4 Alat Kedokteran Gigi yang Penting Dimiliki di Rumah

aquapick-aq-300

Untuk menjaga agar gigi kita selalu sehat, tak cukup hanya dengan mengandalkan pasta gigi. Namun kita pun perlu merawatnya dengan menggunakan alat kedokteran gigi. Sehingga diharapkan 32 gigi di mulut kita selalu dalam keadaan sehat.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai alat perawatan gigi dan mulut yang sebaiknya dimiliki di rumah.

  1. Alat scaling gigi atau banyak juga yang menyebutnya sebagai skelling gigi adalah alat untuk membantu membersihkan gigi, khususnya setelah makan. Salah satu contohnya seperti alat scaling gigi Aquapick. Dengan alat ini, gigi akan terjaga kebersihannya dari sisa makanan. Kerusakan gigi pun mampu dicegah dan mampu menghilangkan plak yang bersarang pada gigi.

Alat scaling gigi ini memakai tekanan air. Sehingga mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi terjauh sekalipun. Ditambah lagi dengan kemampuan tekanan yang dimiliki membuat alat ini mampu secara efektif menyingkirkan sisa makanan yang terselip. Alat ini pun mampu memberikan pijatan di gusi yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Sterilisator Sikat Gigi. Alat ini juga penting dimiliki di rumah. Sehingga sikat gigi yang kita miliki selalu dalam keadaan steril. Alat ini berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesterialan sikat gigi yang kita pakai. Jadi yang perlu kita lakukan hanyalah dengan menyimpan sikat gigi tersebut di alat sterilisator gigi  ini. Dengan begitu, sikat gigi yang kita gunakan akan terbebas dari bakteri dan kuman.
  2. Cermin mulut. Ya, cermin semacam ini seperti yang sering ditemukan di ruang dokter gigi. Anda pun rasanya penting untuk memiliki cermin ini di rumah. Sekalipun cermin ini sifatnya hanya sebagai alat bantu saja, tapi paling tidak kita bisa lebih mudah untuk memantau kesehatan gigi kita. Dengan menggunakan cemrin mulut ini, kita bisa melihat apakah ada perubahan warna pada gigi kita. Jika kita punya gigi yang berlubang, dengan adanya alat ini juga memudahkan untuk melihatnya.
  3. Penggosok lidah (tongue scraper) adalah alat yang penting untuk membersihkan bakteri dan jamur yang menempel di lidah kita. Kita hanya perlu menggosok-gosokkannya pada lidah kita sehingga bakteri itu akan tersingkir. Namun perlu diingat, saat menggosokkannya, lakukan dengan lembut agar tidak sampai melukai lidah kita.

Ya itulah beberapa alat kedokteran gigi dan perawatan gigi yang penting kita miliki di rumah. Anda bisa mencarinya secara online untuk membeli peralatan gigi tersebut.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *