Alat-Alat Kesehatan Pribadi dan Fungsinya

Alat Kesehatan Pribadi – merupakan alat yang dimiliki perorangan atau ndividu baik untuk disimpan di rumah maupun yang bersifat portabel.

Alat kesehatan merupakan alat yang digunakan untuk membantu dalam dunia medis. Mengingat hal tersebut secara otomatis alat kesehatan dipakai oleh pusat pelayanan penyedia medis, seperti rumah sakit. Semakin tinggi kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, sekarang ini alat tertentu bisa dimiliki secara bebas di rumah. Kita bisa memiliki beberapa alat kesehatan pribadi sesuai dengan kebutuhan.

Alat kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit serta memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.

Secara umum alat kesehatan berfungsi sebagai alat diagnosa yang berarti alat ini digunakan untuk mengindikasi adanya penyakit atau kelainan yang diderita oleh pasien yang kemudian bisa ditentukan tindakan apa selanjutnya.

Alat kesehatan pribadi merupakan alat kesehatan yang dimiliki perorangan atau ndividu baik untuk disimpan di rumah maupun yang bersifat portabel untuk menjaga dan merawat kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa alat kesehatan pribadi yang bisa Anda miliki sesuai dengan kebutuhan Anda :

1. Oxygen Concentrator

alat kesehatan pribadiTabung oksigen berisi oksigen yang bertekanan dan menyalurkan oksigen murni kepada pasien. Tabung oksigen biasanya dapat kita temukan di rumah sakit, umumnya tabung oksigen biasanya berukuran besar dan ada juga yang berukuran kecil. Tabung oksigen yang kecil biasanya dapat dibawa secara praktis, sedangkan yang lebih besar biasanya digunakan hanya untuk pemakaian di rumah.

Oxygen concentrator / Oksigen konsentrator merupakan alat yang berfungsi untuk menyediakan oksigen dengan cara mengambil udara dari sekitar dan memisahkan oksigen yang ditemukan di udara untuk kemudian disalurkan kepada pasien. Tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan oksigen konsentrator bisa mencapai 95 persen.

Oksigen konsentrator ini bekerja dengan memproses udara bebas di sekitarnya menjadi oksigen murni yang bisa digunakan pasien. Oksigen yang dihasilkan pun memiliiki kadar kemurnian hingga 93% dan dapat memproduksi 1 hingga 5 liter oksigen per menit.
Oksigen konsentrator dapat digunakan di mana saja, tak hanya di tempat pelayanan kesehatan seperti di klinik atau rumah sakit, tapi juga di hotel, tempat Spa, salon, dan refleksi karena fungsi oksigen konsentrator bukan hanya digunakan untuk pasien yang membutuhkan oksigen saja tetapi bisa digunakan sebagai alat refleksi tubuh. Salah satu produk oxygen concentrator yang bisa Anda gunakan adalah oxygen concentrator Philips EverFlo.

2. Alat Cek Tekanan Darah (Tensimeter)

alat kesehatan pribadiTensimeter atau alat cek tekanan darah merupakan alat kesehatan yang berfungsi untuk menggukur tekanan darah. Tensimeter digunakan degan cara memasang manset di sekitar lengan atas, dan hasil pengukuran tekanan darah akan tamapk setelah manset selesai dipompa. Satuan tekanan darah dinyatakan dalam mmHg, dan tekanan darah normal pada orang dewasa yaitu 120/80 mmHg.
Tensimeter terdiri dari 2 jenis yaitu tensimeter manual dan digital. Jenis tensimeter manual ada 2 yaitu tensimeter air raksa dan aneroid atau jarum.

Salah satu merk tensimeter yang banya digunakan adalah Omron 7120 dan Omron 7130. Tensimeter digital Omron 7120 merupakan tensimeter digital yang dipasang pada lengan bagian atas. Tensimeter Omron 7120 sudah dilengkapi dengan fitur Intellisense yang bertujuan dapat menentukan tingkat inflasi ketika dilakukan pengukuran tekanan darah.  Bagi Anda yang perlu melakukan cek tekanan darah, alat kesehatan pribadi ini merupakan salah satu yang perlu Anda dimiliki.

3. Timbangan Badan

Timbangan badan adalah alat yang digunakan untuk mengukur berat badan. Timbangan badan dapat digunakan oleh perorangan untuk keperluan data pribadi. Selain itu timbangan badan ini digunakan dalam bidang medis yaitu sebagai alat ukur untuk keperluan pengumpulan data berat badan pasien di rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya. Ada 3 jenis timbangan badan berdasarkan sistem kerja yaitu timbangan badan analog, digital dan timbangan 2 in 1. Sedangkan berdasarkan kegunaannya, ada timbangan bayi, anak dan dewasa. Harga timbangan badan manual biasanya lebih murah. Timbangan badan merupakan alat kesehatan pribadi yang perlu Anda miliki, untuk mengetahui berat tubuh Anda. Apakah sudah ideal atau mengalami berat badan berlebihan.

4. Alat cek kolestrol

Alat cek kolestrol adalah alat ukur kadar kolestrol total dalam darah yang sangat penting dilakukan secara rutin untuk membantu menjaga kesehatan darah dan mencegah plak pada pembuluh darah. Pengukuran sangat sederhana dan mudah dilakukan. Lipid Pro merupakan salah satu produk kesehatan asal Korea Selatan. Lipid Pro menyediakan alat cek kadar lipid yaitu cek kolestrol total, cek trigliserida, cek HDL, dan HDL, dan cek LDL. Alat kesehatan pribadi yang satu ini berfungsi untuk melakukan cek kolestrol Anda.

5. Body Fat Monitor

alat kesehatan pribadiAlat kesehatan pribadi yang selanjutnya adalah Body Fat Monitor, merupakan alat yang dapat digunakan untuk timbangan lemak, alat multifungsi ini dapat membantu Anda mengontrol berat badan, terutama bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Body fat monitor memiliki 2 bagian yaitu display unit dan main unit. Display unit terletak pada bagian depan body fat monitor, terdiri dari monitor yang terdapat di dalamnya tombol nomor personal profile, indicator baterai lemah, tampilan hasil pengukuran dan tombol pengoperasian. Sedangkan main unit terdiri dari grip elektroda, kabel, elektroda kaki, tempat grib dan monitor, dan tombol power di bagian bawah. Salah satu merk body fat monitor yang dapat Anda gunakan adalah Omron HBF 375.

Alat ini memiliki fungsi yang dapat secara efektif menganalisa fisik tubuh Anda mulai dari berat badan, persentase lemak tubuh, persentase lemak subkuntan, tingkat lemak Visceral, dan massa otot tubuh Anda. Alat ini bisa digunakan sebagai bagian dari program manajemen berat badan yang sedang Anda lakukan. Tampilan grafis pada monitornya dapat membantu Anda memahami hasil pengukuran dengan tepat.  Omron HBF 375 juga dilengkapi dengan kemampuan menganalisa usia metabolisme tubuh Anda. Alat ini juga sudah dilengkapi kapasitas memori yang cukup untuk menyimpan data pengukuran untuk 4 orang.

Faktor – faktor yang mempengaruhi kesehatan pribadi adalah kebiasaan sehari – hari, faktor lingkungan, tingkat pemahaman terhadap kesehatan, kondisi sosial ekonomi, dan sebagainya. Selain penggunaan alat kesehatan pribadi, Anda juga perlu melakukan kegiatan yang dapat mempengaruhi kesehatan pribadi Anda. Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan pribadi Anda.

Cara menjaga kesehatan pribadi di antaranya:

  • Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan
  • Mengkonsumsi dan minuman hanya yang baik kesehatan termasuk harus yang bersih
  • Melakukan pengecekan kondisi vital tubuh secara rutin misalnya, tekanan darah, kadar kolestrol dalam darah, cek asam urat, cek gula darah, dan lain sebagainya.
  • Meningkatkan pengetahuan akan kesehatan pribadi misalnya dengan rajin membaca artikel kesehatan pribadi, makalah kesehatan pribadi untuk mengetahui manfaat kesehatan pribadi dan lingkungan sebagai bentuk – bentuk usaha kesehatan pribadi.

Medicalogy.com merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah.

 

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *