Tips Memilih Kursi Roda Untuk Anak

wheelchair-reclining-gea-fs-985-lbj-37-jual-beli-harga-cari

Child wheelchair, atau kursi roda untuk anak-anak merupakan bantuan mobilisasi untuk anak pada kondisi tertentu. Anak-anak membutuhkan kursi roda dengan alasan tertentu, seperti luka parah sehingga tidak dapat berjalan, cedera kepala, menderita penyakit distrofi otot, cerebral palsy atau setelah mengalami amputasi.

Kursi roda modern saat ini tersedia dengan berbagai macam desain, bentuk, dan ukuran sesuai dengan kebutuhan spesifik orang yang menggunakan kursi roda. Memilih kursi roda untuk anak, khusunya perlu mempertimbangkan berbagai hal yang harus disesuaikan dengan kebutuhan atau kondisi anak. Contohnya, untuk anak dengan cerebral palsy dapat dipilih kursi roda khusus CP yang memiliki pegangan kepala, seat belt, kemiringan kaki yang bisa diatur, dan sandaran yang bisa dimiringkan sesuai kebutuhan. 

Berikut beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli kursi roda untuk anak :

  1. Transportasi

Kursi roda elektrik populer saat ini. Untuk transportasi yang lebih mudah disarankan menggunakan kursi roda yang ringan (jenis lightweight). Untuk anak yang pergerakannya masih normal dan tidak membutuhkan banyak support untuk bagian punggung atau kepala lebih baik menggunakan kursi roda manual. Kursi model lightweight sport sangat mudah diarahkan dengan tangan dan dapat digunakan untuk anak-anak yang sangat aktif secara fisik.

Jika anda sering membawa anak beraktivitas di dalam rumah atau memindahkan anak anda dari kursi roda ke kursi biasa, maka lebih baik memilih kursi roda lightweight. Pilih yang memiliki detachable hardware (dapat dilepaskan) sehingga anda dapat mendekatkan kursi roda ke kursi sedekat mungkin untuk menghindari cedera punggung.

  1. Aktivitas anak di sekolah atau kegiatan selain di sekolah

Disarankan untuk mempertimbangkan memilih kursi roda sesuai dengan aktivitas anak di sekolah dan aktivitas lain yang anak anda ikuti. Sebagai contoh, bila anak aktif dalam kegiatan olahraga, bisa memilih kursi roda sport, jika anak suka menggambar dapat diberi meja tambahan pada kursi roda. Dalam hal pemilihan ini lebih baik didiskusikan bersama dengan dokter dan dokter akan memilihkan spesifikasi yang tepat. 

  1. Ukuran

Belilah kursi roda yang sesuai dengan ukuran anak anda dan lebih baik membeli ukuran yang lebih besar saat anak anda mulai tumbuh besar, atau membeli kursi roda yang dapat mengikuti pertumbuhan anak anda. Saat ini banyak kursi roda yang dapat mengikuti pertumbuhan anak dan ikut beradaptasi seiring pertumbuhan anak. Anda dapat memulainya dengan kursi yang memiliki speed control rendah dan tukar dengan yang lebih kuat ketika anak anda tumbuh besar dan dapat menangani kursi roda dengan power besar.

  1. Bantalan dan Alas duduk (cushion)

6730954049_fdb70f125e_m

Jika anda ingin anak anda lebih nyaman saat menggunakan kursi roda, maka lebih baik memilih alas duduk dan bantalan punggung yang tidak terlalu soft atau keras sehingga anak anda akan merasa nyaman duduk dalam waktu yang lama. Alas duduk yang terlalu tebal akan menjadikan anak anda tidak nyaman dan yang terlalu tipis tidak akan cukup menyokong berat anak anda.

  1. Footrest (Tempat kaki)

5975184509_cd3fdb34c8_m

 

Pastikan memilih kursi roda yang memiliki footrest rendah sehingga paha dapat menyentuh keseluruhan seat dan menjadikan anak anda nyaman saat duduk.

  1. Warna dan Desain

Faktor lain yang cukup penting dipertimbangkan adalah warna dan desain. Disarankan untuk tidak terpaku pada warna umum dari kursi roda seperti abu-abu atau brown metal. Kursi roda anak anak memiliki banyak desain dan warna, seperti merah, pink, biru, bahkan ada yang didekorasi dengan stiker bergambar sehingga anak anda akan merasa lebih senang.

  1. Kekuatan motor dan baterai pada kursi roda

Jika anda memilih kursi roda elektrik, pastikan motor nya cukup kuat untuk membawa anak anda beraktivitas, dan bermain, dan baterainya cukup tahan lama sehingga anda tidak perlu me-recharge baterai pada kursi roda berkali kali dalam sehari.

  1. Harga

Dari semua faktor – faktor yang perlu dipertimbangkan, memang harga menjadi faktor utama bagi beberapa orang. Akan tetapi, untuk anak, yang terpenting adalah kenyamanan dan support untuk aktivitas sehari-harinya. Pastikan kursi roda untuk anak anda dapat dengan mudah dikendalikan (maneuverable) dan memilki alas duduk dan bantalan (cushion) yang paling nyaman. Untuk cushion yang sesuai selera, dapat dibeli secara terpisah (uc).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *