Ingin Membeli Alat Kesehatan Bekas? Perhatikan Beberapa Hal Berikut Ini!

                                                       Surgical-Instruments

Mayoritas dari masyarakat umum pasti bisa secara gamblang menjelaskan apa itu alat kesehatan. Pastinya juga kita semua tahu alat kesehatan ada yang beredar dan dapat dibeli secara individual ataupun yang membutuhkan resep atau saran dokter. Beberapa alat kesehatan bahkan memerlukan pengawasan tenaga ahli dalam penggunaannya.

Pilihan utama saat membeli alat kesehatan tentunya adalah yang baru dan berkualitas bagus. Tapi apakah anda pernah berpikir untuk membeli alat kesehatan bekas? Beberapa alat kesehatan seperti kursi roda atau tongkat bantu berjalan tentu tidak terlalu dipermasalahkan baru atau bekasnya walaupun kebanyakan dari kita pasti lebih menyukai barang baru daripada yang bekas. Bagaimana jika alat kesehatan seperti termometer atau stetoskop? Tentunya bagi yang berniat membeli alat kesehatan bekas seperti kedua alat diatas akan sangat teliti memperhatikannya, bukan? Bersih atau tidaknya, berapa lama penggunaannya, dan lain-lainnya.

Kita akan membahas apa-apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam melakukan jual dan beli alat kesehatan bekas dan tentu saja tips-tips berkaitan jual dan beli alat-alat kesehatan bekas.

                                                           kursibekas

                                                                 

Apa Saja Faktor Yang Diperhatikan Saat Ingin Menjual Alat Kesehatan Bekas?

Beberapa dari kita mungkin pernah berpikir untuk menjual alat kesehatan bekas kita yang sudah jarang atau mungkin tidak digunakan sama sekali, mungkin karena ada alat baru yang kita beli atau memang kita tidak membutuhkannya lagi. Tapi kebanyakan dari kita kemungkinan besar mengurungkan niat menjual alat kesehatan bekas tersebut dikarenakan pikiran seperti, Siapa sih yang mau membeli alat kesehatan bekas orang lain? atau Ah, kalau dalam urusan alat kesehatan orang-orang pasti memilih yang baru daripada yang bekas. Kenyataannya banyak juga orang-orang yang mencari alat-alat kesehatan bekas yang masih layak pakai. Mungkin karena faktor ekonomi, atau mungkin keperluannya menggunakan alat tertentu hanya sebentar saja, atau mungkin vendor-vendor yang menjual alat kesehatan bekas. Karena itu alangkah baiknya jika daripada usang dan terbuang begitu saja, alat-alat kesehatan tersebut dapat anda jual. Tentunya ada beberapa hal yang harus kita semua perhatikan sebelum menjual alat kesehatan bekas. Tidak mungkin kita mau menjual alat kesehatan yang tidak layak, bukan? Berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum menjual alat kesehatan:

  • Kebersihan Alat Tersebut

Kesehatan sangat erat kaitannya dengan kebersihan. Sudah merupakan pengetahuan umum bahwa alat kesehatan haruslah bersih atau steril, alat kesehatan yang baru saja diharuskan bersih apalagi yang bekas. Terutama alat kesehatan yang pemakaiannya bersentuhan di bagian-bagian tubuh manusia seperti telinga, mulut, atau ketiak. Contohnya seperti stetoskop dan termometer.

                                                termobks

  • Kondisi alat

Kondisi alat sangat penting untuk diperhatikan. Apakah alat itu masih layak digunakan? Sudah berapa lama alat itu digunakan? Adakah kerusakan signifikan di alat tersebut? Membeli alat bekas yang cacat fungsinya adalah sama dengan membeli barang tidak berguna. Contohnya: Membeli kursi roda bekas yang rodanya macet.

  • Kualitas merek alat tersebut

Kualitas barang adalah faktor yang sangat berpengaruh jika kita ingin menjual suatu alat kesehatan. Reputasi sebuah merek harus dicaritahu terlebih dahulu untuk menentukan bagus atau tidaknya kondisi alat kesehatan keluaran mereka dalam keadaan bekas pakai. Carilah merek dengan standarisasi yang bagus. Merek yang bagus pastinya menjamin masa penggunaan yang lebih lama dan tentunya pembeli menginginkan masa penggunaanya yang lama.

  • Harga

Pastinya kita ingin menjual alkes bekas kita dengan harga yang pas. Harga yang menguntungkan untuk kita dan harga yang pantas untuk para pembeli. Tapi tentunya etika jual beli harus kita pertimbangkan, tidka mungkin kita menaruh harga asli untuk sebuah barang bekas kan? Sekalipun itu barang dalam kondisi yang sangat bagus dan terawat seperti baru.

Faktor-Faktor Apa Saja Yang Diperhatikan Saat Membeli Alat Kesehatan Bekas?

Bagi kita yang ingin membeli alkes bekas sudah pasti banyak hal dan faktor yang harus diperhatikan dan diteliti. Terutama para pembeli yang berencana menggunakan alat tersebut secara pribadi. Para vendor alat kesehatan bekas yang membeli lalu memperbaiki alat kesehatan bekas untuk dijual lagi pun harus meneliti alat kesehatan bekas yang hendak dibeli agar bisa memaksimalkan hasil dan keuntungan, bukan? Faktor-faktor yang harus diperhatikan sebenarnya tidak jauh berbeda dari faktor-faktor yang sudah di jelaskan di atas. Kondisi dan kelayakan alkes bekas adalah satu hal yang paling penting dalam membeli alat kesehatan bekas, di bawah ini akan dijelaskan beberapa hal yang sebaiknya anda perhatikan dengan seksama sebelum membeli alat kesehatan bekas :

                                                toko-alkes

                               

  • Kondisi dan kebersihan alat

Ini adalah yang paling penting diteliti saat membeli alkes bekas. Perhatikan dengan baik kondisi alat tersebut, apakah masih layak untuk dipakai? Apakah ada kerusakan yang mempengaruhi kinerja alat kesehatan tersebut? Tentu anda tidak mau membeli barang tidak berguna kan? Terlebih lagi alat kesehatan yang tidak bisa dipakai.

  • Kualitas alat

Kualitas alat adalah faktor penting lainnya untuk dipertimbangkan. Kualitas alat kesehatan bekas menentukan berapa lama masa penggunaan alat tersebut dan juga daya tahannya. Sebagai pembeli alat kesehatan bekas kita harus memastikan alat kesehatan bekas yang kita beli memiliki durasi pemakaian yang bisa kita maksimalkan.

  • Harga

Sebagai pembeli, kita pasti menginginkan harga yang pantas dan layak sesuai dengan kondisi alat kesehatan bekas yang akan kita beli. Pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan kelayakan alat kesehatannya, bahkan akan lebih baik lagi jika kita bisa menawar dari harga sudah dicantumkan.

  • Garansi

Beberapa merek menyediakan garansi yang cukup lama durasinya. Sebelum membeli suatu alat kesehatan bekas ada baiknya kita menanyakan apakah alat tersebut ada garansinya? Jika ada apakah masih berlaku? Tentunya kita lebih memilih defibrillator yang masih bergaransi kan?

SONY DSC

                              

Mengenai Vendor Yang Memperjual-belikan Alat Kesehatan Bekas

Beberapa vendor yang memperdagangkan alkes bekas harus kita perhatikan juga selain alat kesehatannya. Banyak vendor yang mengaplikasikan sistem beli bekas-perbaharui-lalu jual, beberapa vendor terpercaya benar-benar memperbaharui alkes bekas yang mereka ambil lalu menjualnya dengan harga yang sewajarnya. Harus diketahui ada beberapa penjual yang memperbaiki bagian luar suatu alat saja sehingga kelihatan bagus sementara kerusakan dan cacat didalam alat tersebut tertutupi. Pastinya kita harus dengan seksama memperhatikan tempat kita membeli alat kesehatan dan alat kesehatan yang dijualnya, akan sangat merugikan kita setelah kita membeli suatu alat ternyata setelah menggunakan baru beberapa kali alat itu sudah rusak dan parahnya lagi alat tersebut tidak memiliki jaminan atau garansi apapun dengan dalih alat kesehatan bekas.

Lihat dengan baik toko vendor tersebut, perhatikan izin mereka, dan tentunya melakukan pengecekan dengan melakukan tes kinerja alat tersebut sebelum membelinya. Dengan melakukan hal-hal diatas semoga kita bisa terhindar dari vendor-vendor alat kesehatan bekas jahil yang hanya mau meraup keuntungan.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *