Memahami Tentang Spirometer, Fungsi dan Cara Kerjanya

Spirometer – merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur kapasitas paru yaitu dengan mengukur volume yang dihirup dan ditampung sejenak dalam paru-paru.

Apakah Anda pernah mendengar alat yang bernama Spirometer? Mungkin sebagian dari Anda yang berasal dari kalangan medis sudah mengetahui alat ini. Meskipun Anda bukan dari kalangan medis tidak ada salahnya Anda mengetahui juga tentang alat ini, karena alat ini berkaitan dengan kesehatan paru – paru.

spirometer

Spirometer adalah alat untuk mengukur aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru dan dicatat dalam grafik volume per waktu. Fungsi spirometer pada dasarnya untuk mengukur kerja paru-paru manusia.
Alat ini mengukur kemampuan paru-paru saat anda bernapas dengan menarik dan meghembuskan nafas/udara. Kemampuan ini dipengaruhi oleh adanya penyakit dalam paru-paru seperti obstruksi paru-paru kronis dan asma.

Setelah Anda mengetahui apa itu Spirometer, tentu Anda sudah bisa menebak fungsi dari alat ini. Alat ini  berfungsi untuk mengukur fungsi dari paru-paru Anda.
Sebenarnya fungsi alat ini sangat banyak sehingga alat rumah sakit ini adalah salah satu alat yang bisa menjadi mitra dokter dalam memberikan layanan kesehatan paru – paru yang baik bagi pasien. Berikut ini beberapa fungsi Spirometer :

  • Mengetahui fungsi kerja paru-paru, apakah statusnya normal, restriksi, obtruksi ataupun campuran
  • Membantu dokter dalam menentukan resiko dari operasi bedah
  • Kita bisa mengetahui kemungkinan penyakit atau kelainan yang ada di paru-paru
  • Mengetahui manfaat dari pengobatan yang telah dilakukan
  • Untuk mengetahui diagnosa penyakit seperti asma, penyakit paru-paru dan lain-lain

Kondisi seperti apakah yang memerlukan pemeriksaan menggunakan Spirometer?
Ada beberapa kondisi kesehatan yang memerlukan pemeriksaan mengggunakan alat ini, salah satunya penyakit paru obstruksi (PPOK) dan asma. Selain itu digunakan sebagai screening awal untuk mendeteksi PPOK pada perokok. Spirometer dapat membantu dokter dalam menentukan tingkat keparahan penyakit pada paru-paru yang Anda alami atau sebagai metode untuk menilai respon pengobatan Anda.

Prinsip Kerja Spirometer
spirometerCara kerja alat ini sangat mudah, biasanya hanya digunakan untuk melakukan pengecekan pada individu atau pasien dengan penyakit jantung dan tentunya paru – paru. Spirometer ini merupakan alat gold standart yang digunakan untuk menganalisis penyakit yang kronis seperti PPOK pada perokok hingga penyakit asma.
Cara penggunaan spirometer ini harus melewati beberapa persiapan yang cukup panjang. Berikut ini beberapa tahapan peersiapan dan cara penggunaannya :
1. Pertama yag perlu dipersiapkan tentu saja operator dan alat spirometernya. Operator harus memiliki pengetahuan yang baik dan mampu melakukan instruksi dengan jelas kepada pasien. Sedangkan alat yang digunakan sendiri, harus selalu dilakukan pengecekan satu minggu sekali dengan melakukan kalibrasi dalam volume dan arus udaranya.
2. Pasien sendiri membutuhkan persiapan yang cukup sebelum melakukan pemeriksaan. Subjek harus memiliki kenyamanan dan tentu tidak diperbolehkan untuk melakukan kebiasaan yang mengganggu pengecekan seperti contohnya merokok. Pasien dapat melakukan uji dengan spirometer dengan posisi berdiri ataupun duduk dengan pakaian yang tidak terlalu ketat, dan dalam suhu udara yang normal.

Hasil  pemeriksaan dapat membantu mendiagnosa empat hal yaitu :

1. Paru – paru normal
Paru-paru dikatakan normal  berdasarkan tes Spirometer pada umumnya tergantung dari usia, ukuran paru-paru dan jenis kelamin pasien.

2. Paru – paru obstruktif
Hal ini terjadi pada kondisi di mana penyempitan pada saluran pernafasan, umumnya terjadi pada kondisi asma dan penyakit paru-paru obstruksi kronis (COPD). Jika terjadi penyempitan saluran pernafasan, maka jumlah udara yang dapat dihembuskan dengan cepat akan berkurang.

3. Paru-paru Restriktif
Dikatakan paru-paru restriktif yaitu ketika nilai total udara yang dapat dihembuskan dalam satu tarikan nafas penuh lebih rendah dari nilai prediksi untuk usia, jenis kelamin, dan ukuran tubuh seseorang.

4. Kombinasi paru-paru obstruktif dan restriktif
Kondisi ini terjadi bila fibrosis sistik di mana terkumpul banyak lendir disaluran pernafasan yang menyebabkan penyempitan saluran pernafasan bahkan bisa mengakibatkan kerusakan jaringan paru-paru.

Medicalogy.com menjual berbagai jenis Spirometer dengan harga dan kualitas terbaik. Beli Spirometer di Medicalogy dengan garansi alat resmi, Spirometer di Medicalogy dijamin 100% asli dan baru. Medicalogy merupakan toko alat kesehatan online yang menjual berbagai alat kesehatan dari berbagai produk dan merek dengan harga bersaing dan banyak kemudahan. Medicalogy.com juga menyediakan berbagai jenis alat-alat kesehatan lainnya. Ayo tunggu apalagi, buktikan kemudahan berbelanja alat kesehatan Anda di Medicalogy.com dengan proses aman, cepat dan mudah. (sr)

 

 

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *