6 Hal Ini Harus Kamu Teliti Sebelum Memilih Evac Chair

images(1)
Ketika terjadi bencana semisal kebakaran atau banjir, hal utama yang harus dilakukan adalah menyelamatkan orang-orang yang terjebak dalam bencana itu. Tim penyelamat akan melakukan usaha maksimal untuk berusaha membawa korban dari lokasi bencana. Tentunya dengan bantuan alat-alat untuk mengevakusi para korban bencana itu sendiri. Setiap kondisi korban diperlakukan dengan berbeda. Korban dewasa yang masih sehat kuat maka akan diselamatkan secara manual karena masih bisa berjalan sendiri. Sedangkan, korban yang sudah tua atau sedang sakit akan dievakuasi dengan menggunakan alat berupa kursi evakuasi atau disebut dengan evac chair. Evac chair ini adalah benda wajib yang harus dimiliki oleh tim penyelamat.

Apa sebenarnya yang dimaksud evac chair itu?

Evac chair adalah kursi bantu yang digunakan ketika mengevakui seseorang dari satu tempat ke tempat yang lain. Kursi ini sebaiknya dimiliki oleh swalayan atau mall-mall besar, rumah sakit, klinik, dan tim penyelamat untuk berjaga-jaga ketika terjadi bencana besar yang mewajibkan adanya evakuasi. Kursi ini akan sangat membantu mempermudah proses evakuasi terutama ketika korban adalah orang yang sudah renta yang tidak sanggup berjalan atau yang kesulitan berjalan dan orang yang sedang sakit. Evac chair sebaiknya diletakkan ditempat yang mudah dijangkau seperti dekat tangga atau lift. Gunanya agar mudah diambil ketika bencana datang secara tiba-tiba.

images(2)

Seperti Apakah Evac Chair yang Baik?

Setiap fasilitas tentu mempunyai standar yang harus bisa dipenuhi agar mampu menjadi fasilitas yang bermanfaat dan tidak mengecewakan. Begitu juga dengan evac chair. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih evac chair sebagai fasilitas keamanan baik untuk mall, rumah sakit, klinik, maupun rumah pribadi. Agar tindakan penyelamatan bisa dilakukan tanpa harus dipersulit oleh fasilitas itu sendiri.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih sebuah evac chair sebagai fasilitas keamanan baik untuk rumah sakit, klinik, mall, atau bahkan rumah pribadi. Karena evac chair merupakan fasilitas keamanan yang tidak akan setiap hari digunakan namun sebaiknya dimiliki oleh lembaga yang yang setiap hari berhubungan dengan banyak orang. Nah, hal-hal yang perlu diperhatikan itu diantaranya:

1. Mudah dipasang

Agar kursi evakuasi ini bisa mempermudah proses evakuasi maka kita harus memilih kursi evakuasi yang mudah untuk dibongkar pasang sesuai kebutuhan. Evac chair adalah salah satu benda yang hanya dipakai ketika dibutuhkan bukan benda yang akan digunakan secara rutin. Evac chair yang sedang tidak digunakan akan disimpan ditempatnya dan akan diambil ketika akan digunakan. Jika, untuk memasangnya saja sudah sulit apalagi membutuhkan waktu yang terlalu lama lalu kapan evakuasi bisa dilakukan. Karena itu kita harus memilih kursi evakuasi yang bisa dengan mudah dibongkar atau dipasang sesuai kebutuhan guna menghindari keterlambatan proses evakuasi korban.

2. Mudah digunakan untuk menuruni tangga

images

Saat terjadi bencana biasanya lift akan mati karena listrik dipadamkan dan orang-orang akan dievakuasi melalui tangga darurat. Bayangkan jika Anda sedang membantu evakuasi seseorang bertubuh besar yang saat itu dalam keadaan tidak mampu berjalan. Kamu dan tim penyelamat akan kesulitan membawanya pergi ke tempat yang lebih aman lantaran tidak kuat mengangkatnya apalagi membawanya menuruni tangga. Karena itu pilihlah kursi evakuasi yang bisa dengan mudah digerakkan meski ketika sedang menuruni anak tangga. Jika menggunakan kursi roda biasa maka kamu akan sulit mengendalikan laju jalannya kursi roda karena kursi roda tidak dibuat khusus untuk bisa menuruni anak tangga dengan mudah.

3. Mudah berbelok

Jalan evakuasi pasti tidak akan selalu lurus. Apalagi rumah sakit yang mempunyai banyak ruangan, anak tangga, dan lorong yang biasanya berkelok-kelok. Tentu tidak mudah membawa korban bencana dengan jalan yang memang sulit untuk dilalui. Kesulitan dalam berbelok maka menggangu jalannya evakuasi. Bahkan kamu bisa menciptakan antrian panjang jika kamu tidak bisa berbelok bersama korban yang sedang kamu bawa. Karena itu perhatikan evac chair yang akan kamu pilih agar nantinya benda yang seharusnya membantu sistem evakuasi tidak membawa masalah baru yang menghambat proses evakuasi.

4. Kecepatan yang bisa diatur

Bagian ini penting, kecepatan mempengaruhi keberhasilan sebuah proses evakuasi. Kenapa? Kita lihat jika bencana yang terjadi adalah bencana banjir. Dimana jalanan, lorong, bahkan ruangan penuh dengan air. Dalam keadaan seperti ini kita tidak membutuhkan evac chair yang berjalan secepat kilat tapi kita butuh evca chair yang bisa kita atur kecepatannya sesuai dengan kebutuhan kita. Jika kita berjalan terlalu cepat maka kita akan tergelincir dan jatuh. Sedangkan untuk bencana kebakaran maka kita butuh evac chair yang bisa berjalan dengan cepat. Karena kita harus menghindari api yang dengan cepat bisa menyambar kita dari segala sisi. Kecepatan evakuasi dibutuhkan disini agar korban kebakaran bisa segera keluar dari ruangan yang terbakar dan diamankan di tempat yang jauh dari api.

5. Mampu menahan beban yang berat

Pastikan kamu memilih evac chair yang mampu menahan beban yang cukup berat. Karena korban tidak selalu nenek tua yang kurus dan renta. Korban bisa jadi seseorang yang berbadan besar tapi dia dalam keadaan sulit berjalan atau bahkan lumpuh. Untuk itu perlu evac chair atau kursi evakuasi yang mampu mengangkat beban berat tanpa mengurangi kecepatannya ketika sedang digunakan. Dan pastikan evac chair ini tidak akan patah ditengah jalan ketika sedang melakukan evakuasi.

images(9)

6. Berjalan mulus dipermukaan

Evac Chair tidak selalu digunakan di jalan yang berbelok, tangga darurat, atau jalan licin tapi juga digunakan di permukaan datar. Karena itu, evac cahir harus tetap dalam kondisi aman dan mengamankan ketika sudah berada di jalan yang permukaannya datar. Akan sangat merugikan jika kursi evakuasi mampu berjalan dengan baik melewati anak tangga tapi tidak bisa terkendali ketika berada dijalan datar.

Evac chair dibuat untuk mempermudah proses evakuasi. Bentuk dan ukurannya juga disesuaikan dengan kebutuhan evakuasi. Dalam sebuah bencana mungkin kita akan menemukan korban yang tidak mampu dievakuasi dengan menggunakan evac chair. Untuk itu kita kan membutuhkan bantuan peralatan evakuasi lain seperti helikopter bila memang dirasa perlu. Karena memang tidak ada alat evakuasi yang bisa dipakai untuk semua orang karena setiap orang punya kondisi yang berbeda.

Oleh sebab itu, sebelum memilih sebuah evac chair kita perlu bahkan sangat perlu menimbang dan menghitung sebesar apa kebutuhan kita. Jika dirasa perlu kita harus melakukan survey diberbagai tempat yang menyediakan pengadaan evac chair tentang reputasinya. Kita juga perlu melakukan survey ke tempat-tempat yang sudah pernah menggunakan evac chair dalam prose evakuasinya baik ketika bencana atau hanya mengevakuasi pasien dari satu tempat ke tampat yang lain. Dan jangan lupa untuk melakukan perbandingan baik buruknya evac chair yang akan kita pilih dalam penerapannya nanti.(khp)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *