Tak Sekadar Cahaya, Breastlight Mampu Deteksi Kesehatan Payudara

1642430shutterstock-37245157780x390

Payudara adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting bagi kaum hawa.  ASI atau Air Susu Ibu yang merupakan satu-satunya pasokan terbaik bagi bayi usia 0 hingga 6 bulan adalah salah satu produk yang bersumber dari bagian tubuh ini. Begitu pentingnya payudara bagi seorang wanita tidak menjamin bahwa bagian tubuh ini akan terbebas dari segala ancaman penyakit berbahaya. Sebagian besar kaum hawa tentunya sudah mengetahui bahwa payudara dapat terserang berbagai gangguan yang serius, bahkan hingga penyakit sekelas kanker. Kanker payudara sendiri ternyata sudah menjadi penyakit pembunuh nomor satu bagi kaum wanita di dunia selain kanker serviks.

Menjaga kesehatan dan kebersihan di daerah payudara merupakan salah satu hal yang biasanya sering diabaikan. Tingkat aktivitas yang tinggi seringkali akan membuat seorang wanita menjadi lupa menjaga kebersihan dan kesehatan bagian tubuhnya yang satu ini. Bahkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang sebaiknya dihindari demi menjaga kesehatan payudara pun justru kerap kali dilakukan, misalnya pola konsumsi yang tidak sehat (jarang mengkonsumsi buah dan sayur), kurang olahraga, stress, hingga kebiasaan sepele seperti menggunakan bra yang terlalu ketat dalam jangka waktu lama, serta menggunakan bra pada saat tidur.

Memantau Kesehatan Payudara Sendiri, Pentingkah?  

Benjolan-Di-Payudara

Mengingat bahayanya penyakit kanker yang menyerang payudara, tentu setiap wanita ingin terhindar dari ancaman tersebut. Kanker, seperti yang telah kita semua ketahui, merupakan penyakit berbahaya yang dapat menyerang bagian tubuh manapun tanpa terkecuali, dan kedatangannya tak dapat diprediksi. Segala usia memiliki risiko yang sama untuk terserang penyakit ini, dan bahayanya sebagian besar kasus kanker baru terdeteksi atau diketahui oleh para penderitanya justru ketika sudah berada pada stadium lanjut. Kasus yang demikian juga terjadi pada penderita kanker payudara. Tentunya ini bukan merupakan kondisi yang diinginkan, karena jika kanker baru diketahui ketika sudah memasuki stadium lanjut, bukan tidak mungkin kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lainnya dan pengobatan pun menjadi lebih sulit untuk dilakukan.

Salah satu langkah yang dapat ditempuh untuk mencegah ataupun memantau keberadaan penyakit kanker, khususnya kanker payudara adalah dengan melakukan skrinning. Skrinning adalah suatu langkah deteksi dini terhadap penyakit untuk mengidentifikasi keberadaannya di dalam tubuh dengan menggunakan prosedur atau pemeriksaan tertentu. Untuk penyakit kanker payudara, salah satu skrinning yang dapat dilakukan adalah SADARI.

sadari-1

SADARI atau Pemeriksaan Payudara Sendiri bisa dilakukan hanya dengan menggunakan tangan untuk mendeteksi perubahan fisik pada payudara. Caranya cukup dengan meraba area payudara dan sekitarnya lalu cermati bila terdapat benjolan keras pada daerah tersebut ataupun beberapa perubahan lainnya seperti perubahan ukuran/bentuk payudara, adanya rasa sakit atau tak nyaman pada area payudara, atau bahkan keluarnya cairan dari puting payudara. SADARI akan menjadi metode skrinning yang cukup akurat jika dilakukan pada waktu yang tepat, yakni 10 hari setelah menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi.

Adakah Cara Lain Untuk Mendeteksi Kelainan Pada Payudara?

Sejauh ini SADARI diketahui sebagai salah satu metode skrinning yang cukup baik dan juga praktis bagi para wanita untuk mendeteksi adanya kelainan payudara khususnya yang mengarah pada kanker payudara. Walaupun demikian, masih banyak wanita yang tidak melakukan SADARI secara rutin dengan berbagai alasan. Disamping itu, ada pula beberapa orang yang rutin melakukan SADARI namun setelah ditemukan adanya hal yang tak biasa pada area payudara, mereka masih meragukan apakah itu termasuk tumor yang berbahaya atau bukan.

Dengan kemajuan teknologi, disamping SADARI kini sudah terdapat alat periksa payudara yang dapat membantu seseorang untuk mendeteksi kelainan pada bagian tubuh ini. Alat ini adalah Breastlight.

breastlight

Breastlight dapat menghasilkan cahaya LED yang mampu membantu seseorang untuk mendeteksi adanya kelainan pada payudara. Alat ini sudah cukup populer di bidang skrinning payudara dan sudah banyak digunakan baik oleh tenaga medis maupun orang awam di Indonesia maupun di luar negeri. Kementerian Kesehatan pun telah mengeluarkan ijin edar untuk alat ini, sehingga alat ini sudah aman untuk digunakan. Breastlight akan sangat membantu seseorang dalam melakukan SADARI, karena dengan cahaya LED-nya alat ini mampu menunjukkan adanya sel yang tak biasa pada payudara seseorang.

Bagaimana Cara Menggunakan Breastlight?

Menggunakan breastlight sangatlah mudah dan siapapun bisa mengaplikasikannya. Satu hal yang wajib dipenuhi oleh seseorang yang ingin menggunakan alat ini adalah ia harus berada pada ruangan yang gelap, karena breastlight akan bekerja maksimal disaat tidak ada cahaya pada ruangan. Pengguna cukup berdiri atau duduk dan menaruh senter breastlight ini di bagian bawah payudara. Jangan lupa untuk menyalakan senter hingga merah menyala sehingga dapat menerangi seluruh jaringan yang terdapat pada area payudara. Gunakan gel pelicin (biasanya sudah tersedia satu paket dengan breastlight) bila diperlukan. Sangat mudah bukan menggunakannya?

Capture

Untuk hasilnya Anda pun dapat melihat dengan seketika. Perhatikan hasil penyinaran area payudara dengan cahaya LED. Jaringan pada area payudara akan terlihat kecil dan tipis untuk kondisi payudara yang sehat dan tidak memiliki kelainan apapun. Namun, jika hasil penyinaran terhadap area payudara menunjukkan adanya daerah yang gelap di sekitar pembuluh darah maka Anda perlu mewaspadainya, karena kondisi ini bisa mengarah ke tumor.

03i

Amankah Penggunaan Breastlight?

Breastlight dinilai aman digunakan berulang kali bahkan untuk frekuensi yang sering sekalipun. Cahaya LED yang terdapat pada alat ini memiliki intensitas yang rendah tanpa radiasi sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya. Dengan label aman yang telah dimiliki oleh breastlight, maka para pengguna tak perlu khawatir untuk memiliki maupun menggunakan alat ini secara rutin sebagai alat bantu utama skrinning payudara di rumah. Meski demikian, penggunaan breastlight tidak untuk menggantikan alat kesehatan lain dalam hal menegakkan diagnosa kanker payudara. Breastlight hanya membantu dan memudahkan para wanita dalam melakukan SADARI sehingga suatu kelainan atau hal yang tak biasa yang terdapat pada payudara dapat diketahui lebih dini oleh seseorang.

Jika kelainan dapat terdeteksi oleh alat ini maka hal selanjutnya yang harus ditempuh adalah segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisinya lebih lanjut. Mengetahui adanya kelainan pada payudara secara lebih dini akan memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah penanganan terhadap kanker payudara dapat dilakukan lebih awal, sehingga kemungkinan untuk sembuh pun akan lebih besar.

Dimana Breastlight Dapat Diperoleh?

Anda ingin mencoba menggunakan breastlight untuk memantau kesehatan payudara? Breastlight tidaklah sulit untuk ditemukan. Bahkan Anda tak perlu keluar rumah sekalipun untuk mendapatkan alat skrinning ini. Cukup kunjungi website Medicalogy, karena Medicalogy menyediakan satu paket alat breastlight dengan harga yang sangat terjangkau. Miliki breastlight sekarang juga dan jangan tunda untuk pantau kesehatan payudara Anda. (pf)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *