Pentingnya Memantau Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Pentingnya Memantau Kadar Kolesterol Dalam Tubuh – Sekarang ini zaman semakin modern banyak alat semakin canggih yang bisa digunakan, baik itu dalam bidang pertanian, industri ataupun dalam bidang kedokteran. Dalam mendeteksi penyakit atau menyembuhkan penyakit berat yang sebelumnya harus melalui operasi sekarang sudah ada yang bisa dilakukan tanpa operasi, namun tentu saja tidak semua penyakit. Hanya penyakit-penyakit berat tertentu yang bisa disembuhkan tanpa dilakukannya operasi. Pendeteksi penyakit super canggih seperti X-ray, CT scan dan lain-lain merupakan penemuan yang besar dan sangat membantu para dokter atau ahli medis lain dalam melakukan pemeriksaan terhadap pasien yang diduga memiliki masalah tergadap organ tubuh bagian dalam.

Meskipun setiap alat yang digunakan dalam membantu memeriksa atau melakukan perawatan terhadap pasien sangat membantu, namun tentu saja alat tersebut memiliki dampak yang negative untuk orang-orang tertentu atau tidak semua orang cocok. Selain alat kesehatan yang super canggih tersebut ada juga penemuan alat kesehatan yang sederhana namum memiliki fungsi yang bagus dalam melakukan pemeriksaan atau diagnosa. Alat sederhana tersebut adalah alat rapid test. Rapid test memiliki bebrapa contoh yaitu rapid test malaria,rapid test narkoba, rapid test HIV, kehamilan, sifilis, kadar kolesterol dan lain sebagainya. Alat rapit test ini sangat sederhana dan bisa menampilkan hasil yang cepat serta akurat. Tidak seperti melakukan test di laboratorium kesehatan, dengan menggunakan alat rapid test ini hasilnya bisa langsung dilihat hari itu juga.

Fakta-Tentang-KolesterolKolesterol merupakan salah satu penyakit yang bisa diperiksa hanya dengan menggunakan alat rapid test. Seperti yang kita ketahui bahwa kolesterol tidak hanya menyerang mereka yang telah memiliki usia lanjut saja, remaja produktif juga bisa beresiko terkena kolesterol jika tidak mengatur pola makan dan asupannya dengan benar. Kolesterol merupakan senyawa lemak kompleks dimana 80% dihasilkan oleh hati dan 20% lainnya dihasilkan dari apa yang kita makan. Ketika kolesterol yang terdapat dalam tubuh berlebikan maka lemak akan menempel pada dinding pembuluh darah dan jika kondisi ini dibiarkan maka bisa saja menyebabkan timbulnya penyakit jantung ataupun stroke.

Normalnya kadar kolesterol adalah 140-200 mg/dL atau kurang, ketika kadar kolesterol mencapai angka 300 mg/dL resiko terjadinya serangan jantung akan meningkat. Tentu kita tidak meginginkan hal buruk tersebut terjadi. Untuk menjaga kolesterol dalam tubuh tetap normal tentu kita harus mengindari makanan yang mengandung minyak atau lemak yang tinggi dan banyak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara teratur.

Pada dasarnya kolesterol sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru pada tubuh agar bisa berfungsi secara normal. Tidak hanya itu kolesterol juga membantu tubuh dalam memproduksi sejumlah hormon, vitamin D dan asam empedu yang digunakan untuk mencerna lemak. Ketika didalam darah kolesterol akan dibawa oleh protein keseluruh tubuh. Gabungan dari kolesterol dan protein ini disebut dengan lipoprotein dimana lipoprotein ini terbagi menjadi 2 jenis yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah atau kolesterol jahat (LDL) dan lipoptotein yang memiliki kepadatan tinggi atau kolesterol baik (HDL).

Kadar kelesterol yang disarankan pada setiap orang tidaklah sama, tergantung resiko yang akan diterima oleh masing-masing orang tersebut. Ketika seseorang memiliki penyakit diabetes maka resiko terkena kolesterol lebih tinggi, begitu pula seseorang yang memiliki riwayat dalam keluarganya menderita kolesterol. Pada saat kolesterol mengendap pada dinding arteri secara berlebih makan aliran darah menuju otak, jantung dan seluruh tubuh akan terhambat.

BloodTest_002

Seseorang yang memiliki resiko tinggi terkena kolesterol diharuskan mengatur pola hidup yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang dan rendah lemak merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol. Tidak hanya mengubah pola hidup, seseorang yang beresiko memiliki kadar kolesterol tinggi setidaknya harus memiliki alat rapid test yang digunakan untuk mengukur kadar kolesterol. Ketika kadar kolesterol dipantau secara teratur kita bisa menekan kadar kolesterol yang naik.

Alat rapit test untuk mengukur kadar kolesterol ini biasanya juga bisa digunakan untuk mengukur kadar asam urat dan diabetes. Anda bisa mendapatkan alat rapit test ini pada toko-toko alat kesehatan yang ada diseluruh Indonesia. Tangerang merupakan salah satu kota yang juga terdapat toko-toko alat kesehatan yang bisa anda kunjungi  atau bisa berkunjung ke website kami di medicalogy.com. Anda warga Tangerang tidak perlu jauh pergi hingga luar kota untuk mencari atau membeli alat kesehatan, termasuk alat rapid test.

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *