Upaya Ampuh Mengobati Vertigo

images.Vertigo.

Vertigo merupakan salah satu bentuk sakit kepala di mana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya (biasanya gerakan berputar atau melayang) yang disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Penyakit ini disebabkan oleh gangguan sistem vestibular yang umum disebut pula sebagai benign paroxysmal positional vertigo (BPPV). Dalam kasus BPPV, timbunan kalsium di telinga bergerak dari posisi normal di kepala ke kanal semisirkularis posterior. Selain penyebab tersebut, vertigo juga disebabkan oleh Sindrom Cogan di mana jaringan ikat di kornea meradang, dan penyakit Meniere yang disebabkan oleh perubahan tekanan cairan yang terdapat di telinga bagian dalam, di beberapa kasus, penggunaan berlebihan obat tertentu seperti antibiotik, antineoplastics, dan antidepresan dapat menyebabkan ototoxicity atau keracunan telinga yang memicu vertigo.

Upaya Mengobati Vertigo

  • Vertigo bisa diobati melalui upaya terapi rehabilitasi vestibular yang melibatkan serangkaian latihan khusus yang dipandu oleh seorang terapis fisik yang dirancang untuk meminimalkan pusing. Pada terapi rehabilitasi ini efektivitasnya tergantung pada berbagai faktor, termasuk usia dan kondisi kesehatan pasien, tingkat keparahan kondisi, dan fungsi kognitif pasien.
  • Untuk kasus vertigo yang disebabkan oleh infeksi bakteri, obat tetes telinga antibiotik mungkin diresepkan.
  • Untuk kasus vertigo yang disebabkan oleh penyakit Meniere, maka upayanya mengambil diuretik dan mengurangi konsumsi garam dapat membantu mengurangi keluhan.
  • Selain itu, perlu juga konsultasi dengan dokter mengenai perawatan yang terbaik dikarenakan setiap individu mungkin memiliki kasus yang berbeda dan membutuhkan jenis perawatan atau pengobatan yang berbeda pula sesuai jenis penyakitnya.

Upaya lainnya yaitu dengan pemilihan terapi fisik namun hal tersebut tergantung pada letak dan posisi dari permasalahan vertigo yang dialami. Beberapa penelitian menyarankan agar terlebih dahulu menggunakan teknik resposisi kanalit untuk kanalitiasis serta manuver pembebasan kupulolitiasis, kemudian dilanjutkan dengan penggunaan latihan habituasi Brandt Daroff.

Langkah dan upaya pengobatan yang diuraikan di atas merupakan upaya untuk mengurangi bahkan menghilangkan gejala-gejala vertigo yang timbul dan mengganggu aktivitas Anda. Sehingga Anda akan bisa meningkatkan kinerja serta beraktivitas seperti biasa tanpa terganggu gejala vertigo tersebut. Berbagai info mengenai penyakit, penanganan dan pencegahan, termasuk obat dan alat kesehatan yang diperlukan, dapat ditemukan di website kesehatan terpercaya. (rr).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *