Alat Kesehatan Dan Tips Beli Jual Alat Kesehatan

alkeshead

Tentunya kita semua tahu apa itu alat kesehatan, bukan? Sebut saja contoh seperti kursi roda, termometer, stetoskop, atau alat pengukur tensi. Mayoritas dari masyarakat umum tentunya bisa dikatakan masih sangat awam untuk urusan alat kesehatan apalagi untuk urusan beli dan jual alat kesehatan. Urusan alkes umumnya diserahkan pada kalangan medis, banyak dari masyarakat hanya mulai memperhatikan alkes saat mereka membutuhkannya. Ada baiknya masyarakat mulai mempelajari hal-hal dasar yang berkaitan dengan alkes walaupun hanya sekedarnya agar menjadi masyarakat yang lebih aware yang sebenarnya merupakan pengetahuan yang bermanfaat untuk diketahui.

Sebenarnya Apakah Definisi Alat Kesehatan? 

Apa definisi sebenarnya dari alat kesehatan? Khalayak ramai umumnya hanya mengetahui alkes sebagai peralatan-peralatan atau perkakas-perkakas yang dipakai kalangan medis untuk membantu pekerjaan mereka. Sementara kalangan medis atau kalangan yang terlibat dalam beli dan jual alat kesehatan tentunya mengetahui definisinya menurut undang-undang RI no. 23 tahun 1992 tentang kesehatan, yaitu :

“Alat Kesehatan adalah instrumen, aparatus, mesin, implan yang tidak mengandung obat yang digunakan untuk mencegah, mendiagnosis, menyembuhkan dan meringankan penyakit, merawat orang sakit, memulihkan kesehatan pada manusia dan atau untuk membentuk struktur dan memperbaiki fungsi tubuh.”

Ada juga pengertian lain mengenai alat kesehatan menurut Menteri Kesehatan RI. no. 220/Men.Kes/Per/IX/1976 tertanggal 6 September 1976, adalah :

Barang, instrumen aparat atau alat termasuk tiap komponen, bagian atau perlengkapan yang diproduksi, dijual atau dimaksudkan untuk digunakan dalam penelitian dan perawatan kesehatan, diagnosis penyembuhan, peringanan atau pencegahan penyakit, kelainan keadaan badan atau gejalanya pada manusia.

 

cthalkesumum

                                           

Berikut Adalah Penggolongan Alat Kesehatan

Tentunya alat kesehatan ini punya penggolongan dan jenisnya. Semuanya adalah untuk memudahkan kalangan medis dan kalangan yang terlibat beli dan jual alkes menyimpan, mendata dan mengklasifikasikan alkes ini. Adapun berdasarkan fungsi dan kegunaannya, cara pakai, jenis dan bentuk, katalog dari produsen dan lain sebagainya, penggolongan alkes yang paling mudah gampang dimengerti dan diaplikasikan adalah dengan menggunakan ketentuan dari KEPMENKES No. 116/SK/1979 :

  1. Preparat untuk pemeliharaan dan perawatan kesehatan.
  2. Pestisida dan insektisida pembasmi binatang pengganggu manusia dan binatang piaraan.
  3. Alat perawatan yang digunakan dalam salon kecantikan
  4. Wadah dari plastik dan kaca untuk obat dan injeksi, juga karet tutup botol infus.
  5. Peralatan obstetri dan gynekologi
  6. Peralatan Anesthesi
  7. Peralatan dan perlengkapan kedokteran gigi
  8. Peralatan dan perlengkapan THT
  9. Peralatan dan perlengkapan mata
  10. Peralatan Rumah Sakit
  11. Peralatan Kimia
  12. Peralatan Hematologi
  13. Peralatan Imunologi
  14. Peralatan Mikrobiologi
  15. Peralatan Patologi
  16. Peralatan Toksikologi
  17. Peralatan Orthopedi
  18. Peralatan Rehabilitasi
  19. Peralatan Bedah Umum dan Bedah Plastik
  20. Peralatan Kardiologi
  21. Peralatan Neurologi
  22. Peralatan Gastro Enterologi dan Urologi
  23. Peralatan Radiologi

Penggolongan diatas adalah yang ditetapkan pemerintah RI dan diakui dibanyak badan serta institusi dalam negeri sebagai yang paling simpel dan gampang diterapkan agar lebih mudah dalam pendataan alkes, walaupun jika ingin lebih mendetail dan spesifik lagi alkes bisa digolongkan menjadi lebih banyak subjenis lagi berdasarkan kegunaannya yang lebih rinci.

alkes2

                                                  

Kualifikasi, Izin Dan Syarat Umum Untuk Menjadi Distributor Alat Kesehatan

Untuk menjadi distributor, penyalur atau ikut dalam urusan beli dan jual alat kesehatan seseorang atau sebuah perusahaan harus memiliki izin dan surat-surat dari pemerintah yang menyatakan mereka layak untuk melakukan beli dan jual alat kesehatan. Sudah tentu pemerintah harus menguji kelayakan para vendor alat kesehatan ini untuk menghilangkan resiko yang kemungkinan bisa diterima masyarakat umum dari beli dan jual alat kesehatan yang tidak layak.

alur-proses-toko-alat-kesehatan

                     

Selain itu ada pula bimbingan dan pengontrolan dari pihak pemerintah terkait urusan beli dan jual alat kesehatan untuk mengatur regulasi urusan alkes. Ada beberapa alat kesehatan yang memerlukan pengawasan atau tenaga kerja ahli yang bisa memantau alat kesehatan tersebut dalam penggunaanya, dan tentunya ada pula alat-alat kesehatan yang dilarang atau tidak ada izin edarnya yang tabu untuk dijual ke masyarakat awam atau orang pada umumnya. Badan usaha beli dan jual alat kesehatan juga harus memberikan laporan kegiatan dagang mereka ke pihak pemerintahan minimal satu kali dalam kurun waktu per tahun. Jika ada kekurangan dalam memenuhi persyaratan-persyaratan atau terjadi pelanggaran-pelanggaran terhadap regulasi atau juga terjadi insiden yang bisa merugikan dan membahayakan kalangan medis juga pekerja, pasien dan pengguna, atau mungkin linkungan sekitar, pihak pemerintah berhak memberikan peringatan atau sanksi kepada badan usaha beli dan jual alat kesehatan tersebut. Apabila peringatan atau sanksi ini tidak dihiraukan atau diabaikan, tentu saja pemerintah sangat berhak untuk mencabut izin dari badan usaha beli dan jual alat kesehatan tersebut

Faktor Yang Perlu Diperhatikan Serta Tips & Tempat Membeli Alat Kesehatan

Sebelum membeli alat kesehatan, kita yang masih awam ini tentunya harus memperhatikan beberapa hal agar yang kita beli sesuai dengan apa yang kita inginkan. Misalnya kita ingin membeli sebuah tensimeter, tentu kita harus tahu tensimeter jenis apa yang kita inginkan, mungkin tensimeter raksa atau tensimeter digital. Pastinya kita bisa langsung bertanya kepada sang penjual alkes tersebut, tapi pasti lebih baik lagi jika kita sudah tahu detail-detail dari apa yang mau kita beli nanti. Berikut ini adalah faktor yang harus diperhatikan,

  • Kebersihan

Kebersihan sangat erat kaitannya dengan kesehatan. Bersih atau sterilnya alat kesehatan yang diperdagangkan tentu hal penting. Selain itu kebersihan toko atau gudang badan usaha beli dan jual alkes juga penting diperhatikan.

  • Jenis, model dan cara penggunaan

Anda harus tahun jenis alkes apa yang anda butuhkan, apakah itu kursi roda, termometer atau kotak P3K. Model suatu Alkes juga berpengaruh karena bisa saja cara penggunaan setiap model berbeda

  • Garansi 

Beberapa alat kesehatan memiliki garansi tersendiri. Ini juga kurang lebih perlu untuk dicermati.

  • Standar dan reputasi merek

Tentunya kita ingin alkes yang sudah terjamin keunggulannya. Untuk urusan alkes ada baiknya kita menghindari membeli kucing dalam karung, karena itu merek-merek yang sudah bagus reputasinya adalah pilihan terbaik.

 

tespek

Sementara di bawah ini adalah tips-tips saat membeli alat kesehatan :

  • Sesuaikan dengan kebutuhan penggunaan
  • Sesuaikan dengan budget anda
  • Perhatikan merek, garansi, serta service centrenya
  • Cek kelengkapan paket penjualan alat
  • Sebisa mungkin belilah alkes yang baru daripada yang bekas
  • Bila memungkinkan, mintalah pengarahan penggunaan alat

Terakhir, untuk urusan membeli alkes tentu anda sekalian sudah tahu beberapa toko beli dan jual alkes di sekitar anda baik yang pernah anda datangi atau belum, atau mungkin juga apotek-apotek yang juga menjual alkes di sekitar anda. Anda juga pasti bisa menimbang sendiri sekarang mana yang akan anda datangi atau tidak, pastikan anda melihat izin serta kualitas dari badan badan usaha tersebut.

Sekarang ini juga sudah sangat banyak situs-situs beli dan jual alkes online tersebar di internet. Dari sekian banyak situs itu salah satunya adalah Medicalogy.com, situs yang menyediakan sangat banyak pilihan alkes seperti tensimeter, kursi roda, termometer, stetoskop, bahkan defibrillator. Dengan kualitas, merek-merek, serta harga yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *