Underpad adalah alas yang dapat menyerap dan menahan cairan dengan cepat dan mudah. Underpad biasa dipergunakan di rumah sakit maupun untuk penggunaan pribadi bagi orang yang mengalami masalah dalam mengontrol berkemih sehingga tidak mengotori matras atau kasur.

3. Urine bag
Urine bag adalah alat kesehatan yang digunakan untuk menampung urine pasien yang tidak dapat berpindah. Urine bag merupakan alat kesehatan yang hanya dapat digunakan sekali dan jika sudah penuh maka dapat dibuang.

Selain itu juga Medicalogy menjual ecg bulb, gelang pasien, safety box tempat sampah 5 liter Onemed dan masih banyak lagi.

Medicalogy.com merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *