11 Faktor Penyebab Sinusitis yang Perlu Anda Ketahui

images.sinusitis.

Masyarakat seringkali mengeluhkan sakit kepala yang mereka alami. Banyak hal yang dapat menyebabkan sakit kepala salah satunya adalah penyakit sinusitis. Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinus adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Salah satu gejala yang paling mengganggu penderita sinusitis adalah sakit kepala. Sakit kepala karena sinus sering disalah artikan sebagai sakit kepala lain seperti migrain atau sakit kepala tipe tegang. Penderita sakit kepala tersebut tidak merasakan perbaikan walaupun telah mengkonsumsi obat – obatan karena penderita tidak mengetahui bahwa sakit kepala yang diderita diakibatkan oleh sinusitis.
Berikut ini adalah 11 faktor penyebab sinusitis yang perlu anda ketahui :
1. Virus
Virus menjadi faktor penyebab sinusitis karena kebanyakan infeksi sinus (sinusitis) dimulai saat udara dingin. Pilek disebabkan oleh virus, yang dapat membuat jaringan hidung membengkak, menghalangi lubang yang biasanya mengalirkan cairan sinus.
2. Bakteri
Bakteri menjadi faktor penyebab sinusitis meskipun jarang, tetapi hampir selalu menjadi penyebab komplikasi, infeksi sekunder. Dalam kasus ini, kemungkinan besar bakteri Streptococcus pneumoniae atau Haemophilus influenzae.
3. Alergi
Alergi menjadi faktor penyebab sinusitis, karena peradangan dapat memblokir saluran hidung dan mencegah pengeringan sehingga alergi sering dikaitkan dengan penyakit tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien sinusitis yang memiliki alergi cenderung memiliki sinusitis yang lebih kompleks.
4. Polip
Polip merupakan daging tumbuh yang berkembang pada hidung atau jaringan sinus dan dapat menyebabkan rongga sinus menjadi terblokir, mencegah lendir mengering dan menyebabkan penyakit sinusitis.
5. Jamur
Ketika sistem kekebalan tubuh Anda rentan, jamur dapat tumbuh, terutama di area yang lembab dan gelap (sinus). Jamur yang paling umum yang terkait dengan sinusitis adalah Aspergillus.
6. Iritasi Akibat Polutan Udara
Polusi udara luar ruangan dan bau yang kuat seperti parfum dapat menyebabkan batuk, iritasi hidung, dan menyebabkan peradangan yang dapat meningkatkan risiko sinusitis.
7. Berenang dan Menyelam
Jika Anda rentan terhadap infeksi sinus, sebaiknya hindari waktu yang lama berada di dalam kolam yang mengandung klorin, karena dapat menutupi lapisan hidung dan sinus.
8. Merokok
Rokok juga bisa mengiritasi hidung dan menyebabkan peradangan, sehingga membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi sinus. Perokok mungkin berisiko lebih tinggi terkena infeksi sinus karena sistem pembersih sinus alami mereka rusak oleh asap rokok.
9. Kurangnya Kelembaban
Salah satu faktor penyebab sinusitis yang dapat membuat sinusitis lebih parah. Ketika lendir terperangkap di bagian hidung untuk jangka waktu yang lama, dapat kehilangan air dan menebal. Sehingga, Anda disarankan membuat hidung Anda selembab mungkin.
10. Anatomi yang Berbeda
Bentuk anatomi yang berbeda yang menyebabkan kelainan hidung. Kemudian bagian sempit drainase, tumor, atau celah langit – langit dapat memblokir bukaan di sinus, mencegah lendir mengering. Lendir kemudian dapat terinfeksi dengan virus atau bakteri.
11. Kondisi Medis yang Kronis
Kondisi medis yang kronis disini dapat dimisalkan seperti gangguan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, cystic fibrosis, peradangan saluran udara. Sehingga dapat menjadi faktor penyebab sinusitis. Kondisi tersebut membuat kemampuan untuk melawan kuman terganggu.

Dengan demikian, Anda lebih memahami 11 faktor penyebab dari sinusitis tersebut. Anda juga dapat menemukan alat-alat kesehatan dan berita kesehatan yang bermanfaat bagi Anda di website kesehatan terpercaya.(rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *