14 Tips Beli Autoklaf Terbaik

Sangat penting bagi rumah sakit maupun klinik kesehatan untuk memiliki autoklaf. Dengan alat ini, proses sterilisasi alat kesehatan dapat dengan mudah dilakukan. Sehingga alkes tersebut aman saat digunakan oleh pasien.

Autoklaf ini berbentuk alat pemanas tertutup yang sistem kerjanya dengan menggunakan uap bersuhu dan tekanan tinggi untuk mensterilkan alat kesehatan. Dengan begitu, endospora yang dihasilkan oleh bakteri itu dapat dihilangkan.

Beli Autoklaf

Kalau rumah sakit atau kilinik kesehatan Anda berniat untuk membeli autoklaf, ikuti tips praktisnya berikut ini.

1. Tentukan seperti apa ukuran autoklaf yang dibutuhkan. Sebab ini tergantung dari ruang yang tersedia di rumah sakit atau klinik sebagai tempat meletakkan alat ini.

Selain itu, Anda perlu mengukur berapa banyak kuantitas pekerjaan untuk menggunakan alat ini Dengan begitu, Anda bisa tahu seperti apa autoklaf ideal untuk Anda. Apakah Anda cari autoklaf berukuran kecil, medium, atau besar.

2. Ketahui apa saja alat kesehatan yang nantinya akan disterilkan dengan autoklaf. Ini penting supaya Anda bisa menimbang apakah alat autoklaf yang Anda beli ini tepat atau tidak.

Mungkin saja misalnya alat kesehatan yang ada tidak terlalu banyak. Tapi kalau alkes tersebut berukuran besar, tentu Anda perlu menggunakan autoklaf yang berukuran besar juga. Dengan begitu, alat sterilisasi alkes ini dapat berfungsi optimal untuk mendukung kebutuhan tempat kerja Anda.

3. Perhatikan kualitas air. Untuk menggunakan autoklaf, penting untuk memperhatikan kualitas air di tempat kita. Sebab itu berhubungan dengan keawetan alat ini. Sekaligus bagusnya performa untuk mensterilkan alkes.

4. Lihat katalog autoklaf. Untuk memberi gambaran lebih jelas mengenai jenis-jenis autoklaf, Anda bisa cari katalog online yang menampilkan aneka jenis autoklaf. Dengan demikian Anda bisa langsung tahu apa saja model, tipe, merk, dan kemampuan setiap alat autoklaf ini.

5. Tahu nantinya autoklaf ini akan ditempatkan dimana. Sebelum membelinya, Anda harus sudah mengetahui rencana penempatan alat ini. Sehingga suasana kerja juga tetap nyaman.

6. Perhatikan voltase listrik yang dibutuhkan. Untuk itu, Anda perlu tahu spesifikasi alat autoklaf yang ingin dibeli. Sehingga memang alat ini dapat bekerja dengan baik saat digunakan di tempat Anda.

7. Beli autoklaf di situs alkes terpercaya. Supaya proses pembelian alat untuk mensterilkan alat kesehatan ini dapat berlangsung dengan baik. Kenali seperti apa reputasi dan pelayanan situs tersebut selama ini. Sehingga Anda akan selalu mendapatkan layanan terbaik, baik sebelum maupun pasca pembelian.

8. Beli autoklaf yang bergaransi. Ini penting supaya alat yang Anda beli ini akan dijamin. Jika misalnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa gunakan garansi tersebut.

9. Pilih autoklaf dengan cara penggunaan yang mudah. Supaya siapapun akan mudah untuk mengoperasikan alat ini. Dengan begitu, petugas yang nantinya bertugas untuk menjalankan autoklaf akan mudah menggunakan alat ini.

10.Merk autoklaf. Ini juga penting diperhatikan. Jadi Anda bisa tahu seberapa bagus alat yang ingin Anda beli ini. Produsen atau pabrik autoklaf yang terkenal pasti sudah berpengalaman lama memproduksi alat ini.

11. Beli autoklaf yang mudah dirawat. Supaya alat ini awet dan dapat digunakan untuk jangka waktu lama. Jadi rumah sakit atau klinik kesehatan tempat Anda bekerja tak perlu sering membeli alat ini.

Agar alat ini awet kuncinya adalah selalu menggunakan autoklaf sesuai prosedur. Gunakan air yang memang secara khusus digunakan untuk alat ini. Pastikan petugas yang bertugas menjalankan dan merawat alat ini, mengerti betul tugasnya. Sehingga alat ini dapat digunakan dalam waktu lama.

12. Lakukan kalibrasi autoklaf sesuai jadwal. Jangan sampai terlewat atau terlupa. Lakukan kalibrasi autoklaf ini sesuai jadwal yang ditetapkan. Supaya alat ini dapat bekerja maksimal dalam mensterilkan alat kesehatan.

13. Pilih autoclave yang dilengkapi dengan timer. Sehingga bisa lebih mudah penggunaannya. Dengan timer atau alat pengatur waktu tersebut, bisa disetting berapa lama proses sterilisasi yang akan dilakukan. Dengan demikian, proses sterlisasi alkes akan berjalan sesuai waktu yang seharusnya. Tidak kurang atau lebih.

14. Dilengkapi dengan sistem keamanan yang baik. Autoklaf yang bagus memiliki sistem pengamanan yang baik. Sehingga saat digunakan alat ini dapat berjalan dengan seharusnya. Jika misalnya fungsi kerja tersebut ada yang tidak beres, maka sistem keamanan itu akan mencegah agar alat tidak sampai membahayakan orang dan lingkungan sekitar.

Demikian tips untuk beli autoklaf dengan kualitas terbaik. Gunakan tips di atas untuk memandu Anda mendapatkan alat autoklaf berkualitas seperti yang Anda inginkan. (Idr)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *