Prospek Jual Alat Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu

Prospek Jual Alat Kesehatan Yang Perlu Anda Tahu – Menjual alat kesehatan memang memiliki prospek yang bagus. Dilihat dari kebutuhan konsumen dalam jangka panjang, alat kesehatan akan selalu memiliki posisi yang menjanjikan untuk dijadikan sebuah bisnis. Karena dari usia berapa saja manusia akan slalu berhubungan dengan kesehatan. Dan sampai kapan pun akan ada manusia yang sakit dan manusia yang berusaha untuk tetap menjaga sehat.

Dalam penjualan alat kesehatan yang banyak menentukan kesuksesan adalah pintarnya mengambil hati dan meyakinkan konsumen untuk menetapkan pilihannya mengambil alat kesehatan yang sedang dia butuhkan. Sebutuh apapun seorang konsumen terhadap alat kesehatan, tetap saja akan sangat – sangat mempertimbangkan pengambilan keputusan untuk berkata “iya” atau “tidak”. Biang keraguan mereka (para konsumen) adalah terletak pada mahalnya harga dari alat – alat kesehatan. Di sinilah peran seorang marketing menjadi sangat menentukan.

Untuk menjual alat kesehatan, kita perlu menentukan target konsumen yang akan kita jadikan sasaran dalam pendistribusiannya. Cara ini digunakan untuk memaksimalkan kinerja dan penguasaan ketersediaan alat yang akan dijual. Hal ini karena yang pertama, dari setiap target yang berbeda kita juga membutuhkan cara pendekatan yang berbeda, dengan fokus kepada salah satu target konsumen kita akan bisa memaksimalkan kinerja kita. Yang kedua, karena ada banyak sekali macam – macam alat kesehatan dengan berbagai kategori yang  dimiliki. Jika kita fokus kepada hanya beberapa kategori, maka kita akan bisa lebih menguasai pengetahuan mengenai alat tersebut dan kita juga bisa mempersiapkan strategi agar memiliki prospek baik ke depannya.

alat-kesehatan

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa hal lain yang perlu anda perhatikan ketika menjual alat kesehatan, berikut diantaranya:

  1. Menyiapkan Modal

Untuk mengawali setiap bisnis tidak terkecuali alat kesehatan tentunya membutuhkan sebuah modal. Modal yang anda miliki akan menentukan berapa banyak dan apa saja alat kesehatan yang akan anda beli. Kemudian, akan lebih baik jika anda berkonsultasi kepada orang yang sudah ahli sebelum anda memulai bisnis alat kesehatan. Untuk menjual alat – alat kesehatan membutuhkan lebih banyak modal karena untuk membeli alat – alatnya pun sudah pasti bakal merogoh saku Anda.

  1. Perizinan Jual Alat Kesehatan

Untuk menjual alat kesehatan anda juga harus mengukuti prosedur hukum yang berlaku. Seperti meminta permohonan izin terlebih dahulu sebelum meakukan penjualan alat kesehatan kepada Kepala Dinas Kesehatan. Prosedurnya adalah sebagai berikut:

  • Menyerahkan surat permohonan izin ke Kepala Dinas Kesehatan
  • Maksimal dalam 12 hari kerja, petugas yang diberi wewenang akan melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan tersebut meliputi:
  • Persyaratan administrasi (seperti NPWP, keterangan domisili, isin usaha)
  • Kelengkapan administrasi toko
  • Sarana dan prasarana
  • Dari hasil pemeriksaan tersebut, petugas akan menyerahkan BAP atau Berita Acara Pemeriksaan dan laporan keputusan untuk diberikan izin usaha atau tidak.
  • Surat keputusan yang telah dibuat kemudian dilaporkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, yang selanjutnya Kepala Dinas Kesehatan mengeluarkan atau menolak permohonan izin disertai tembusan Kepala Dinas Kesehatan Propinsi.

Alat-KesehatanSetelah mendapatkan izin usaha, maka anda sudah bisa menjalankan bisnis jual alat kesehatan milik anda. Dan yang juga harus diperhatikan adalah anda harus menggunakan dengan baik surat izin yang telah diterima dengan menghindari kecurangan – kecurangan yang seharusnya tidak dilakukan.

  1. Tidak Melakukan Sendiri

Jika anda berpikir bahwa melakukan semua pekerjaan dan strategi dalam menjual alat kesehatan cukup hanya dilakukan oleh anda sendiri adalah pemikiran yang salah. Karena jika anda menjalankan sendirian, yang akan terjadi malah anda akan kelabakan dan tidak maksimal dalam penjualan. Apalagi dalam hal menarik konsumen dan pendistribusian alat kesehatan. Akan lebih baik jika anda memiliki beberapa partner yang memiliki kemampuan masing-masing di setiap sektor dalam penjualan. Pastikan partner yang anda pilih memang kompeten pada sektor yang akan dia lakukan, apalagi yang berhubungan langsung dengan alat kesehatan.

Salah satu perusahaan  yang bisa anda jadikan inspirasi ialah medicalogy di mana telah terpercaya sebagai salah satu distributor alat kesehatan untuk berbagai daerah. Selain itu medicalogy juga dikenal menjual alat kesehatan serta perlengkapan bayi terlengkap dibanding dengan toko online lainnya.(dwy)

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *