Perbedaan Termometer Digital dan Termometer Air Raksa

Termometer Digital

Apakah perbedaan termometer digital dan termometer air raksa?

Apakah pengukuran termometer digital dapat diandalkan?

Ada beberapa isu yang menyebar di masyarakat bahwa termometer digital lebih tidak akurat ketika mengukur suhu tubuh seseorang yang sedang demam dibandingkan dengan pengukuran termometer air raksa.

Benarkah hal tersebut?

Untuk menjawab hal tersebut, saya mengajak Anda untuk melihat sebuah riset yang telah dilakukan dalam hal ketepatan pengukuran termometer digital yang berjudul “Hottest Fever Thermometers” (Consumer Reports, Nov 2011, Vol. 76 Issue 11, p7-7). Dalam artikel ini, penulisnya berkata:

The most accurate thermometers were within 0.5 degree of our medical thermometer, and all but one were at least good at repeating a retaken temperature. The exception: the lowest rated Vicks ComfortFlex.

Hal ini membuktikan bahwa ketidakakuratan pengukuran termometer digital sangat kecil. Berikut ini adalah perbandingan keakuratan termometer digital dengan termometer raksa.

suhu

Keuntungan Menggunakan Termometer Digital

  • Termometer digital lebih mudah dan cepat untuk digunakan. Termometer digital akan memberikan sinyal bunyi ketika termometer telah siap untuk dilakukan pengukuran suhu. Selain itu, hasil dari pengukuran tersebut lebih mudah dibaca, dibandingkan dengan skala baca yang ada pada termometer air raksa.
  • Lebih aman. Termometer digital tidak seperti termometer air raksa yang dapat menumpahkan air raksa dan pecahan beling ketika jatuh/ pecah.
  • Lebih awet. Termometer air raksa memiliki kemungkinan pecah yang lebih besar, karena diperlukan pengguncangan untuk menyesuaikan pengukuran sebelum termometer dipakai.

Kenapa Termometer Digital Setelah Lama Dipakai Menjadi Tidak Akurat?

Pengguna termometer digital banyak yang tidak tahu bahwa terdapat baterai pada termometer digital atau sebagian malas mengganti baterai yang terdapat pada termometer digital. Padahal, baterai pada termometer digital juga merupakan salah satu penyebab ketidakakuratan pengukuran suhu. Lemahnya daya baterai dapat mempengaruhi kemampuan termometer digital membaca suhu tubuh.

Karena itu, Anda harus memperhatikan baterai yang terdapat pada termometer digital Anda dan rutinlah mengganti baterai pada termometer digital Anda secara berkala!

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *