Resolusi 2015 : Ini dia 7 Resolusi Kesehatan untuk tetap Tampil Muda dan Sehat

resolusi-tahun-baru

  1. Stress – Less

Stress dan pikiran negatif berhubungan dengan berbagai penyakit termasuk penuaan. Di tahun 2015, kita harus banyak mengasah kemampuan menerima situasi yang tidak dapat diubah dan berdamai dengan orang sulit yang kita temui. Hal ini tidak akan mengurangi produktivitas kita, tetapi membantu menghindari stres yang tidak perlu.

Orang – orang yang selalu berbahagia akan terlihat muda dan sehat. So, biasakan relaksasi dan berpikir positif J

Do’s : Sekali atau dua kali sehari, selama 10 – 20 menit, duduk tenang, tutup mata Anda, rileks-kan otot, putar kepala, leher dan bahu, bernapas dalam – dalam. Sambil mensyukuri hidup yang masih diberikan (diucapkan verbally atau dalam hati). Waktu terbaik adalah ketika bangun tidur (dan sebelum tidur)


  1. Be a smart eater

Akan semakin banyak variasi makanan di tahun mendatang, 2015. Berusalah memilih makanan dan mengatur pola makan Anda.

Do’s : Makan buah dan sayuran segar akan membuat Anda tampak mudah dan sehat. Minum air putih sekurang – kurangnya 8-10 gelas per hari. Air akan membantu menghidrasi kulit dan membuat zat – zat toksin dalam tubuh.

Diet kaya antiosidan seperti brokoli dan sayuran berwarna kuning, hijau, dan merah, tentu kaya dengan kandungan vitamin A, C, dan E yang dapat membantu Anda terhindar dari proses oksidasi yang merusakan jaringan kulit dan tubuh.

Termasuk pula, perhatikan apa yang anda makan dan berapa banyak ketika anda sedang stress. J

  1. Tidur dengan Baik

Untuk memperoleh kulit yang sehat, pikiran jernih dan tubuh sehat, tidak ada yang lebih baik dari tidur malam yang baik. Upayakan untuk tidur secukupnya hingga energi tubuh kembali terisi, Anda merasa lebih hidup dan produktif ketika bangun. Perhatikan tempat anda tidur, mulai dari bahan hingga kebersihannya. Gantilah alas tidur Anda secara rutin agar tidur Anda nyaman.

Do’s : Perhatikan kebiasaan sebelum tidur, seperti menggosok gigi, membersihkan wajah dan badan seperlunya, mengganti baju tidur bila perlu, minum air putih, dan relaksasi/berdoa.

  1. Tetap aktif bergerak

Lakukan sekurang – kurangnya 30 menit aktivitas sedang sebanyak 3 hingga 4 kali seminggu akan membantu Anda terhindar dari penyakit dengan penguatan sistem imun. Mulailah hari ini dengan berjalan kaki. Ketika anda merasa sejat dan bugar, rasa percaya diri anda akan meningkat. Semakin hari orang – orang di perkotaan semakin “malas” berjalan kaki dan lebih senang mengendarai kendaraan serta kondisi pekerjaan yang kurang gerak badan, oleh karena itu kita harus menyisipkan waktu untuk sekadar menggerak – gerakkan anggota tubuh.

  1. Postur tubuh Seimbang

Postur tubuh yang baik, membantu seseorang terlihat lebih muda. Badan yang lebih tegap menggambarkan semangat muda, sementara postur tubuh membungkuk membuat seseorang terlihat lebih tua. Tidak ada aturan baku mengenai bentuk tubuh yang baik, karena setiap orang memiliki jenis tubuh berbeda.

Tidak harus seperti model, tetapi mencapai keseimbangan rasio waist-hips (WHR) atau perbandingan lingkar pinggang dan lingkar pinggul setidaknya bisa menjadi acuan. Untuk pria, nilai WHR idealnya : 0.85-0.9, sedangkan untuk wanita, nilai WHR idealnya : 0.75 – 0.8.

Do’s : Rutinlah mengontrol setiap perubahan pada postur dan berat badan Anda. Bila melewati batas yang Anda tetapkan, berarti Anda harus menemukan dan mengoreksi sumbernya. Jangan memaksakan diet tidak sehat atau menggunakan pakaian yang ‘menyiksa’ badan Anda.

  1. Keseimbangan Mental

Keseimbangan mental dapat dilakukan dengan melakukan aerobik mental. Studi yang dilakukan oleh Journal of the American Medical Association pada bulan Desember 2014, menunjukkan bahwa olahraga otak membantu mencegah penurunan kecerdasan hingga 5 tahun. Dua minggu program latihan mental akan membantu perkembangan saraf otak kita.

Do’s : Perkuat daya pikir anda dengan bermain teka teki silang, Sudoku, atau game otak. Bermain game banyak membantu perkembangan kecerdasan. Tapi jangan lupa waktu ya J

  1. Melakukan pengecekan kesehatan rutin

Pastikan daya tahan tubuh anda senantiasa terbarui dan lakukan pemeriksaan kesehatan rutin sesuai usia Anda. Pemeriksaan rutin lengkap bisa dilakukan 6 bulan sekali bila dalam kondisi fit atau tanpa penyakit bawaan.

Do’s :  Ada baiknya menyiapkan pemeriksaan kesehatan mandiri di rumah (home healthcare). Alat yang sebaiknya ada antara lain : alat ukur tekanan darah, alat cek darah rutin (gula darah, asam urat, kolesterol), personal ECG, termometer, dan timbangan badan.

So, ready for the fascinating 2015?

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *