11 Langkah Penggunaan Tensimeter

tensimeter-digital-bm-65-beurer-jual-beli-harga-cari2

Seperti yang kita ketahui, tensimeter adalah alat pengukuran tekanan darah sering juga disebut sphygmomanometer. Tensi darah normal manusia dewasa adalah 100-130 mmHg untuk tekanan sistolik dan 60-90 mmHg untuk tekanan diastolik. Berbagai alkes online kini sudah menjual macam-macam tensimeter. Anda mungkin ingin tahu bagaimana cara penggunaan tensimeter . Berikut 11 langkah penggunaan tensimeter pada umumnya yang perlu Anda ketahui :

  1. Sebelum menggunakan tensimeter persiapkan diri dengan posisi duduk. Duduklah dengan lengan telanjang, boleh menggunakan baju lengan pendek atau lengan panjang yang digulung keatas. perhatikan gulungan lengan baju, jangan terlalu ketat.
  2. Kemudian setelah menggulung lengan baju, letakkan lengan secara bebas diatas meja, dengan posisi lengan sama tinggi dengan jantung.
  3. Setelah mengatur posisi lengan, pasang manset di lengan kira-kira 2,5 cm dari siku.
  4. Anda perlu memastikan pemasangan manset tidak terlalu ketat. Beri jarak setinggi 2 jari antara manset dan lengan.
  5. Beri tekanan pada manset dengan memompa atau dengan memencet tombol on off pada tensimeter digital jenis 2.
  6. Hentikan pemompaan, maka tekanan pada manset akan berkurang dan darah bisa mengalir lagi ke lengan bawah. Pada tensimeter yang menggunakan stetoskop bunyi/ detak nadi yang pertama kali muncul adalah tekanan sistolik dan bunyi/ detak nadi yang terakhir kali terdengar adalah tekanan diastolik. Pada tensimeter digital, hasilnya akan keluar secara otomatis pada layar.
  7. Sebelum melakukan pengukuran sekitar 30 menit, jangan melakukan aktifitas yang terlalu berat, jangan merokok, jangan minum-minuman yang berkafein seperti kopi, teh, coca-cola dan jangan konsumsi obat-obatan yang mengandung kafein.
  8. Sebelum melakukan pengukuran duduklah dengan tenang selama 5 menit, jangan stress.
  9. Selama melakukan pengukuran tekanan darah dengan tensimeter, jangan berbicara.
  10. Anda perlu melakukan pengukuran 2-3 kali, dengan selang minimal 2 menit, dan hitung rata-rata hasilnya.
  11. Khusus Anda yang menderita hipertensi, perlu dilakukan pemeriksaan tensi darah setiap hari untuk mengetahui efek obat antihipertensi yang diminum. Kemudian Anda perlu melakukan pengecekan pada waktu yang sama setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat.

Dengan mengetahui 11 langkah penggunaan tensimeter tersebut, Anda akan lebih paham dan mampu menggunakan tensimeter dengan baik dan benar. Jika Anda ingin melihat berbagai alat tensimeter terbaru dan alat-alat kesehatan lainnya, Anda bisa mengunjungi website alat kesehatan terpercaya.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *