5 Tips Membeli Alat Bantu Dengar Terbaik

tips membeli alat bantu dengar

Saat usia kita bertambah, satu-persatu kemampuan fisik yang kita miliki akan berkurang. Termasuk juga dengan pendengaran. Menurut data lembaga kesehatan, menurunnya fungsi pendengaran itu akan begitu terasa saat usia kita lebih dari 45 tahun. Kemudian kesulitan mendengar itu akan bertambah saat usia antara 65 tahun hingga 74 tahun.

Mungkin Anda pun bisa melihat keadaan ini pada orang tua atau kakek-nenek Anda. Saat itulah dirasa penting memiliki alat bantu dengar. Namun bagaimana memilih alat bantu dengar ini? Supaya alat yang kita beli ini mampu memberikan dampak maksimal terhadap pendengaran.

1. Beli alat bantu dengar yang bergaransi. Pastikan alat bantu pendengaran tersebut bergaransi. Sehingga Anda dapatkan jaminan untuk mendapatkan alat yang berfungsi dengan baik.

2. Cari alat bantu dengar berkualitas. Anda harus pastikan alat yang ingin dibeli ini memiliki mutu bagus. Untuk itu, Anda mungkin akan perlu pertimbangan dari pihak lain. Anda mungkin akan mencoba mencari review dari orang yang sudah menggunakan alat bantu dengar. Sehingga bisa tahu apa alat bantu dengar terbaik yang bisa Anda pilih.

Cara lebih mudah untuk menemukan alat untuk membantu pendengaran yang terbaik adalah dengan melihat merknya. Brand seperti Beurer termasuk yang memiliki produk alat pendengaran yang bagus.

3. Kenali kebutuhan Anda. Saat Anda disodori dengan bermacam-macam alat bantu dengar, mungkin Anda akan kebingungan. Tapi hal ini bisa diminimalkan kalau Anda tahu seperti apa alat bantu dengar yang Anda cari. Seperti misal yang Anda butuhkan adalah alat bantu dengar yang dapat membuat Anda mendengar dengan jelas suara dari orang lain. Atau mungkin Anda ingin alat yang lebih canggih, yang dapat membuat Anda mendengar orang yang memanggil Anda dari kejauhan.

4. Lakukan tes pendengaran. Datangi dokter dan lakukan tes pendengaran. Sehingga Anda bisa tahu seperti apa kondisi pendengaran Anda saat ini. Anda pun bisa meminta saran mengenai alat bantu dengar seperti apa yang sebaiknya Anda pilih.

5. Beli alat bantu dengar sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda. Ada banyak tipe, jenis dan ukuran alat bantu dengar. Tiap alat ini juga memiliki fitur atau kelebihan masing-masing. Yang Anda perlukan adalah dengan memilih alat bantu dengar terbaik sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Alat Bantu Dengar Model Terbaru

Dalam perkembangannya, teknologi yang digunakan untuk membuat alat bantu pendengaran ini terus mengalami perkembangan. Dibandingkan dengan alat bantu dengar model lama, alat bantu telinga untuk mendengar yang terbaru memiliki kelebihan yaitu:

  • Mampu mendengar lebih jelas. Suara yang dihasilkan lebih jernih. Bahkan untuk alat bantu dengar digital mampu membuat 90% terdengar lebih jelas dibandingkan dengan alat bantu dengar model lama.
  • Desain dan tampilan yang lebih menarik. Sehingga saat dipakai pun pengguna tidak akan kelihatan aneh.
  • Memiliki fungsi untuk mengontrol volume suara secara otomatis. Sehingga bagi pengguna bisa menjadi lebih nyaman.

Itulah mengapa sebaiknya Anda disarankan untuk lebih memilih membeli alat bantu dengar model terbaru. Sebab teknologi yang digunakan sudah lebih baik dibanding alat bantu dengar model analog.

Berapa Harga Alat Bantu Dengar?

alat bantu dengar berkualitas harga murah

Ada banyak pilihan produk ini. Tentu harga yang berbeda juga membuat kemampuan tiap alat menjadi berbeda. Namun dengan harga kurang dari Rp 1 juta, Anda sudah bisa dapat membeli alat ini. Alat tersebut juga sudah bagus untuk membantu pendengaran.

Perbedaan dari tiap produk alat bantu dengar adalah pada kemampuan serta fitur yang tersedia. Kalau memang Anda memiliki budget dana yang cukup, tak ada salahnya untuk memilih membeli alat bantu pendengaran yang harganya bagus. Sebab, pasti akan terasa perbedaannya dibanding dengan harga alat bantu dengar yang murah. Lagipula, alat ini akan terus digunakan bertahun-tahun. Jadi kalau selisih harganya tidak banyak, mending untuk sekalian membeli alat bantu pendengaran yang berkualitas baik.

Namun demikian, kembali kepada kebutuhan Anda. Jika memang dirasa alat bantu pendengaran harga murah itu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda, maka Anda bisa memilih untuk membeli produk tersebut.

Ya, semuanya kembali kepada kebutuhan pengguna. Sebab memang tiap alat memiliki “jodoh”nya sendiri. Dan kalau Anda masih perlu bertanya lebih dulu sebelum memutuskan membeli yang mana, Anda bisa konsultasikan kepada penjual alat bantu dengar online. Sehingga Anda bisa dibantu untuk menemukan alat bantu pendengaran yang tepat sesuai kebutuhan Anda. (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

2 comments

  1. Apakah produk perusahaan bpk bisa digunakan untuk balita yg nota benenya baru bisa mendengar dg suara 115 desibel?bagaimana cara mendapatkan alat ini dan bergaransi berapa tahun?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *