Pemeriksaan Urine Dengan Urine Analyzer

Automated Urine Chemistry Analyzer

Untuk mendiagnosa suatu penyakit selalu dibutuhkan data autentik kesehatan seseorang yang biasanya dilakukan melalui serangkaian pemeriksaan. Jenis-jenis pemeriksaan untuk keperluan diagnosa penyakit pun berbeda-beda. Beberapa pemeriksaan dilakukan dengan menganalisa cairan tubuh, misal darah, sputum (dahak), feses (tinja), dan urine (air seni). Pemeriksaan menggunakan urin sangat umum, banyak penyakit dapat didiagnosa melalui hasil pemeriksaan urine .

Pengertian Urine

Urine berasal dari bahasa latin “Urina”, sebuah produk cair yang dikeluarkan dari tubuh melalui ginjal melalui proses yang dinamakan urinasi dan dikeluarkan melalui uretra. Bahan-bahan yang terkandung dalam urine merupakan hasil serangkaian proses metabolisme seluler, dimana paling banyak berupa nitrogen yang harus dikeluarkan dari aliran darah. Bahan bahan kimia yang terkandung dalam urine tersebut dapat dideteksi dan dianalisis untuk keperluan diagnosa, dimana proses mendeteksi urine ini dinamakan urinalisis.

Tes Urine Strip

Urinalisis dapat dilakukan menggunakan tes urine strip dimana hasil tes dapat ditunjukkan dengan perubahan warna, metode lain adalah light microscopy. Pemeriksaan urine tdak hanya digunakan untuk pemeriksaan fungsi ginjal dan saluran kemih, akan tetapi dari pemeriksaan ini dapat dgunakan untuk mengetahui fungsi dari berbagai organ tubuh, seperti pankreas, dan hati. Urinalisis menggunakan urine strip dapat dilakukan secara manual ataupun otomatis.

Urine strip berbentuk strip panjang dimana terdapat pad yang jika tercelup urine akan berubah warna. Terdapat bermacam macam pad dimana setiap pad menunjukkan satu parameter. Perubahan warna yang terlihat secara visual tersebut dicocokkan dengan tabel yang tersedia (biasanya diberikan oleh manufacturer).

Mindray-UA-66-U11-U-11-urine-analysis-analyzer-urine-test-dipstrip-strip-screening-jual-beli-harga-cari-resmi-1

  • Tes Urine Strip Secara Otomatis

Pada tes urine strip secara otomatis, analisa dilakukan dengan menggunakan urine analyzer dengan prinsip kerja seperti yang akan dijelaskan dibawah.

Tes urine strip ada yang bersifat kualitatif yang hanya menunjukkan reaksi positif atau negatif dan ada yang semi kuantitatif yang mampu memperkirakan hasil dalam bentuk jumlah, yang biasanya dinyatakan dengan 1+, 2+, 3+, dan 4+. namun, tes dapat juga menyatakannya dalam miligram per desiliter.

Prinsip kerja urine analyzer

Urine analyzer diciptakan untuk mempermudah analis menentukan jumlah (kuantifikasi) analit dalam urine, termasuk didalamnya bilirubin, protein, glukosa, dan sel darah. Cara kerjanya, pertama dengan meletakkan urine strip pada tray. Dari tray, strip diteruskan oleh penggerak ke alat pembaca. Pada alat pembaca, terdapat LED yang memancarkan cahaya dari panjang gelombang yang mengarah pada permukaan test pad. Cahaya LED yang mengenai pad terpantul dengan warna yang terdapat pada pad dan tertangkap oleh detektor. Disini panjang gelombang yang diterima diperkuat dan difilter. Masing masing cahaya yang telah dikuatkan tersebut dikelompokkan berdasar parameter dan diubah menjadi sinyal analog menggunakan analog digital converter. Selanjutnya, kadar dianalisa menggunakan microcomputer dan membandingkannya dengan cahaya pada referensi.

Penyakit yang dapat dideteksi dengan tes urine strip

  • Penyakit ginjal, diantaranya termasuk penyakit ginjal kronik, glomerulonephritis, proteinuria (protein dalam urine), dan hematuria (sel darah merah dalam urine).

  • Gangguan metabolism karbohidrat (termasuk Diabetes mellitus, glukosuria (glukosa dalam urine), ketonuria (keton dalam urine)

  • Penyakit liver dan gangguan hemolitik. Dalam kelompok penyakit ini adalah penyakit kuning (jaundice), sirosis, hingga bilirubinuria (conjugated bilirubin dalam urine).

  • Infeksi saluran kemih (ISK)

Pemeriksaan urin menggunakan urine analyzer memberikan banyak keutungan, disamping lebih praktis dan efisien, juga meningkatkan sensitivitas pemeriksaan untuk mendeteksi gangguan ginjal dan saluran kemih (uc).

Dapatkan Update Terbaru Seputar Kesehatan!
Bergabunglah bersama subscribers lainnya untuk mendapatkan update dari kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *