Robocop in Reality, Lengan Palsu yang Digerakkan dengan Pikiran

lesley-baugh-manusia-robocop-tangan-palsu-dikendalikan-pikiran

Lengan palsu pada gambar ini bisa digerakkan dengan pikiran penggunanya. Bila Anda pernah menonton film Robocop, Anda akan familiar dengan teknologi ini. Science fiction again become science fact!.

Leslie Baugh kehilangan kedua lengannya dalam sebuah kecelakaan listrik sekitar 40 tahun lalu, tetapi teknologi telah mengembalikannya.

Leslie adalah orang pertama yang menggunakan lengan palsu dan mengendalikannya lewat pikiran. Teknologi ini dikembangkan oleh John Hopkins University, Amerika. Untuk memasang dan mengendalikan lengan palsu ini, Leslie terlebih dahulu menjalani operasi yang disebut operasi reinervasi otot untuk mengarahkan sistem saraf Leslie untuk mengontrol anggota tubuh yang berhubungan dengan lengan palsunya.

leslie-baugh-lengan-palsu-dikendalikan-pikiran

Langkah selanjutnya, Leslie menjalani training dengan menggunakan model virtual sebagai software pengenal pola untuk mempelajari pola sistem saraf Leslie dari otak yang memerintahkan pergerakan lengan palsu. Kemudian, tubuh Leslie dipasangkan soket untuk menahan lengan palsu tersebut dan menerjemahkan pikiran Leslie untuk mengontrol “lengannya”.

Menurut tim John Hopkins, ke depannya, Leslie akan dapat menggunakan lengan palsunya ini di rumah di kehidupan sehari – harinya. Tertarik? Semoga saja teknologi ini berhasil diterapkan secara luas dengan aman, untuk memudahkan hidup orang – orang yang kehilangan lengannya.

Belum ada waktu pasti kapan alat ini bisa secara resmi memperoleh izin untuk digunakan, tetapi penelitian ini memberi harapan baik bagi manusia untuk dapat beraktivitas kembali secara normal khususnya pada kondisi yang memerlukan alat ini.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *